5 Bunga Langka di Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali jenis flora indah yang hidup di Indonesia. Salah satunya adalah berbagai macam jenis bunga yang tumbuh di tanah Indonesia ini. Akan tetapi, ada beberapa bunga langka lain yang tumbuh di Indonesia.

Bunga langka yang terdapat di Indonesia sangatlah di lindungi demi terjaganya kelestarian dan bisa untuk di kembangbiakkan lebih banyak lagi. Dan beberapa bunga langka yang tumbuh di Nusantara ini sudah terkenal sampai ke negara-negara lain. Bahkan banyak wisatawan mancanegara yang datang untuk melihatnya. Termasuk juga untuk diteliti oleh para ahli di dalam bidangnya. Berikut ulasan tentang bunga langka yang terdapat di Indonesia:

5. Anggrek Tebu

Bunga Anggrek yang satu ini merupakan Bunga Anggrek terbesar di dunia. Nama ilmiah dari bunga ini Grammathopyllum Speciosum yang di sebut juga Anggrek Tebu, Anggrek Raksasa atau Anggrek Ratu.

Dalam satu rumpun, Bunga Anggrek Tebu ini bisa memiliki berat mencapai 1 ton lebih dengan panjang dapat mencapai 3 meter. Ciri-ciri Bunga Anggrek Tebu ini memiliki daun bunga berwarna kuning kehijauan dengan kombinasi binti-bintik coklat di daunnya. Karena populasinya yang sedikit, bunga ini masuk dalam daftar tanaman yang dilindungi

anggrek tebu

www.tipspetani.blogspot.com

 

4. Bunga Edelweis

Bunga Edelweis atau disebut juga Bunga Senduro memiliki nama latin Anaphalis Javanica yang hidup di daerah pegunungan tinggi di Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 8 meter dan dapat memilki batang sebesar kaki manusia. Bunga Edelweis dapat hidup di tempat yang tandus karena bunga Edelweis ini dapat membentuk mikoriza dengan jamur tanah tertentu secara efektif.

Bunga Edelweis ini biasanya tumbuh pada bulan April dan Agustus. Ketika bunga Edelweis ini tumbuh, banyak sekali serangga-serangga yang hinggap di bunga Edelweis ini untuk mengambil nectar pada bunga Edelweis ini. Tempat-tempat untuk bisa melihat bunga edelweis ini bisa dilihat salah satunya di Tegal Alun (Gunung Papandayan), Alun-Alun Surya Kencana (Gunung Gede), Alun-Alun Mandala Wangi (Gunung Pangrango), dan Plawangan Sembulan (Gunung Rinjani).

www.pernikdunia.com

www.pernikdunia.com

 

3. Bunga Anggrek Pensil

Anggrek Pensil merupakan salah satu jenis bunga anggrek yang sangat diminati para pecinta bunga. Bunga Anggrek Pensil ini juga merupakan tanaman langka yang terdapat di Danau Dendam Tak Sudah (DDTS), Kota Bengkulu yang masuk dalam Cagar Alam Dusun Besar. Bunga Edelweis ini termasuk bunga yang hidup di daerah yang terdapat banyak airnya.

Bunga Anggrek Pensil atau dalam bahasa latinnya Vanda Hookeriana/Papillionanthe Hookeriana hidup menumpang pada tumbuhan lain yaitu pada bunga bakung (Crinum Asiaticum). Bunga Anggrek ini semakin lama semakin sedikit karena ulah tangan manusia yang tidak bisa menjaganya. Akhirnya untuk mencegah terjadinya kerusakan dan kepunahan bunga anggrek pensil ini dilakukan sebuah uji coba penanaman kembali oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSD) di pinggir DDTS, Bengkulu.

www.sayangi.com

www.sayangi.com

 

2. Bunga Raflesia Arnoldii

Bunga Raksasa ini merupakan tumbuhan langka yang hidup di hutan hujan di Indonesia. Pertama kali ditemukan bunga ini pada tahun 1818 oleh seorang pemandu dari Indonesia yang ikut dalam ekspedisi bersama Dr. Joseph Arnold yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles. Jenis-jenis tanaman yang lain dapat ditemukan di Asia Tenggara, seperti di Semenanjung Malaya, Kalimantan, Sumatra, dan Filipina.

Bunga Rafflesia Arnoldii ini tidak memiliki daun, sehingga bunga ini hidupnya bergantung terhadap tanaman lain untuk mengambil nutrisi dari tanaman yang di inangnya. Bunga ini merupakan identitas Provinsi Bengkulu dan salah satu puspa langka dari tiga bunga nasional Indonesia.

img_4947-fb

www.ranselkita.wordpress.com

 

1. Bunga Bangkai Raksasa

Armorphophallus titanumBecc merupakan nama ilmiah dari tanaman Bunga Bangkasi Raksasa ini. Kenapa dinamakan Bunga Bangkai karena bunga ini mengeluarkan bau yang seperti bangkai asli. Namun tujuan bunga tersebut mengeluarkan bau seperti bangaki ini untuk mengundang serangga agar supaya bisa membantu dalam proses penyerbukan bunga ini.

Habitat asli Bunga Bangkai Raksasa ini terdapat di Sumatra. Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga mencapai 4 meter, dan mungkin bisa lebih dari itu. Bunga Bangkai ini memiliki dua fase, yaitu fase vegetatif dan fase generative. Pada fase vegetative ini, bunga bangkai mengeluarkan seluruh daun dan batangnya.

www.news.detik.com

www.news.detik.com

Leave a Reply