25 Tanaman Hias Aquarium yang Cantik, Indah dan Menawan

Tanaman Hias AquariumTanaman hias aquarium saat ini sudah banyak sekali jenisnya. Bahkan tanaman hias untuk aquarium ini bisa hidup subur di dalamnya. Fungsi dari tanaman  ini untuk menghiasi dan mempercantik aquarium.

Tanaman ini juga sangat aman untuk dipakai. Selain aman, juga sangat bagus untuk tempat tinggal atau tempat sembunyi bagi ikan-ikan yang kita pelihara di aquarium. Selain itu juga sebagai penyeimbang lingkungan di dalam aquarium supaya ikan tidak stress.

Jenis-jenis tanaman hias air tawar sudah kita ketahui banyak sekali macamnya, tapi hanya beberapa jenis tertentu yang bisa digunakan untuk mempercantik dan menghiasi aquarium Anda.

Nah berikut ini terdapat beberapa tanaman hias aquarium yang sudah dipilih dengan baik:

1. Amazon Sword

tanaman hias aquarium

www.homesweetplants.com

Amazon sword ini merupakan tanaman yang banyak ditemui di daerah Amerika Selatan, khususnya pada perairan sungai Amazon. Nama “Amazon Sword” ini di ambil dari bentuk daunnya yang panjang, lebar dan tajam, sehingga disebut tanaman pedang.

Tanaman ini mempunyai kemampuan adaptasi yang tinggi dan mudah sekali untuk dipelihara. Meskipun begitu tanaman ini tetap membutuhkan perawatan yang cukup baik terutama dalam memenuhi kebutuhan unsur hara dan cahaya yang spesifik.

2. Pogostemon Helferi

tanaman hias aquarium

Tanaman “Pagostemon Helferi” ini pertama kali ditemukan oleh seorang penggemar aquaria di negara Thailand, dekat dengan perbatasan Burma. Ukuran tinggi dan lebar dari tanaman ini sekitar 5-10 cm. Di Thailand tanaman ini dikenal dengan sebutan “Downoi” atau bintang kecil.

Terlihat sangat jelas dari daun tanaman ini yang kerting membuat tanaman ini berbeda dan unik dari tanaman lainnya. Tanaman ini juga merupakan tipe tanaman pendek dan memiliki warna hijau yang sangat mencolok.

Dengan pencahayaan dan subtrat bernutrisi yang bagus, tanaman ini akan menghasilkan banyak anakan serta cepat dalam membentuk karpet, sangat cocok untuk foreground.

3. Vallisneria

tanaman hias aquarium

www.bibtbunga.com

Vallisneria memiliki nama umum yaitu eel grass (rumput belut), American wild celery (seledri liar), dan tape grass (pita rumput). Tanaman ini yang digunakan untuk menghias dan memperindah adalah variates “biwaensis”, “mini twister”, dan “natans”.

Variates biwaensis ini mempunyai lebar daun sekitar 3-5 mm dan bentuk daunnya seperti tali panjang yang berpilin bisa mencapai 50 cm. Variates vallisneria ini digunakan sebagai background untuk latar aquarium.

Untuk variates vallisneria mini twister ini sering digunakan untuk latar depan di aquarium. Ukuran daunnya pendek sekitar 10-15 cm membuatnya sangat berguna untuk latar depan ataupun tanaman middleground.

Sedangkan variates vallisneria natans, ini merupakan tanaman asli yang berasal dari Australia dan juga spesies yang sangat cocok untuk di letakkan di dalam aquarium. Lebar daunnya sekitar 10 mm berbentuk tali, dan panjangnya mencapai 50-100 cm.

4. Telanthera Lilacina

tanaman hias aquarium

www.panoramio.com

Telanthera Lilacina ini merupakan salah satu jenis tanaman air yang bercabang. Biasanya tanaman ini dikenal juga dengan sebutan red telanthera. Warna merah dari daun tanaman ini yang menjadi sebutan baginya. Dan terkadang warna daunnya sampai menjadi keunguan.

Bentuk daun tanaman ini lonjong dan ujung daunnya runcing. Telanthera lilacina ini bisa tumbuh hingga mencapai 30 cm. warna daun yang dimilikinya membuat aquarium menjadi lebih berwarna dan tanaman ini mudah untuk tumbuh.

5. Anubias Nana

tanaman hias aquarium

www.plantsrescue.com

Tanaman yang satu ini meskipun tubuhnya kecil akan tetapi bisa tumbuh subur di segala kondisi. Tanaman ini berasal dari Kamerun dan bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 5-10 cm. dengan menggunakan rimpang bisa mencapai 10-15 cm dan dapat bertahan selama beberapa tahun.

Untuk hasil tanaman yang terbaik capailah dengan menanam pada pohon akar atau batu. Memancing garis bisa digunakan untuk melampirkan tanaman hingga tanaman tersebut mencapi pegangan.

