22 Kerajinan Bahan Lunak dari Sabun dan Penjelasannya

Kerajinan Bahan Lunak Dari SabunPengertian Kerajinan Bahan Lunak dari Sabun adalah kerajinan yang berbahan dasar utama dari sabun yang diolah atau diukir berbagai macam bentuk seperti bentuk kerajinan bunga, bentuk hewan, bentuk buah, dan bentuk-bentuk lainnya sesuai dengan keinginan masing-masing.

Sabun yang digunakan tentunya sabun batangan yang umumnya dimanfaatkan untuk membersihkan diri dari kotoran setelah beraktivitas.

Bentuk-bentuk kerajinan bahan lunak dari sabun ini berbagai macam jenis atau bentuk. Kerajinan dari bahan sabun ini sangatlah unik, walaupun hanya bisa sebagai hiasan saja, namun dapat mengasah keterampilan dalam mengukir dari bahan lainnya seperti kayu, tanah liat, dan lain-lainnya.

Dalam pembuatan kerajinan bahan lunak dari sabun ini terdapat dua macam cara:

1. Pertama yaitu bahan sabun batangan yang masih utuh langsung diukir sesuai keinginan masing-masing dengan alat-alat yang sudah disediakan oleh sendiri-sendiri.

2. Kedua yaitu sabun batangan di parut hingga menjadi serbuk-serbuk, kemudian dicampur dengan sagu dan sedikit tambahan air, setelah itu dibuatlah adonan baru seperti halnya dalam membuat kerajinan dari bahan plastisin.

Benda-benda yang diukir atau dibentuk merupakan benda 2 atau 3 dimensi, dan bahan yang sebelumnya dibentuk-bentuk nantinya akan kembali keras seperti semula.

Berikut ini terdapat beberapa contoh hasil dari kerajinan atau ukiran dari bahan sabun yang bisa dilihat atau pun ditiru:

1. Kerajinan Bahan Lunak dari Sabun yang Sangat Kreatif

kerajinan bahan lunak dari sabun yang sangat kreatif

Ukiran-ukiran sabun di atas ini merupakan sebuah prakarya yang membutuhkan keterampilan yang cukup handal. Namun bagi kalian yang masih pemula, bisa berlatih terus menerus untuk bisa menghasilkan ukiran seperti di atas ini.

Kerajinan bahan lunak dari sabun di atas ini merupakan tahap akhir yang prosesnya terdapat tambahan-tambahan warna pada bagian-bagian tertentu. Seperti pada ukiran katak di atas mempunyai warna hijau tua pada bagian punggungnya dan warna hijau muda pada bagian kaki dan bawah kepalanya.

Sama seperti ukiran kedua bunga di atas yang terdapat warna tambahan agar terlihat lebih menarik dan nyata. Proses setelah ukiran sebenarnya belum halus seperti yang di atas, jadi setelah selesai diukir perlu dihaluskan menggunakan alat tertentu untuk menghaluskan hasil akhirnya.

2. Kerajinan Bahan Lunak dari Sabun Berbentuk Perahu di Lautan

kerajinan bahan lunak dari sabun

Kerajinan bahan lunak dari sabun yang satu ini tentunya lebih sulit dari pada yang pertama tadi. Untuk ukiran yang satu sama yaitu memerlukan ketangkasan dalam pengukirannya.

Ukiran sabun di atas ini menggambarkan tentang perahu di lautan yang sedang membawa para binatang. Di bawahnya juga terdapat lumba-lumba yang sedang mengkuti perahu tersebut.

Proses pembuatan ukiran sabun ini juga ada penambahan warna supaya terlihat seperti kenyataannya. Perpaduan warna biru laut dan putih pada ukiran sabun ini sangatlah bagus dan menarik.

3. Kerajinan Bahan Lunak dari Sabun Berbentuk Ikan Mas

kerajinan bahan lunak dari sabun bentuk ikan mas

Sabun yang dibentuk ikan mas ini merupakan sebuah karya yang mudah dan simpel untuk ditiru dan dibuat sendiri. Pertama cukup dengan membentuk sabun batangan menjadi bentuk ikan mas seperti yang di atas atau sesuai keinginan masing-masing.

