12 Kerajinan Batok Kelapa yang Inspiratif dan Cara Pembuatannya

Kerajinan Batok KelapaKerajinan Batok Kelapa adalah kerajinan yang menggunakan dan memanfaatkan bahan dasar dari batok atau tempurung kelapa untuk dijadikan berbagai macam kerajinan.

Kerajinan batok kelapa juga bisa menjadi asset yang ketika dikembangkan akan menjadi sebuah sumber penghasilan yang sangat menjanjikan.

Tentu untuk menghasilkan sebuah karya kerajinan batok kelapa yang mempunyai kualitas terbaik, juga perlu memiliki kekreatifitas yang sudah terasah keahliannya. Namun bagi yang benar-benar ingin menggeluti dibidang ini bisa belajar kepada ahlinya.

Batok kelapa mungkin di masyarakat sudah sangat umum sekali. Namun belum tentu semua masyarakat mengetahui kalau batok kelapa bisa menjadi kerajinan batok kelapa yang bisa menghasilkan sesuatu yang lebih, dan bukan hanya menjadi arang saja.

Hasil dari kerajinan batok kelapa dari para pengrajin banyak sekali macamnya. Berikut ini beberapa macam jenis hasil dari kerajinan batok kelapa yang mempunyai kualitas terbaik:

1. Motor Vespa Hasil dari Kerajinan Batok Kelapa

kerajinan-batok-kelapa-bentuk-motor-vespa

Siapa sangka bahwa ternyata tempurung atau batok dari buah kelapa bisa menjadi sebuah kerajinan berupa miniatur vespa yang sangat keren.

Pengrajin vespa dari batok kelapa saat ini sudah banyak dijumpai khususnya di Pulau Jawa. Bahkan hasil dari kerajinan batok kelapa berupa miniature vespa ini sudah sampai ke luar negeri seperti yang sering mengekspor ke Jamaika.

Kenapa banyak ke Jamaika? Karena vespa identik dengan anak reggae dan kelapanya pun juga sama menjadi identitas bagi para pecinta reggae. Sebab kebanyakan pohon kelapa banyak tumbuh di pantai. Dan anak reggae pun juga suka di pantai.

 

2. Kerajinan Batok Kelapa Bentuk Asbak

 hasil kerajinan asbak dari batok kelapa

 

Mendengar kata asbak mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat saat ini. Asbak merupakan tempat menampung sisa bekas rokok yang telah dihisap.

Namun bentuk asbak ini yang sudah sangat umum yaitu kadang terbuat dari keramik yang standar-standar saja atau biasa-biasa saja.

Beda dengan asbak yang satu ini, asbak yang satu ini merupakan asbak hasil dari kerajinan batok kelapa yang sangat kreatif dan keren. Kerajinan batok kelapa ini bentuknya seperti bebek dan terdapat dua tempat untuk meletakkan rorok juga.

Cara pembuatan asbak dari hasil kerajinan batok kelapa.

Alat dan bahan:

  • 1 buah kelapa yang sudah tua
  • Lem kayu
  • Gergaji besi
  • Amplas

Cara pembuatan:

  1. Ambil batok atau tempurung kelapa dari buah kelapa yang sudah tua. Kemudian haluskan permukaan batok kelapa menggunakan amplas yang sudah disiapkan.
  2. Setelah itu batok kelapa dipotong 1/3 dari batok kelapa yang masih utuh menggunakan gergaji.
  3. Selanjutnya tambahkan atau pasang mangkok kecil yang terbuat dari batok kelapa juga pada bagian bawah menggunakan lem kayu atau perekat yang paling ampuh menurut Anda.
  4. Tahapan terakhir pasang kepala dan ekor pada pada batok kelapa yang sudah selesai di haluskan.

 

3. Tas Hasil dari Kerajinan Batok Kelapa

kerajinan-tas-dari-batok-kelapa

Saat ini banyak tas yang terbuat dari berbagai macam bahan seperti tas yang terbuat dari kulit, macam-macam kain, dan sebagainya. Namun mungkin hanya sebagian saja yang mengetahui ada tas yang bisa terbuat dari batok kelapa.

Tas yang terbuat dari batok kelapa ini tidak kalah menarik dari tas lainnya. Kualitasnyapun juga sangat bagus serta harganya juga tidak kalah dengan tas-tas lainnya.

Dan tas hasil dari kerajinan batok kelapa ini mungkin anti robek atau tidak bakal robek ketika akan di copet oleh para penjahat.

Berikut ini bagaimana cara membuat tas dari hasil kerajinan batok kelapa.

