22 Tanaman Hias untuk Pembersih Ruangan dan Hiasan di Dalam Rumah

Tanaman Hias – Sering kita liat di sebuah taman atau halaman rumah yang memiliki warna yang beragam. Akan tetapi ada juga lo tanaman hias yang dapat ditanam di dalam ruangan rumah atau perkantoran. Selain menjadi hiasan, ternyata ada juga yang bisa menyerap polutan atau polusi.

Jadi sangat disarankan bagi Anda yang suka dengan tanaman hias, apalagi untuk di dalam ruangan. Dan beberapa tanaman di bawah ini bisa hidup dengan sistem hidroponik.

Di bawah ini terdapat 22 tanaman hias yang dapat ditanam di dalam ruangan yang bisa anda ketahui.

1. Lidah Mertua atau Snake Plan

koleksi-tanamanhias.blogspot.com

koleksi-tanamanhias.blogspot.com

Di Indonesia tanaman hias ini dinamakan dengan lidah mertua yang bentuk tanamannya seperti lidah dan ujungnya runcing seperti kata mertua, hehehe…. Sementara di luar negeri tanaman ini dinamai atau dijuluki dengan snake palnt karena bentuk tanamannya menurut mereka seperti ular.

Tanaman hias ini bisa ditanam dengan cara berjejer atau di dalam pot atau bisa seperti tanaman hias gantung yang perlu Anda ketahui. Tanaman ini termasuk tanaman yang bisa membaut udara terasa lebih sejuk karena tanaman hias ini memiliki kemampuan untuk bisa menyerap berbagai jenis polutan.

2. Lidah Buaya atau Aleo Vera

www.seekmi.com

www.seekmi.com

Lidah buaya termasuk tanaman yang sangat dikenal dikalangan masyarakat, apalagi bagi pecinta tanaman hias. Tanaman ini memiliki banyak sekali khasiat atau manfaat yang bisa kita dapatkan dari tanaman ini. Karena tanaman ini bisa digunakan sebagai bahan kosmetik atau bahkan bisa jadi makanan.

Baca juga: Tanaman Hias Gantung yang Sangat Cocok untuk Halaman Rumahmu

Selain itu, tanaman hias ini sangat bagus juga untuk hiasan di dalam rumah. Tentu bukan tanaman yang sudah besar yang bisa untuk hiasan di dalam rumah. Akan tetapi yang masih kecil atau sedang seukuran pot kecil.

3. Dracaena Marginata atau Dragon Tree

inspirasimuda.com

inspirasimuda.com

Tanaman hias yang biasa disebut rainbow ini merupakan tanaman hias yang tidak terlalu suka dengan sinar matahri langsung. Tanaman hias ini juga tidak terlalu kebanyakan air di potnya. Jadi diusahakan tidak ada genangan air di pot tanaman hias ini.

Selain itu ketika tanaman ini memunculkan sebuah titik-titik coklat pada daunnya, berarti tanaman hias ini menandakan bahwa tanaman ini terlalu banyak terkena sinar matahari. Tanaman hias ini perawatannya terbilang mudah.

4. Sirih Gading

inspirasimuda.com

inspirasimuda.com

Tanaman hias yang satu ini adalah tanaman yang bisa hidup dengan media seadanya. Tanaman ini bisa menjadi tanaman hias dalam ruangan (indoor) maupun luar ruangan (outdoor). Akan lebih seger ketika menjadi taaman hias di dalam ruangan.

Tanaman sirih gading juga bisa menyerap zat-zat racun seperti xylene, benzene, formaldehid, karbon monoksida dan toluene serta mengeluarkan oksigen. Banyak pecinta tanaman yang menanam di dalam ruangannya untuk bisa menghirup udara segar.

5. Bambu Sri Rejeki Belang

sewatanaman.ijoasri.com

sewatanaman.ijoasri.com

Walaupun namanya terdapat bambu, akan tetapi tanaman hias ini tidak tampak seperti bambu pada umumnya. Tanaman hias ini berwarna hijau dan dihiasi degan list warna putih pada tanamannya.

Tanaman hias ini termasuk tanaman yang sangat cocok untuk dijadikan hiasan dalam ruangan, bahkan bisa juga untuk menambah kesegaran udara di dalam ruangan. Batang daun tanaman ini sebenarnya ada, akan tetapi tidak terlihat dan ukurannya pun pendek.

6. Spider Plant

Tanaman Hias Spider Plant

tanamanhiasan.com

Tanaman yang tumbuh dengan bentuk unik dan memiliki tinggi hingga 60 cm ini merupakan tanaman yang sangat cocok dan bagus untuk anda yang suka dengan tanaman hias. Selain itu tanaman hias ini juga bisa menyerap udara kotor atau pembersih udara di dalam ruangan.

