Amankah Combantrin Untuk Ibu Menyusui? Simak Penjelasannya

Obat Cacing – Cacingan sebagian masyarakat ada yang menggapnya hal yang remeh dan tidak peduli. Sebenarnya jika sudah mengetahui bahwa cacingan di dalam perut manusia merupakan sebuah parasite yang mengganggu.

Karena cacingan bisa menyebabkan kondisi kesehatan kita menurun, daya tahan tubuh berkurang, dan juga mempengaruhi gizi kita dan kecerdesan kita. Selain itu cacingan juga bisa menyebabkan protein, darah, dan karbohidrat dalam tubuh kita berkurang.

Oleh karena itu jika salah satu dari kita keluarga kita, sanak saudara kita yang terkena cacingan, hal tersebut tidak boleh dibirkan dan di anggap remeh begiru saja.

Jika sudah terkena cacingan dan dan hal tersebut tidak bertambah buruk bagi tubuh penderita, maka perlu kita segera melakukan penghentian atau menghentikan parasite cacingan ini dengan cara mengobatinya.

Namun sebelum mengobati parasite cacingan ini, kita juga harus tahu siapa yang sedang terkena parasit cacingan ini contohnya untuk ibu yang sedang hamil atau seorang ibu yang sedang menyusui dan tahu apa saja gejala-gejala yang muncul sehingga bisa menentukan obat cacing yang aman dan cocok bagi penderitanya.

Saran untuk ibu yang sedang menyusui jika tidak ingin repot-repot gunakanlah ASI Booster untuk menyusui bayi Anda.

Kadang cacingan tidak mempunyai gejala khas yang muncul, akan tetapi sebagian besar para penderitanya biasanya mempunyai gejala-gejala yang bisa terlihat seperti pereutnya menjadi buncit, badan terlihat kurus dan lesu, serta nafsu makannya berkurang.

Jika sudah mengetahui siapa yang terkena cacingan dan apa saja gejalanya, dengan begitu barulah diberikan obat yang cacing yang cocok dan aman bagi penderitanya. Karena obat cacing sekarang ini ada beberapa jenis sesuai dengan siapa yang akan menamakainya dan penyebab dari gejala-gejalanya.

Dan secara garis besar, cara kerja obat cacingan terdapat 2 cara atau terbagi menjadi dua macam, yang pertama adalah melumpuhkan syaraf otot cacing dan menghalangi proses pertumbuhan energy cacing yang ada di dalam perut.

Cara kerja obat cacingan yang pertama ini akan mengakibatkan cacing lumpuh sehingga sangat mudah untuk dikeluarkan bersamaan dengan feses saat kita buang air besar. Sedangkan cara kerja obat cacing yang kedua yaitu menyebabkan cacing kehilangan energy dan akhirnya mati.

Berikut ini beberapa macam obat cacing yang bisa menjadi alternative untuk mengobati cacingan berdasarkan gejala-gejala yang muncul:

Combatrin

obat cacingan

mahyastutya.blogspot.co.id

  • Isi : Pirantel Pamoat
  • Indikasi obat ini untuk: cacing kremi, infeksi tunggal atau campuran daric acing gelang, cacing tambang, dan cacing Trichostrongylus colubriformus serta orientalis.
  • Tidak ada kontra indikasinya.
  • Efek samping penggunaan obat ini sangat jarang terjadi seperti sakit kepala, mual-mual, ruam kulit, insomnia, muntah-muntah, diare, dan tidak nafsu makan.
  • Peringatan obat ini tidak untuk anak usia dibawah 2 tahun, terkena gangguan fungsi hati,dan seorang ibu yang sedang hamil.

Konvermex

obat cacing konvermex

www.twitter.com

  • Isi : Pirental Pamoat
  • Indikasi obat untuk cacing kremi, infeksi tunggal atau campuran daric acing gelang, dan cacing Trichostrongylus colubriformus serta orientalis.

Vermox

mebendazole

www.tokopedia.com

  • Isi: Mebendazol
  • Indikasi obat yaitu cacing kremi, cacing gelang , cacing tambang, cacing cambuk, dan infeksi tunggal atau campuran dari cacing kremi.
  • Kontra indikasi : Ibu hamil dan Ibu menyusui.
  • Efek samping penggunaan : diare, kadang sakit perut, reaksi hipersensitif.
  • Peringatan tidak untuk anak umur di bawah 2 tahun, ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui.
  • Kadang cacing gelang bermigrasi keluar melewati mulut atau hidung selama pengobatan pada anakdengan infeksi berat.

Filarzan

  • Isi : Dietil Karbamazin Sitrat
  • Indikasi obat untuk penyakit filariasis (Penyakit kaki gajah, infeksi cacing gelang dan cacing tambang. Obat ini sangat efektif untuk penyakit kaki gajah.
  • Kontra indikasinya yaitu penyakit hati, ginjal berat, serta ibu yang sedang hamil.
  • Efek samping penggunaan obat ini adalah menyebabkan kambuhnya malaria, sakit kepala, muntah-muntah, dan mual-mual.

Nah itulah sedikit penjelasan terkait cacingan dari gejala-gejala sampai obat-obat yang disarankan untuk menjadi obat alternatif.

Leave a Reply