6. Java Fern

tanaman hias aquarium

i.ytimg.com

Java Fern ini merupakan salah satu tanaman aquarium yang paling terkenal sebagai tanaman hias aquarium karena memiliki daya tarik estetika dan mudahnya dalam perawatannya. Bahkan hampir setiap aquarium menggunakan tanaman ini.

Fungsi dari tanaman ini sebagai tempat untuk persembunyian ikan dan juga untuk sebagai dekorasi background aquarium. Selain itu suhu air untuk tanaman ini sekitar 20° C – 28° C.

7. African Water Fern (Bolbitis)

tanaman hias aquarium

www.tropica.com

African water fern ini merupakan tanaman serbaguna yang bagus dan indah untuk background maupun foreground. Seringnya tanaman ini dimanfaatkan untuk background karena perawatannya cukup minim atau mudah.

Nama latin African Water Fern ini adalah Bolbitis heudelotii yang diambil dari penjelajah botani Afrika Barat yaitu Jean Pierre Heudelot pada tahun 1802-1837. Tanaman hias ini biasanya tumbuh melekat di bebatuan dan mewakili warna hijau tua.

8. Tiger Lotus

tanaman hias aquarium

www.myaquariumclub.com

Tanaman hias aquarium yang satu ini mempunyai bentuk daun lebar. Untuk perawatan tanaman ini terbilang mudah tidak ribet. Rata-rata kondisi lingkungan membantu tanaman hias ini berkembang dengan baik. Apalagi di dalam aquarium yang airnya selalu bersih.

Tiger lotus ini terdapat dua jenis warna, yaitu warna hijau dan warna merah. Jika di dalam aquarium kita menggunakan soil dan pencahayaan yang cukup, tanaman ini dalam pertumbuhannya sangat cepat.

9. Hygrophila Difformis (Water Wisteria)

tanaman hias aquarium

www.plantedtank.net

Hygrophila difformis ini merupakan tanaman yang biasanya dikenal sebagai tanaman wisteria air. Tanaman hias aquarium ini termasuk ke dalam family acanthus. Habitat hygrophila difformis ini ditemukan daerah yang berawa di anak benua India di Bangladesh, India, Bhutan dan Nepal.

Ketinggian tanaman ini bisa mencapai hingga 20 sampai 50 cm. Selain itu lebar tanaman ini bisa mencapai hingga 15 sampai 25 cm. Rata-rata suhu untuk tanaman ini sekitar 23° C – 28° C. untuk pencahayaan cukup sedang saja tidak terlalu terkena sinar matahari.

10. Lilaeopsis

tanaman hias aquarium

www.plantedtank.net

Lilaeopsis ini merupakan salah satu tanaman hias aquarium yang bentuknya mirip seperti rumput. Selain itu tanaman ini juga bisa tumbuh hingga mencapai 4-7 cm. Pertumbuhan dan penyebaran tanaman ini cukup cepat.

Tanaman lilaeopsis ini aslinya berasal dari Amerika Serikat. Nama umumnya lilaeopsis brasiliensis atau micro sword. Lilaeopsis ini juga bisa ditanaman di kolam taman, selain itu juga toleran terhadap konsentrasi garam rendah atau air payau.

11. Java Moss

tanaman hias aquarium

www.photobucket.com

Java Moss ini tanaman yang cukup populer, karena tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk tempat bayi ikan atau berudu yang bertujuan untuk melindungi mereka dari pemangsanya. Tanaman ini ternyata juga menyediakan makanan bagi para bayi ikan.

Java Moss ini merupakan tanaman yang tergolong ke dalam keluarga Hypnaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman ini biasanya menempel pada akar, batu dan kayu yang mengapung. Untuk perawatan tanaman ini tidak memerlukan perhatian yang khusus.

12. Cabomba

tanaman hias aquarium

Tanaman Cabomba ini terdapat 2 jenis yang mempunyai warna bentuk bunga dan daun yang berbeda-beda. Jenis yang pertama ini mempunyai bunga berwarna kuning dan daunnya berwarna hijau muda. Batangnya beruas-ruas dan setiap ruas akan tumbuh daun hijau berbentuk jarum.

Jenis yang kedua ini bunganya memiliki warna ungu dan daunnya hijau berlapis ungu. Tanaman ini adalah salah satu tanaman hias aquarium yang sangat cepat dalam pertumbuhannya. Sehingga dalam waktu singkat akan terlihat berdesak-desakan.

13. Egeria Densa

tanaman hias aquarium

www.aquaticmag.com

Egeria Densa salah satu tanaman hias aquarium yang cukup tahan lama. Tanaman ini pertama kali ditemukan di Amerika Selatan, tepatnya di Brail dan Ancharis. Nama umum dari tanaman ini adalah elodea. Tanaman ini sudah tersedia keseluruh dunia sejak tahun 1915.

