7 Kunci Kebahagiaan Hidup Menurut Sayyidina Ali bin Abi Tholib

Setiap orang pasti menginginkan kebahagiaan dalam hidup yang singkat ini. Ada orang yang tidak ingin bahagia? Pasti jawabannya tidak. Bagaimana dengan anda? Sudahkah anda merasa bahagia saat ini? Jika memang anda sudah bahagia, apakah anda akan bahagia sendiri sedangkan saudara anda atau anak anda sudah bahagia?

Tentu jika anak anda belum bahagia pasti anda akan merasakan ketidak bahagiaan juga. Anda akan sulit bahagia jika seseorang terdekat anda sedang sedih atau tidak bahagia. Sebagai seorang terdekat, anda pasti juga akan merasakannya.

Kita akan merasa bahagia jika orang lain atau seseorang terdekat kita bahagia. Dan sebaliknya, kita sedang tidak bahagia teman ayau saudara dekat kita pasti juga akan merasakan juga. Kebahagiaan itu bisa dilihat dari tingkah ataupun perilaku kita.

Untuk bisa mendapatkan kebahagiaan, terdapat beberapa hal yang perlu kita lakukan menurut Sayyidina Ali bin Abi Tholib:

1. Jangan memebenci saipapun, sekalipun ada yang menyalahi hakmu.

Kenapa kita tidak boleh membenci seseorang padahal orang tersebut melakuan kesalahan kepada kita? Karena membenci seseorang hanya akan mengakibatkan permusuhan yang tidak akan menyelesaikan masalah. Memaafkan terlebih dahulu walaupun mereka yang memulai pertama kali. Jangan ada rasa dengki dalam hati. Tersenyumlah dan berpikir positif. Anggap itu sebagai angina yang berlalu. Jika mereka datang lagi dan menyalahi kita lagi mungkin kita yang perlu menjauh.

www.rinso.co.id

www.rinso.co.id

2. Jangan bersedih secara berlabihan, sekalipun problem memuncak.

Sedih berlebihan tidak diperbolehkan dalam islam. Asal sedih tersebut bisa dirubah ke arah yang lebih baik. Ketika masalah banyak yang terjadi pada kita, maka kita tidak boleh bawa perasaan yang berlebihan. Yang perlu dilakukan adalah kerjakan atau selesaikan masalah tersebut satu-satu. Jika hanya dipikirkan, hanya akan menambah masalah saja.

17

www.designbump.com

3. Hidup dalam kesederhanaan, sekalipun serba ada.

Hidup seperti inilah salah satunya yang akan membuat anda bahagia. Kesederhanaan ini bukan berarti anda tidak memiliki segalanya. Ketika anda memiliki segalanya yang anda inginkan tetapi anda masih memiliki rasa kesederhanaan, itulah namanya kebahagiaan karena selalu bersyukur. Banyak orang yang memiliki segalanya, segalanya serba ada, tetapi dia tidak bahagia, hal itu terjadi karena selalu merasa kurang dan tidak pernah merasa bersyukur.

www.motifmusama.blogspot.com

www.motifmusama.blogspot.com

4. Berbuatlah kebaikan, sekalipun banyak musibah.

Apa yang akan kita lakukan ketika orang lain sedang terkena musibah? Yang merasa dirinya manusia yang mempunyai pri kemanusiaan pasti akan membantunya. Dan bagaimana jika kita yang terkena musibah? Justru disitulah ketika kita sedang terkena musibah, berbuat baik kepada orang jangan ditinggalkan. Mungkin bisa jadi ketika kita membantu orang lain yang lagi kesusahan secara perlahan musibah yang sedang menimpa diri kita akan memberikan kakuatan pada diri kita untuk menghadapi musibah tersebut.

www.abiummi.com

www.abiummi.com

5. Perbanyaklah memberi, sekalipun sedang susah.

Memberi atau bersodaqoh kepada orang lain, merupakan salah satu amalan yang sangat luar biasa yang nantinya berefek pada diri kita di dunia maupun di akhirat. Walaupun ketika kita dalam kesusahan, tidak menghalangi kita untuk saling memberi atau sodaqoh kepada orang yang sangat membutuhkan. Sesuatu keajaiban akan datang dari Allah kepada kita jika kita yakin kepada Allah.

www.mirifica.net

www.mirifica.net

 

6. Tersenyumlah walau hati sedang menangis.

Senyum merupakan sodaqoh juga. Orang lain senang kita pun jadi senang. Senyum dapat mempererat tali persaudaraan. Ketika kita punya tetangga tidak pernah saling menyapa, mungkin akan mengira saling bermusuha. Itu sangat berbahaya. Walaupun kita sedang sedih, sedang menangis. Bukan halangan bagi kita untuk tersenyum pada orang lain. Mungkin sedih tersebut akan hilang perlahan-lahan karena kita sering tersenyum kepada orang lain.

www.alamy.com

www.alamy.com

7. Jangan memutus doa untuk saudara mukmin.

Do’a merupakan kakuatan yang sangat mustajab. Mendo’akan orang lain dan orang yang kita do’akan tidak tahu kalu kita sedang mendo’akan dia, kekuatannya sangat besar. Maka jangan hanya berdo’a untuk dirinya sendiri. Tetapi muslim dan muslimah di seluruh dunia yang mengimani Allah dan Rasulnya perlu kita do’akan. Mungkin bsa saja orang yang kita do’akan sedang dalam masalah, karena do’a kita maslah tersebut cepat selesai.

www.vemale.com

www.vemale.com

Leave a Reply