Cara Membuat Anak Panah Shaft

Cara Membuat Anak PanahAnak panah adalah sebutan yang ditujukan kepada sebuah batang panjang yang biasanya sebagai peluru pada panahan. Shaft adalah nama lain dari anak panah.

Mata atau ujung pada anak panah cukup tajam dan pada bagian belakang anak panah terdapat bulu sebagai penyeimbang ketika anak panah diluncurkan dari busur panah.

Bisa disimpulkan bahwa anak panah adalah sebuah senjata tajam pada bagian ujungnya dan berbulu pada bagian belakangnya.

Anak Panah

cara membuat anak panah

archerybukittinggi.blogspot.co.id

Anak Panah – Anak panah bisa dibuat dari bahan-bahan seperti rotan, fiber, besi, ataupun kayu. Sedangkan untuk pembuatan mata panah atau ujung panah bisa menggunakan dari bahan yang bersifat keras seperti besi, kaca, tulang, batu dan lain-lainnya.

Adanya mata panah atau head arrow ini berfungsi sebagai pelindung badan atau batang anak panah dan untuk mengenai sasaran atau target dengan baik.

Pada saat ini biasanya panjang ukuran anak panah sekitar 60 cm dan mempunyai berat 18 gram. Perbedaan antara anak panah yang memiliki diameter lebih besar dan diemeter lebih kecil.

Anak panah yang mempunyai diameter lebih kecil saat diluncurkan mempunyai kecepatan yang sangat cepat dari pada anak panah yang mempunyai diameter dan berat lebih besar. Akan tetapi kerusakan yang ditimbulkan lebih kecil pada targetnya atau sasaranya.

Kalau anak panah yang mempunyai diameter dan berat lebih besar, saat dilepaskan dari busur panah tidaklah lebih cepat dari anak panah yang mempunyai diameter dan berat yang lebih kecil. Namun mempunyai kerusakan yang cukup besar pada target atau sasaran.

Selain itu pada bagian belakang atau pangkal anak panah terdapat sebuah sayap yang biasanya terdapat tiga bulu yang menempel atau terpasang pada bagian belakang anak panah ini.

Bulu-bulu atau sayap yang terdapat dibagian belakang anak panah terbuat dari berbagai macam jenis bahan. Ada yang bahannya terbuat dari bulu sayap ungags, kertas, plastic, kain atau bahan-bahan lainnya.

Fungsi dari sayap pada bagian belakang anak panah ini sebagai penyeimbang atau menstabilkan anak panah saat dilepas atau diluncurkan dari busur panah.

Cara Membuat Anak Panah

cara membuat anak panah sendiri

www.sunnahmemanah.com

Cara Membuat Anak Panahcara membuat shaft atau anak panah yang bagus, bulat dan sempurna dengan menggunakan dowel maker tidak sesulit yang dibayangkan. Dan tidak membutuhkan alat mesin yang canggih untuk membuatnya.

Sebelumnya perlu menyiapkan beberapa alat yang dibutuhkan untuk membuat shaft anak panah ini.

Alat-alat yang dibutuhkan antara lain yaitu:

1. Alat serut yang terbuat dari pahat kayu

2. Mesin bor tangan

3. Pipa kecil atau silinder

4. Kayu/bambu untuk bahan pembuatan anak panah

Cara pembuatannya:

Alat pahat atau serutan kayu bisa dipasang dengan menggunakan krucut dari lempengan yang terbuat dari seng yang ditekuk, atau juga bisa memasangnya diantara 2 kayu yang tipis.

Kemudian sesuaikan tebal kayu dengan shaft anak panah yang diinginkan masing-masing.

Sebelumnya kayu dipotong-potong memanjang dengan ukuran potongan sebesar 1 cm. setelah itu pada salah satu bagian ujung dibuat runcing supaya memudahkan ketika akan disorong ke mesin bor tangan.

Proses dalam pembuatan shaft anak panah ini terbilang cukup sederhana, cara kerja alat ini seperti halnya peraut pensil yang biasa digunakan untuk meraut pensil. Hanya saja ukurannya lebih besar dan menyesuaikan dengan besarnya anak yang akan dibuat.

Biasanya diameter anak panah yang dibuat berukuran sekitar 7 – 8 mm. Panjang anak menyesuaikan dengan panjang tarikan masing-masing.

Baca juga: 6 Manfaat Berlatih Memanah

Namun bagi yang menggunakan anak panah horsebow, disarankan anak panahnya mempunyai panjang minimal 85 cm.

Hal tersebut untuk memaksimalkan tarikan arrow saat draw dan lebih aman supaya tidak terjadi over draw yang dapat mengakibatkan menancapnya mata panah atau arrow pada sisi bow hand.

Jika proses pembuatan shaft anak panah telah selesai, selanjutnya adalah memasang bulu atau sayap pada bagian belakang shaft anak panah.

Sumber : www.sunnahmemanah.com

Leave a Reply