Alat dan bahan:

  • Batok kelapa
  • Tali untuk tas
  • Penggaris
  • Gergaji besi
  • Lem
  • Kain
  • Cat

Cara pembuatan:

  1. Belah batok kelapa menjadi dua bagian dengan menggunakan gergaji besi.
  2. Bersihkan dan amplas bagian luar batok kelapa.
  3. Tempelkan kain yang sudah digunting di bagian luar batok kelapa sesuai model yang diinginkan.
  4. Setelah itu tempelkan manik-manik pada kain yang sudah ditempelkan pada batok kelapa dengan mengikuti pinggir tempelan batok kelapa.
  5. Buat 2 lubang kecil pada belahan bawah batok kelapa bagian atas dengan jarak antara 2,5 cm agar batok kelapa bisa dibuka tutup dan kemudian kedua belahan tersebut dililitkan kawat.
  6. Setelah itu buat 2 lubang belahan batok kelapa bagian atas Untuk membuat tali pada batok kelapa, gunting kain dengan panjang yang diinginkan kemudian gulung kain sampai bertemu ujung dengan ujung, lalu jahit sehingga membentuk tali.
  7. Ambil tali lalu masukkan ke lubang kain tersebut agar talinya terlihat kuat.
  8. Setelah talinya sudah jadi, terakhir buat lubang pada kedua samping batok kelapa, kemudian masukkan talinya.
  9. Tunggu beberapa menit agar lem pada batok kelapa kering sehingga tas siap dipakai.

4. Tempat Tisu Hasil dari Kerajinan Batok Kelapa

tempat tisu hasil dari kerajinan batok kelapa

Selain tas ternyata tempat tisu juga bisa terbuat dari batok kelapa. Bagaimana bisa tempat tisu bisa terbuat dari batok kelapa? Tentu bisa karena pengrajin ini mampunyai kreativitas yang mungkin tidak banyak orang yang memilikinya.

Hasil dari kerajinan batok kelapa ini sangatlah menarik dan mempunyai kualitas yang tidak kalah dengan tempat tisu lainnya.

5. Kerajinan Lampu dari Batok Kelapa

lampu hasil dari kerajinan batok kelapa

 

Berikut ini cara pembuatan lampu dari batok kelapa.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Satu butir kelapa yang utuh berukuran sedang jangan terlalu besar
  • Tatakan kayu berukuran 12×12 cm, bisa juga  tatakan berbentuk bulat dengan diameter 12 cm
  • Kawat besi  30 cm
  • Tali anyaman dari gedebong/pelepah pisang
  • Kabel dan lampu tidur kecil yang berwarna warni

Alat-alat yang diperlukan:

  • Golok/pisau  untuk mengupas dan menghilangkan serabut kelapa
  • Amplas/beling dari pecahan gelas untuk menghaluskan permukan batok, lebih cepat menggunakan gurinda mesin atau ampels mesin
  • Bor listrik
  • Pernis/sirlak/pilok clear

Cara pembuatan:

  1. Kupas kelapa sehingga terlihat butiran batok kelapa bulat.
  2. Bersihkan permukaan batok kelapa dengan ampelas/beling.
  3. Buat pola menggunakan pinsil diatas permukaan batok yang telah halus.
  4. Lubangi bagian atas dengan gergaji besi untuk tempat lampu.
  5. Keluarkan kelapa dengan dicongkel sedikit demi sedikit.
  6. Beri lubang dengan bor listrik sesuai pola yang telah dibuat.
  7. Setelah selesai melubangi sesuai pola baru kita membuat dudukan untuk menggantungkan lampu.
  8. Tancapkan kawat pada dudukan kayu yang ada , kemudian bentuk melengkung seperti dahan, pasang kabel dan dudukan lampu mengikuti kawat tadi, setelah itu baru dibungkus dengan lilitan tali dari pelepas pisang agar terlihat seperti batang kayu asli.
  9. Setelah itu baru pasangkang batok kelapa menggantung seperti buah pada kawat/batang tersebut, jangan lupa bikin daun dari batok atau tapas kelapa untuk menambah keindahan lampu tersebut.
  10. Tahap terakhir cat lampu hias dengan pernis atau pilok clear supaya terlihat mengkilap

6. Kerajinan Batok Kelapa Bentuk Gelas

kerajinan gelas dari batok kelapa

Mungkin masyarakat umum sudah biasa minum dengan gelas plastik atau gelas kaca. Beda dengan gelas yang satu ini, gelas ini merupakan gelas hasil kerajinan dari batok kelapa. Siapa sangka batok kelapa ternyata bisa menjadi gelas yang sangat unik.

Gelas ini sangat bagus bagi Anda yang suka dengan keunikan-keunikan yang belum pernah ada sebelumnya, atau bisa juga bagi Anda yang ingin sebuah terobosan inovasi terbaru dan alami. Gelas dari batok kelapa inilah yang cocok bagi Anda sekalian.

Saat ini sudah banyak pengrajin batok kelapa yang membuat berbagai macam bentuk seperti gelas ini. Dari hasil ini para pengrajin bisa mendapatkan penghasilan dari kerajinannya yang luar biasa.

