Perlunya Servis AC Rumah Anda Secara Rutin

Mungkin sudah menjadi umum kenapa men-servis AC itu harus rutin. Sebelum membahasnya lebih dalam, Anda perlu tahu bahwa jika kita tidak melakukan perawatan AC secara rutin bisa mnyebabkan menderita kerugian berlapis.

Kenapa kita harus merawat atau men-servis AC  secara rutin? Karena AC yang tidak dibersihkan atau sudah lama dibiarkan tidak pernah dicuci atau dibersihkan bisa menyebabkan penumpukan debu dan kotoran pada filter udara di AC.

Filter pada AC yang tertutup debu dan terlihat kotor bisa menghalangi aliran udara, dan secara signifikan juga bisa mengurangi keefektifitasan kerja AC.

service ac

berdayatehnik.blogspot.co.id

Selain itu filter AC yang kotor karena seringnya terkena debu juga bisa menyebabkan kotoran masuk ke evaporator dan juga bisa mengurangi kemampuan evaporator untuk menyerap panas.

Bagitu pun pada salah satu unit outdoor atau kondensor pada AC. Kotoran dan sejenis debu lainnya bisa lebih cepat menumpuk sehingga bisa membuat kondensor sulit untuk melepas panas.

AC yang tidak pernah di rawat atau dibersihkan secara rutin bisa menyebabkan kerugian yang diantaranya:

  1. Umur AC lebih pendek. Ketika AC Anda tidak pernah dirawat atau dibersihkan, AC Anda akan menanggung beban kerja yang lebih berat dan bahkan lebih lama, sehingga bisa mengakibatkan kerusakan-kerusakan yang terjadi pada AC Anda lebih cepat.
  2. Biaya listrik akan lebih mahal dari sebelumnya. Jika AC Anda jarang sekali di rawat dan Anda selalu menginginkan suhu yang dingin, maka AC akan bekerja lebih ekstra untuk mencapai suhu yang diinginkan. Dengan begitu AC yang tidak bersih membutuhkan setidaknya 5 sampai 15% pemakaian listrik yang cukup besar.
  3. Berkurangnya kuaitas dalam kenyamanan. Mungkin sudah pernah dengar kalau ada AC yang sangat berisik, itu menandakan jika AC tidak pernah dirawat dengan baik. Sebab AC yang tidak pernah di rawat dan dibersihkan atau di service bisa menyebabkan AC tidak dingin, keluar air pada dari unit outdoor atau kondensor, serta berisik yang mungkin Anda sekalian pernah mendengarnya punya sendiri maupun punya tetangga.
  4. Bisa mengancam terhadao kesehatan. Selain itu AC yang kotor dan berdebu bisa menghasilkan dampak yang kurang baik. Dampak dari AC yang kotor dan kurang terawat, yang paling mengkhawatirkan adalah dari tumpukan debu dan kotoran tersebut bisa menjadi tempat yang sangat subur bagi jamur dan bakteri untuk berkembang biak. Hal tersebut bisa mengakibatkan kualitas udara yang dihasilkan dari AC menjadi tidak baik bagi kesehatan pengguna AC.

Nah, oleh sebab itu jangan sampai kita merugi gara-gara AC males untuk dirawat dan dibersihkan dari kotoran dan debu. Segeralah untuk melakukan perawatan dan kebersihan AC Anda yang belum rutin melakukannya.

Rekomendasi bagi Anda yang memiliki AC di rumah untuk melakukan perawatan atau men-servis AC Anda secara rutin setiap 2 sampai 3 bulan sekali.

servis ac

www.tirtaelektronik.com

Setiap daerah atau kota-kota di seluruh Indonesia pasti ada tukang atau jasa service ac. Terutama di Pulau Jawa.

Dikota-kota besar di Pulau Jawa sekarang sudah banyak sekali yang menawarkan Jasa Servis AC. Seperti Jasa Servis AC Jakarta, Jasa Servis AC Bandung, Jasa Seris AC Semarang, Jasa Service AC Jogja, Jasa Servis AC Surabaya, dan jasa servis AC yang lebih detail daerahnya masing-masing.

Namun Anda juga harus memperhatikan jasa yang memang benar-benar terpercaya, berkualitas dan sangat berpengalaman dalam men-servis atau membersihkan AC. Percuma jika memanggil jasa tukang servis tapi hasilnya gak ada perbedaan.

Semoga kita semua menjadi orang yang suka dalam kebersihan dan rajin dalam merawat barang apapun yang kita punya di rumah kita ataupun di tempat-tempat lain.

2 Comments

  1. TuanMeong Pecinta Kucing November 11, 2016
    • aqieb November 12, 2016

Leave a Reply