Egeria Densa ini seringnya dimanfaatkan sebagai tanaman uang bisa mengoksidasi air dan menyerap nutrisi yang berlebihan dari pada sebagai tanaman hias di dalam aquarium. Tanaman ini memiliki daya adaptasi yang sangat baik bisa hidup di cahaya rendah maupun tinggi.

14. Echinodorus Vesuvius

tanaman hias aquarium

www.agripetgarden.it

Echinodorus Vesuvius ini merupakan tanaman yang cantik dan mudah untuk dimanfaatkan sebagai tanaman background dan middleground di dalam aquarium. Namun tanaman ini cenderung lebih lambat dalam pertumbuhannya tergantung dengan kondisi lingkungan.

Tanaman ini lebih tepatnya bernama Echinodorus Angustifolia ‘vesuvius’ yang berasal dari Brazil. Tanaman ini biasanya dikenal dengan unique sword, karena bentuk daun tanaman hias ini sangat unik, tegak ke atas, dan bergelombang.

15. Glossostigma Elatinoides

tanaman hias aquarium

www.aquadunia.com

Tanaman hias Glossostigma Elatinoides ini salah satu tanaman aquascape yang familiar dengan sebutan glosso. Tanaman ini merupakan tanaman asli yang berasal dari Selandia Baru. Tinggi tanaman ini sekitar 2-3 cm dengan lebar sekitar 3-5 cm.

Sebenarnya batang tanaman ini kecil, sehingga untuk menanam tanaman ini membutuhkan kesabaran. Tanaman ini juga membutuhkan cahaya yang cukup tinggi dengan suhu optimal sekitar 15-28° C dan dengan pH air sekitar 5,5-7,5.

16. Pogostemon Stellata

tanaman hias aquarium

www.aquatickart.in

Pogostemon Stellata memiliki nama latin Eutralis stellata. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang cukup sulit serta membutuhkan pengalaman dalam aquascaping yang cukup tinggi untuk merawat tanaman ini.

Tanaman ini juga membutuhkan ketersediaan cahaya level tinggi, termasuk juga CO2 untuk bisa tumbuh dengan baik. Pogostemon stellata ini berasal dari Asia yang termasuk ke dalam family lamiaceae.

Daun tanaman ini terlihat pucat jika nutrisi mikro yang dibutuhkan di air tidak mencukupi. Jika hal tersebut terjadi, yang perlu Anda ketahui bahwa aquarium atau aquascape Anda membutuhkan tambahan pupuk lagi.

17. Tanaman Hias Aquarium Riccia Fluitans Dwarf

tanaman hias aquarium

www.aquascapingworld.com

Tanaman yang satu ini sering sekali dimanfaatkan untuk aquascaping karena tanaman ini mempunyai sifat yang fleksibel. Tanaman ini juga dikenal dengan sebutan Crystalwort yang merupakan tanaman tipe floating atau tanaman penyeimbang.

Riccia fluitans ini merupakan tanaman serbaguna yang bisa dimanfaatkan di dalam aquarium. Meskipun tanaman ini merupakan tipe tanaman mengambang, tapi bisa tumbuh subur dalam kondisi tenggelam di dalam air atau aquarium.

18. Tanaman Hias Aquarium Mini Fissidens Fontanus

tanaman hias aquarium

www.aquascapers.com

Fissidens Fontanus merupakan tanaman hias aquarium yang cukup mudah dan bebas dalam perawatannya. Namun untuk pertumbuhannya, tanaman ini sangatlah lambat. Tanaman ini berasal dari Amerika Serikat.

Pada pertengahan tahun 2000, pertama kali tanaman ini ditemukan di Amerika Utara. Tanaman ini merupakan salah satu moss untuk aquascape atau aquarium sebagai pengganti java moss, cristmass moss, dan willow moss.

Fissiden fontanus ini merupakan tanaman yang dapat tumbuh dalam kondisi apapun. Selain itu tanaman ini cukup memerlukan cahaya sedikit, tidak terlalu banyak CO2 atau pun nutrisi dan apabila semua itu tersedia, maka tanaman ini lebih cepat tumbuh dari biasanya.

19. Tanaman Hias Aquarium Monte Carlo

tanaman hias aquarium

www.keindahanalambuatan.com

Monte Carlo (Micranthemum sp. Monte carlo) merupakan salah satu tanaman aquascape yang tumbuhnya cepat, tanaman karpet dengan kebutuhan cahaya sedang sampai rendah, serta cocok untuk ditempatkan di suhu 18-27 derajat Celsius dengan tingkat keasamaan pH 5,5-8.