7. Palem

Palm Putri - www.gardenmatrial.com

www.gardenmatrial.com

Ketika mendengar tanaman palem, tentu yang terbayang sebuah pohon palem besar yang banyak hidup di daerah-daerah. Akan tetapi palem yang menjadi tanaman hias berbeda jenisnya. Walaupun bentuk dari tanaman hias palem memang mirip dengan palem pohon besar.

Tanaman hias palem ini bukan hanya satu jenis saja, melainkan terdapat berbagai jenis tenaman hias ini. Jika tidak salah terdapat 7 jenis palem hias yang bisa menjadi tanaman hias dalam ruangan.

8. Sri Rejeki atau Aglaonema

www.satujam.com

www.satujam.com

Sri rejeki atau memiliki nama lain aglaonema adalah tanaman hias yang memiliki beragam warna pada daunnya. Karena warna daun tanaman ini yang terlihat memukau, tanaman ini cocok dijadikan tanaman hias untuk rumah anda. Bahkan sangat cocok juga untuk di dalam rumah dengan ukuran tanaman standar.

Tanaman ini merupakan tanaman yang bisa menyesuiakan lingkungan baru dengan baik. Oleh karena itu perawatan untuk tananaman ini cenderung lebih mudah. Walaupun di dalam rumah atau di dalam ruangan dengan sedikit pencahayaan, tanaman ini masih tetap bisa bertahan hidup.

9. Anthurium

id.anawalls.com

id.anawalls.com

Anthurium adalah tanaman yang termasuk dari keluarga Araceae. Tanaman hias anthurium ini masih memiliki kerabat dengan tanaman hias yang cukup terkenal seperti philodendron, aglaonema, alokasia, dan keladi hias.

Anthurium adalah tanaman yang memiliki jenis terbanyak yang diperkirakan terdapat hampir 1000 jenis anggota marga anthurium. Untuk anda yang ingin menanamnya di dalam rumah pilihlah tanaman yang sesuai ukuran ruangan yang ketika dilihat terlihat nyaman.

10. Gerber Daisy atau Herbras

inspirasimuda.com

inspirasimuda.com

Gerber Daisy atau Herbras merupakan tanaman hias yang bisa hidup bertahun-tahun yang memiliki daun berbentuk memanjang dan memiliki warna hijau pada pada daun dengan pinggiran daun bergerigi besar.

Tanaman ini termasuk dalam keluarga Asteraceae. Tanaman yang tersebar mulai dari Afrika, Amerika Selatan, Madagaskar sampai daerah tropis di Asia memiliki 40 jenis spesies Herbras yang terdapat di alam bebas.

11. Peace Lily atau Spathiphyllum

www.lifezen.in

www.lifezen.in

Berbunga warna putih, memiliki bau yang harum dan memiliki tangkai bunga yang unik dengan warna putih kekuningan di tengahnya adalah ciri-ciri tanaman hias Peace Lily atau bisa dijuluki lili perdamaian.

Tanaman hias ini tidak terlalu banyak membutuhkan sinar matahari yang berlebih karena tanaman ini termasuk tanaman yang bisa untuk membersihkan udara di dalam ruangan.  Jadi sangat cocok untuk ditanam di ruangan sekaligus sebagai hiasan.

12. Krisan

majalahasri.com

majalahasri.com

Jika melihat tanaman hias ini pasti anda pernah melihatnya. Ya, tanaman ini merupakan tanaman yang biasa sebagai bahan yang sering digunakan untuk dijadikan bunga papan pada saat ucapan atau peresmian sebuah gedung perkantoran, restaurant atau hotel.

Selain itu tanaman ini juga bisa untuk sebagai hiasan dalam ruangan. Bunga krisan ini sering sekali orang yang membutuhkannya untuk keperluan seperti di atas. Maka dari itu budidayakan tanaman ini sebaik mungkin.

13. Heart-Leaf Philodendron

www.daviddomoney.com

www.daviddomoney.com

Salah satu jenis tanaman Philodendron adalah tanaman hias Heart leaf. Tanaman ini memiliki banyak jenis yang terdapat dalam satu spesies. Philodendron adalah nama yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu philo yang artinya “cinta”dan Dendron “pohon”.

Karena warna daun dan keindahan bentuk tanaman ini banyak orang yang menyukainya. Bahkan dijadikan tanaman hias dalam ruangan. Walaupun biasanya tanaman ini hidup di daerah lembap, rawa-rawa, tepian sungai dan sebaginya. Tanaman ini banyak juga ditemukan di daerah hutan tropis di Indonesia.

14. Lavender

nl.aliexpress.com

nl.aliexpress.com

Lavender adalah tanaman asli yang berasal dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India. Tanaman ini merupakan tanaman hias pewangi ruangan yang dapat mengusir nyamuk secara alami.