Setelah itu bentuk mata pada bagian kepala dan bentuk atau ukir sisik-sisiknya seperti yang di atas contohkan. Pembuatan kerajinan bahan lunak dari sabun yang seperti contoh di atas mungkin sangatlah mudah.

Kita hanya perlu meningkatkan dan mengasah terus kemampuan kita dalam keterampilan dan kekreatifitas kita masing-masing.

4. Kerajinan Bahan Lunak dari Sabun Berbentuk Hati

kerajinan bahan lunak dari sabun bentuk hati

Ukiran sabun ini juga salah satu bentuk ukiran yang sederhana tanpa adanya keribetan dalam pembuatannya. Pengukirannya hanya pada permukaan atasnya saja, tidak seperti kebanyakan yang lainnya.

Yang berubah dari tampilan sabun di atas ini hanya pada bagian atasnya saja, karena memang yang diperlukan hanya pada bagian atas atau permukaan.

Kerajinan bahan lunak dari sabun di atas ini hanya sebagai contoh saja pada bagian permukaan yang di ukirnya. Mungkin dari kalian bisa mengembangkan ke berbagai macam bentuk pada bagian permukaan sesuai selera masing-masing.

5. Kerajinan Bahan Lunak dari Sabun Untuk Cenderahati

kerajinan bahan lunak dari sabun untuk cenderahati

Ukiran sabun di atas ini salah satu karya yang digunakan untuk cenderahati. Jika dilihat baik-baik pada ukiran di atas ini terdapat kata “Terima Kasih”.

Kerajinan bahan lunak dari sabun yang di ukir seperti contoh di atas ini bisa menjadi salah satu barang yang dimanfaatkan sebagai souvenir, hadiah, atau hiasan-hiasan lainya.

Pembuatan seperti motif pada contoh di atas ini dilakukan oleh salah seorang pengukir kerajinan sabun yang memang sudah ahli dan bisa memesannya sebagai cenderahati atau yang lainnya.

6. Kerajinan Bahan Lunak dari Sabun Bentuk Jari-jari

kerajinan sabun berbentuk jari-jari

Nah kerajinan bahan lunak dari sabun yang satu ini nih yang membutuhkan keterampilan yang luar biasa. Mungkin yang baru melihat pertama kali seperti jari-jari tangan sungguhan.

Ternyata jari-jari ini merupakan kerajinan sabun yang diukir sangat mirip sekali dengan jari-jari tangan kita. Bahan dan warna yang dipilih pun sama dengan warna kulit kita.

Tentu memberikan kesan tersendiri saat hasilnya sudah jadi seperti contoh di atas ini. Ukiran sabun seperti ini membutuhkan ketelitian dan keterampilan yang bukan main-main.

7. Kerajinan Bahan Lunak dari Sabun Berbentuk Kepiting

ukiran sabun bentuk kepiting

Kerajinan bahan lunak dari sabun berbentuk kepiting ini juga merupakan salah satu bentuk yang sederhana dalam pembuatannya. Tidak seperti sebelumnya yang harus benar-benar serius dalam pembuatannya.

Jika Anda mempunyai keterampilan yang lebih dalam pembuatan ukiran bentuk kepiting ini, bisa membuat yang lebih keren dan lebih hebat dari contoh di atas ini. Macam-macam jenis kepiting banyak dan berbagai motif bentuknya.

8. Kerajinan Bahan Lunak dari Sabun Bentuk Bunga Orange

ukiran bunga dari bahan sabun

Warna sabun yang dipilih untuk pembuatan ukiran sabun berbentuk bunga ini mempunyai warna yang cerah sehingga tampak terlihat sangat jelas.

Walaupun sebenarya ini merupakan proses tahapan yang terakhir, namun bisa menambahkan proses untuk -bagian penghalusan bagian yang masih kasar dan jika dilihat baik-baik masih terdapat serpihan-serpihan yang masih tersisa pada sabun ini.