Bentuk daun yang sangat eksotis, membuat tanaman ini banyak yang menggandrungi. Monte carlo ini termasuk tanaman yang tergolong tanaman karpet yang mudah. Nuansa tanaman hijau seperti ini untuk dasar aquarium sangat cocok bagi Anda yang suka dengan kehijauan.

2o. Tanaman Hias Aquarium Hemianthus Cuba

tanaman hias aquarium

www.aquascaping-blog.com

Hemianthus Cuba (Hemianthus Callitrichoides) adalah salah satu tanaman hias aquarium terkecil di dunia. Karena ukuran daun tanaman ini sangat kecil hanya beberapa millimeter saja.tanaman ini juga mempunyai sifat merambat mengarpet, tumbuh bergerombolan, dan terlihat mirip lumut.

Hemianthus Cuba ini juga terlihat sangat cantik dan pas sekali dimanfaatkan untuk hiasan bagian depan aquarium atau aquascape Anda. Tanaman ini berasal dari Amerika Utara. Sedangkan pertumbuhannya bersifat moderat atau sedang.

21. Tanaman Hias Aquarium Elatine

tanaman hias aquarium

www.capricornaquarium.com

Elatine (Elatine Triandra) merupakan salah satu tanaman hias aquarium dengan stuktur stem, akan tetapi tanaman ini sudah lama dimanfaatkan untuk tanaman foreground padahal tanaman ini tidak merambat atau menjalar.

Elatine in juga merupakan tanaman yang sangat suka sekali terhadap nitrat. Tanaman ini juga memerlukan cahaya yang cukup untuk perkembangannya agar lebih baik. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan. Pertumbuhan dari tanaman ini terbilang sepat juga.

22. Tanaman Hias Aquarium Ludwigia Inclinata

tanaman hias aquarium

www.liverpoolcreekaquariums.com

Ludwigia Inclinata mempunyai nama lain yaitu Tilted Red Ludwigia. Tanaman ini berasal dari benua Amerika yaitu Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Amerika Utara. Selain itu tanaman ini bertipe tanaman stem.

Daun dan seluruh batang dari tanaman ini ada yang berwarna merah dan hijau. Batangnya juga menjalar dan biasanya percabangan dari tanaman ini cukup banyak. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang disukai oleh para pecinta ikan hias aquarium.

Untuk pemeliharaan dan perawatan tanaman ini cukup mudah.untuk pencahayaan tanaman ini cukup tinggi dengan terkena sinar matahari secara langsung, atau juga bisa dengan memberikan lampu pada bagian atas tanaman ini.

23. Tanaman Hias Aquairum Eleocharis Acicularis

tanaman hias aquarium

www.tropica.com

Eleocharis Acicularis (eleocharis sp.) merupakan tanaman yang pertumbuhannya pendek-pendek daripada jenis hairgrass atau hairgrass japan lainnya.

Dengan pencahayaan dari sedang sampai tinggi pada tanaman ini, akan memberikan dan menghasilkan performa terbaik. Selain itu tanaman ini juga sangat sempurna tampilannya di dalam aquarium dengan ukuran daunnya yang tidak besar dan mudah perawatannya.

24. Tanaman Hias Aquarium Alternanthera Reineckii Rosaefolia

tanaman hias aquarium

www.youtube.com

Alternanthera Reineckii Roseafolia merupakan versi mini dari tanaman Alternenthera. Tanaman ini mudah sekali dikenali dengan tipe pertumbuhan kerdil. Selain itu tanaman ini dalam pertumbuhannya lebih lambat dibandingkan dengan Alternanthera lainnya.

Ukuran tinggi tanaman ini sekitar 5-10 cm. Dan untuk kebutuhan pencahayaannya, dari sedang sampai tinggi, termasuk juga CO2nya. Selain itu jika Anda memberikan nutrisi kepada tanaman ini, maka tanaman ini akan terlihat menawan dan lebih baik pertumbuhannya.

25. Tanaman Hias Aquarium Sagittaria Sabulata

tanaman hias aquarium

www.youtube.com

Sagittaria Sabulata merupakan tanaman herba perennial dengan ketinggian bisa mencapai 40 cm. namun pada akhirnya tanaman ini dijadikan sebagai tanaman aquascape karena tanaman ini mampu hidup di bawah permukaan air.

Bentuk daunnya panjang berwarna hijau dan sangat cocok sekali sebagai tanaman foreground pada aquascape. Selain itu tanaman ini tumbuh dengan cepat dan menjalar, apalagi dengan pencahayaan yang tinggi dapat membuat tanaman ini menjadi primadona karpet.

Nah itulah penjelasan beserta contoh gambar tanaman hias aquarium atau tanaman hias aquascape yang bisa Anda ketahui. Jangan lupa untuk share ke teman-teman Anda ya.

One Response

  1. Pecinta Ikan Hias Januari 3, 2017

Leave a Reply