Daerah yang kering dan panas merupakan daerah yang disukai oleh tanaman ini. Selain itu tanaman ini juga bagus untuk hiasan di dalam rumah dan sekaligus sebagai pengusir nyamuk di dalam rumah anda.

15. English Ivy (Hedera Helix)

tatakebun.blogspot.com

tatakebun.blogspot.com

Merambat, agresif, vigor, tumbuh dengan cepat, bisa tumbuh dimana saja merupakan ciri pada tanaman English Ivy. Tanaman ini cocok di dalam rumah dekat jendela sebagai hiasan. Selain itu tanaman ini juga bisa menyerap udara kotor.

16. Beringin

www.jarangbeli.com

www.jarangbeli.com

Beringin menurut kalian adalah pohon besar yang sering dianggap angker oleh sebagian orang. Akan tetapi beringin yang satu ini berbeda jenis atau berbeda spesies dengan beringin yang umumnya.

Beringin ini merupakan beringin yang bisa dijadikan sebagai tanaman hias yang bahan juga bisa sebagai tanaman hias dalam ruangan. Selain itu tanaman ini juga sering dijadikan sebagai objek bonsai.

17. Pakis Boston

bibitonline.com

bibitonline.com

Tanaman yang sangat umum ini banyak dijumpai di Negara kita Indonesia. Pakis Boston atau lebih lengkapnya pakis pedang boston merupakan tanaman hias pakis-pakisan yang bisa ditanam dengan digantung seperti di dalam rumah.

Daun yang rimbun atau lebat adalah ciri khasnya, namun tanaman hias ini tidak berbunga. Tanaman ini juga efektif menghilangkan bahan kimia dan pelembab. Biasanya tanaman ini tumbuh baik di keranjang yang digantung.

18. Golden Pothos atau Scindapsus Aures

www.pekebundodol.com

www.pekebundodol.com

Golden photos memiliki kemampuan hidup yang sangat fantastis walaupun tanaman ini bukan penyaring zat formalin yang baik. Tanaman ini sangat bagus untuk ditempatkan ruangan seperti garasi mobil dan motor.

19. Kaktus Bunga

pernikdunia.com

pernikdunia.com

Kalian pastinya kenal dengan tanaman yang memiliki duri disetiap batangnya yang tidak memiliki daun. Tanaman yang dikmaksud adalah kaktus. Walaupun tanaman hanya berbentuk seperti itu saja, akan tetapi memiliki daya tarik tersendiri.

Banyak yang meminati tanaman ini karena perawatannya cukup mudah. Dan jangan heran jika tanaman kaktus ini juga berbunga. Ukuran yang kecil bagus untuk hiasan indoor maupun outdoor. Jenis tanaman ini pun beragam macamnya.

20. Rhododendron

kamilahtamangroup.blogspot.com

kamilahtamangroup.blogspot.com

Jika anda tau bahwa tanaman Rhododendron ini merupakan tanaman asli Indonesia. Tanaman ini adalah tanaman semak yang mampu menyerap polutan formaldehida dari sumber seperti plywood atau insulasi busa.

21. Dendrobium atau Anggrek

Anggrek Bulan Bunga Putih - www.gardenmatrial.com

www.gardenmatrial.com

Dendrobium adalah salah satu genus anggrek terbesar di dunia. Anggrek ini merupakan tanaman jenis epifit yang bisa di gunakan sebagai hiasan taman maupun di dalam ruangan. Jangan khawatir soal perawatan, karena tanaman ini terbilang mudah soal perawatannya.

22. Dracaena Deremensis

www.houseplantsdesign.com

www.houseplantsdesign.com

Dracaena Deremensis adalah tanaman yang memiliki pertumbuhan lambat, dapat tumbuh mencapai ukuran 4 kaki. Keseluruhan daunnya memiliki warna hijau dengan garis-garis vertical pada Variates Janet Craig. Baunsei terdapat dua garis putih lebar di bagian tengah.

Baca juga: 15 Tanaman Hias Beracun dan Berbahaya yang Perlu Anda Ketahui

Mempunyai garis-garis putih dibagian tepi berwarna hijau, kuning, dan putih. Dibagian tepi daun dikelilingi pita putih. Variates Compacta memiliki bentuk padat sehingga cocok untuk hiasan di ruangan yang berukuran cukup kecil.

Itulah beberapa tanaman hias yang dapat hidup di dalam rumah atau dalam ruang. Karena tanaman-tanaman tersebut telah teruji kelangsungan hidup di dalam ruang dan sebagian besar dapat menyerap polutan-polutan yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

4 Comments

  1. Cuculutus Juni 3, 2016
  2. Ajen Angelina September 26, 2016
    • aqieb September 26, 2016
  3. iswinar70 Maret 16, 2017

Leave a Reply