Keseleo – Penyebab Terjadinya, Gejala dan Pengobatannya

KeseleoKeseleo merupakan cendera yang terjadi pada ligament. Ligament ini adalah salah satu jaringan ikat yang menghubungkan antar tulang dan menyokong persendian. Nama lain dari keseleo bisa disebut atau dikenal dengan terpelintir dan sprain dalam bahasa Inggrisnya.

Keseleo biasanya sering terjadi pada bagian kaki atau dikenal dengan cedera ankle. Umumnya cedera ini paling sering terjadi pada cabang olahraga apapun yang dialami oleh para atlet.

Penyebab Terjadinya Keseleo

Keseleo biasanya terjadi karena disebabkan oleh peregangan yang berlebihan atau robeknya ligament karena stress berat yang secara tiba-tiba pada bagian sendi.

Keseleo jarang terjadi dikarenakan tidak terdapat aktivitas. Kebanyakan keseleo terjadi pada setiap aktivitas yang membutuhkan seluruh anggota badan untuk bergerak.

Salah satu aktivitas tersebut seperti olahraga, kuli panggul, dan lain sebagainya yang membutuhkan seluruh anggota badan atau sebagian saja untuk beraktivitas.

Penyebab terjadinya keseleo salah satu diantaranya seperti jatuh posisi yang tidak sewajarnya, melakukan sebuah teknik yang salah saat dalam berolahraga apapun, kurangnya peregangan atau pemanasan terlebih dahulu saat akan berkativitas, dan berbagai macam jenis penyebab lainnya.

Gejala Saat Terkena Keseleo

Ketika keseleo terjadi pada kaki atau anggota badan yang lain, jaringan ligamen akan mengalami pendarahan atau peradangan secara kasat mata hanya bisa terlihat dalam bentuk memar atau bengkak pada bagian area yang terkena keseleo.

Selain itu Anda akan merasakan nyeri yang diakibatkan dari keseleo tersebut saat menjadi bengkak atau memar dan mungkin Anda juga akan kesulitan untuk bergerak pada bagian area yang terkana cedera ini.

Contohnya pada bagian pergelangan kaki, pada bagian lutut, pergelangan tangan, dan anggota badan lainnya. Namun anggota badan yang sering terkena cedera keseleo ini umumnya terjadi pada kaki dan tangan.

Mau itu yang terkena sendi bagian lutut, pergelangan, atau jari semua bisa saja. Biasanya jika terkena keseleo ada yang berbunyi dan ada yang tidak.

Pengobatan Keseleo

Jika terkena keseleo tentu untuk segera di pijatkan agar bertujuan meredakan pembekakan dan peradangan. Selain itu juga untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian yang terkena cedera agar bisa kembali normal.

Terdapat beberapa langkah awal untuk menangani seseorang jika terkena keseleo:

1. Melindungi serta menjauhkan bagian yang cedera dari kemungkinan terulangnya cedera keseleo.

2. Setidaknya tidak melakukan aktivitas atau gerakan pada bagian area yang cedera selama 48 – 72 jam setelah mengalami cedera supaya bagian yang cedera dapat beristirahat dan mendapatkan perawatan dan pemulihan yang cukup.

3. Mengompres bagian yang cedera menggunakan es sesegera mungkin untuk mengurangi ketegangan pada otot atau peradangan, sakit, serta memar selama 10 – 30 menit lamanya dengan jeda 15 menit selama 2 jam.

4. Ketika kaki atau anggota badan yang lain terkena cedera keseleo bisa membalut dengan menggunakan perban elastis atau neoprene (karet sintetis) setidaknya selama 2 hari atau bisa kurang.

Hal itu bertujuan untuk membatasi memar atau pembengkakan dan membantu persendian untuk beristirahat. Namun untuk memperban kaki yang terkena cedera keseleo jangan terlalu erat atau kencang.

Karena bisa menyebabkan terhambatnya aliran darah ke kaki. Dan cacatan bagi seseorang yang terkena cedera keseleo, tidak semua orang yang terkena cedera ini untuk melakukan pembalutan pada bagian yang cedera karena bisa berbahaya. Membalut bagian yang cedera hanya cedera tertentu saja yang diharuskan untuk membalutnya.

5. Jika kaki yang terkena cedera keseleo, Anda pun bisa mengangkat kaki setinggi jantung dengan kurun waktu krang lebih selama 2 – 3 jam yang bertujuan untuk mengurangi pembekangkakan serta memar pada bagian yang cedera.

6. Minumlah obat penghilang rasa sakit dan anti peradangan seperti ibuprofen, atau jika terkena cedera terdapat lukanya atau goresan Anda juga bisa menggunakan Kinesio Tape.

Sekarang sudah banyak yang jual kinesio tape ini yang sangat bermanfaat dan membantu bagi orang yang terdapat luka di salah satu bagian tubuhnya termasuk cedera keseleo yang disertai juga dengan luka goresan ataupun yang lainnya.

Nah selain ibuprofen, ada yang lain juga yaitu naproxen, aspirin, dan acetaminophen yang diminum setelah makan.

7. Jika sudah periksa dan dokter menganjurkan untuk selalu melakukan olahraga peregangan setiap hari untuk memabntu dalam penyembuhan, maka lakukanlah. Dan sebaliknya, jika tdak di anjurkan maka jangan melakukannya.

Cedera keseleo terdapat berbagai macam jenisnya, ada yang ringan da nada yang berat. Tidak semua cedera ini bisa disembuhkan dengan langkah-langkah seperti yang dijelaskan di atas tadi.

Mungkin ada alternatif lain yang bisa membantu dan menyembuhkan cedera tersebut.

Bahkan ada yang tanpa perlu pengobatan lain, cedera keseleo bisa sembuh dengan sendirinya. Ada juga yang harus di pijat supaya bisa sembuh dan masih banyak cara lain yang bisa membantu untuk penyembuhan cedera ini.

Akan tetapi bagi Anda yang terkena cedera keseleo ini ternyata tidak kunjung sembuh dan malah bertambah parah, segeralah untuk ke dokter atau kepada ahlinya dalam mengatasi masalah ini.

Jangan sembarangan dalam mengobati yang bukan ahlinya. Bisa berbahaya bagi diri sendiri.

2 Comments

  1. Ndy Pada November 9, 2016
    • aqieb November 12, 2016

Leave a Reply