7. Teko Hasil Kerajinan dari Batok Kelapa

kerajinan teko dari batok kelapa

Nah selain gelas yang menjadi salah satu kerajinan dari batok kelapa, temannya gelas yaitu teko ternyata juga bisa dibuat dari batok kelapa. Unik banget bukan? Tentu unik sekali teko plus gelas yang terbuat dari batok kelapa menjadi tempat minum yang sangat unik dan elegan.

Mungkin bukan hanya gelas plastik atau kaca saja yang menurut Anda membosankan, teko pun Anda ingin yang unik dan terbuat dari selain bahan tadi. Nah teko ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda.

Atau bagi Anda yang suka unik yang kemudian hanya untuk sebagai hiasan atau pajangan di rumah masing-masing, teko dan gelas penjelasan tadi mungkin bisa menjadi barang pajangan yang Anda inginkan.

8. Kerajinan Batok Kelapa Berbentuk Bros yang cantik

kerajinan bros dari batok kelapa

Sudah sering kita melihat berbagai macam jenis bros dari berbagai macam bahan dan bentuk. Namun bagaimana jika bros tersebut terbuat dari batok kelapa? Tentu akan lebih unik lagi dari bros biasanya.

Selain itu bros-bros seperti gambar di atas bisa menjadi salah satu souvenir yang sangat unik untuk dibagi-bagikan. Dan ketika dijual kepada anak-anak mungkin banyak yang nantinya akan suka dengan inovasi-inovasi terbaru.

9. Toples dari Batok Kelapa

kerajinan unik dari batok kelapa

Biasanya toples-toples yang ada di masyarakat saat ini adalah toples yang terbuat dari plastik dan kaca. Toples yang terbuat dari kaca atau plastik sudahlah sangat umum di masyarakat. Akan tetapi berbeda dengan yang satu ini, toples yang satu ini terbuat dari batok kelapa yang sudah dihias dengan baik.

Jarang-jarang kan ada toples yang terbuat dari batok kelapa. Kerajinan ini juga bisa menjadi lahan untuk menghasilkan pendapatan bagi pengrajin dari bahan batok kelapa. Dan hasilnya pun bagus juga ternyata untuk toples yang terbuat dari batok kelapa seperti contoh di atas tersebut.

10. Kerajinan Speaker dari Batok Kelapa

kerajinan batok kelapa

Ini dia inovasi terbaru lagi, yaitu speaker dari batok kelapa yang sangat fenomenal. Bagaimana tidak fenomenal, karena jarang loh speaker dipasaran yang terbuat dari batok kelapa. Speaker dari batok kelapa ini ternyata hasil dari kerajinan sendiri.

Untuk membuat speaker sendiri bagi para pemula mungkin cukup sulit. Sebenarnya bukan mungkin, karena setiap pemula yang ingin mencoba sesuatu yang baru pasti akan mengalami kesulitan diawalnya. Akan tetapi jika diasah terus menerus lama kelamaan juga akan terbiasa.

11. Celengan Dari Batok Kelapa Berbentuk Sipanse

kerajinan celengan

Menurut kalian apa pendapat tentang kerajinan yang satu ini? Mungkin terihat hanya sebuah batok kelapa yang dibentuk seperti sipanse atau monyet. Ternyata ini celengan dari batok kelapa yang dibuat seperti monyet atau sipanse.

Karena saat ini sudah banyak celengan yang terbuat dari plastik atau tanah liat. Jika bisa membuat celengan sendiri dari batok kelapa, tidak perlu membeli yang lain. Hasil dari kerajinan ini bisa menabung uang yang kita punya. Selain itu kerajinan ini juga bisa menjadi hiasan di kamar atau ruang rumah yang lainnya.

12. Kerajinan Hewan-hewan dari Batok Kelapa

kerajinan berbentuk hewan

Bentuk kerajinan dari batok kelapa di atas unik-unik ya. batok kelapa bisa dibuat apa saja yang kita inginkan asal kita mempunyai kemampun dan niat yang kuat untuk mewujudkannya.

Walaupun bentuk-bentuk hewan dari batok kelapa, ternyata ini sebuah lampu yang dihias dengan menggunakan kerajinan hewan dari batok kelapa. sangat unik dan sangat cocok untuk bisa menjadi hiasan di dalam kamar ketika mau belajar atau mau tidur.

Nah itulah beberapa kerajinan dari batok kelapa yang unik-unik dan luar biasa. Jika Anda mengingkan batok kelapa ini bisa membelinya atau kalo ingin mencoba sendiri untuk membuatnya silahkan, semoga berhasil.

2 Comments

  1. Fubuki Aida November 5, 2016
    • aqieb November 12, 2016

Leave a Reply