Ukiran kerajinan bahan lunak dari sabun ini salah satu ukiran yang pembuatannya tidak asal-asalan. Perlu banyak berlatih untuk bisa meghasilkan seperti di atas ini bagi yang masih pemula.

9. Kerajinan Bahan Lunak dari Sabun Bergambar Angsa

kerajinan sabun bentuk angsa

Jika dilihat dari hasilnya, ini merupakan tahapan akhir dan sudah bisa menjadi hiasan di rumah Anda atau tempat-tempat yang Anda sukai. Jika hasil kerajinan bahan lunak dari sabun mempunyai kualitas yang sangat bagus, bisa menjadi sumber penghasilan bagi Anda.

Sebenarnya bentuk dari ukiran di atas ini cukup sederhana dan mudah untuk ditiru dan dipraktekan. Hanya mungkin tahap penghalusan yang benar-benar harus teliti dan benar. Mungkin tahap yang paling rumit pada bagian bunga-bunga kecilnya saja.

10. Kerajinan Bahan Lunak dari Sabun Bentuk Love

kerajinan tangan bentuk love

Kerajinan bahan lunak dari sabun ini juga merupakan salah satu karya yang cukup sederhana dalam pembuatannya. Hanya membentuknya menjadi bentuk love atau cinta.

Setelah itu bisa mengukir-ukirnya pada bagian samping dan atasnya lalu tinggal proses menghaluskannya saja. Akan lebih tampak terlihat menawan jika warna sabunnya berwarna pink atau merah muda.

11. Kerajinan Bahan Lunak dari Sabun Bentuk Ikan Mujair

ukiran sabun bentuk ikan

Sebagian besar pemula yang ingin membuat bentuk seperti contoh di atas ini bisa untuk membuatya. Jika diperhatikan dengan baik, bentuknya cukup sederhana dan sangat mudah untuk dipraktekan.

Anda pun juga bisa bervariasi dalam membentuk kerajinan bahan lunak dari sabun bentuk ikan, bukan hanya ikan mujair atau ikan air tawar saja, tapi bisa membuatnya seperti ikan lumba-lumba atau ikan-ikan laut lainnya.

12. Kerajinan Bahan Lunak dari Sabun Bentuk Cinta Asmara

kerajinan sabun bentuk patung asmara

Jika Anda bisa membuat kerajinan bahan lunak dari sabun yang seperti ini, kerajinan seperti bisa menjadi sumber pendapatan Anda jika kualitas kerajinan dari sabun Anda sangatlah sesuai dengan permintaan pasar.

Dan di bawah ini contoh-contoh lain kerajinan bahan lunak dari sabun yang bisa Anda perhatikan serta dapat Anda tiru atau pun di praktekan di tempat tinggal masing-masing.

13. Kerajinan Bahan Lunak dari Sabun Berbentuk Kura-kura

ukiran sabun berbentuk kura-kura

 

14. Ukiran Sabun Berbentuk Penyu

kerajinan sabun bentuk penyu

 

15. Ukiran Sabun Berbentuk Tengkorak Kepala

ukiran sabun berbentuk-tengkorak kepala

 

16. Ukiran Sabun yang Cukup Rumit

kerajinan sabun yang unik

 

17. Ukiran Sabun Bunga Warna Ungu

ukiran sabun berbentuk bunga

 

18. Ukiran Sabun Bentuk Makanan

kerajinan sabun berbentuk makanan

 

19. Ukiran Sabun Bentuk Mouse

sabun berbentuk mouse

 

20. Ukiran Sabun Bunga Merah

kerajinan ukiran-dari sabun

 

 

21. Ukiran Sabun Berbentuk Bunga-bunga

ukiran sabun bagus

 

22. Ukiran-ukiran Sabun yang Cantik-cantik

ukiran kerajinan tangan-dari bahan sabun

3 Comments

  1. Tita Oktober 30, 2016
    • aqieb November 12, 2016
  2. Yasinta Astuti Januari 4, 2017

Leave a Reply