6 Manfaat Berlatih Memanah

Manfaat Memanah – Memanah merupakan olahraga yang menggunakan alat berupa busur panah, anak panah, dan target atau sasaran  anak panah. Panahan sudah digunakan sejak zaman dulu sebagai alat berburu, alat berperang, dan sampai saat ini alat tersebut berganti fungsi sebagai alat olahraga.

Sejarah memanah pun tidak ada yang tahu kapan di mulainya atau siapa yang menemukannya. Karena panahan memang sudah ada sejak beberapa puluh ribu tahun yang lalu.

Panahan tidak sepopuler seperti olahraga lainnya. Tetapi olahraga ini mempunyai manfaat bagi penggunanya. Untuk mengetahui manfaat dari memanah, simak ulasan berikut:

Melatih Fisik dan Daya Tahan Tubuh

bogorarcheryclub.blogspot.com

bogorarcheryclub.blogspot.com

Memanah dapat menjaga fleksibilitas pada otot jari tangan, otot lengan, hingga ke pundak-pundak. Selain itu juga dapat membantu memperlancar peredaran darah. Dapat juga membantu tubuh kita dalam posisi tegap dan terbaik.

Melatih Keseimbangan

www.tandapagar.com

www.tandapagar.com

Kenapa bisa melatih keseimbangan tubuh? Karena olahraga ini melatih kerja otak dan otot untuk saling berkoordinasi. Otak kita kan mengirim sebuah sinyal kepada otot untuk menjaga keseimbangan tubuh agar seimbang dan tidak meleset saat akan melepas anak panah.

Melatih konsentrasi

http://www.femina.co.id/

www.femina.co.id

Pada saat akan melesatkan anak panah, kita akan dilatih bagaimana agar bisa menjaga konsentrasi dalam diri kita agar kita bisa membidik sasaran dengan tepat. Untuk melatih konsentrasi  pada diri kita, membutuhkan banyak latihan.

Kerena jika kita sudah mahir dalam konsentrasi saat memanah, afeknya akan tersa juga pada keseharian kita. Kita mudah dalam menjaga konsentrasi saat kerja misalkan. Oleh karena itu memanah merupakan salah satu olahraga yang baik buat kita untuk melatih konsentrasi dan lain sebagainya.

Melatih Kesabaran

jnynita.com

jnynita.com

Selain melatih konsentrasi, memanah juga dapat melatih kita dalam bersabar. Karena jika dalam memanah tidak sabar, akan berakibat melesetnya anak panah kita dan tidak akan pernah mengenai sasaran yang kita tuju.

Di sinilah kita akan teruji kesabaran lewat berulang-ulangnya memanah sampai kita mahir dalam membidik target atau sasaran yang kita tuju. Lagi dan lagi efeknya akan kita rasakan di kehidupan sehari-hari, yaitu sabar menghadapi masalah yang menimpa kita.

Melatih Emosi

medanreview.com

medanreview.com

Saat memanah dalam keadaan emosi, juga akan bepengaruh saat anak panah akan dilesatkan. Termasuk juga akan menggangu konsentrasi kita. Karena memanah sanagt meniti beratkan keseimbangan tubuh. Secara otomatis, olahraga memanah ini dapat melatih dan menstabilkan emosi kita. Supaya kita lebih tenang dalam menghadapi masalah.

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri dan Berpikir Positif

www.bsdarchery.com

www.bsdarchery.com

Berolahraga panahan juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri. Untuk menumbuhkan rasa percaya diri tersebut membutuhkan rasa berpikir positif yang kuat, atau sebaliknya. Karena kedua rasa tersebut saling mempengaruhi satu sama lain.

Karena jika sudah tumbuh rasa percaya diri yang kuat dan berpikir positif yang baik, akan menjadi pribadi yang kuat dan jernih. Oleh karena itu olahraga memanah ini sangat bermanfaat bagi kita dan kehidupan sehari-hari kita.

Leave a Reply