6 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat

  1. Minum yang banyak ketika pagi hari, dan sedikitlah minum ketika sore hari.

Kenapa kita harus minum air yang banyak ketika pagi hari? Karena setelah semalam kita tidur, dalam tidur tersebut tubuh kita sedang dalam proses pemulihan dan istirahat setelah seharian aktivitas. Dalam proses pemulihan dan istirahat itulah tubuh kita kelihangan banyak cairan. Oleh karena itu setelah bangun tidur kita dianjurkan untuk minum yang banyak. Agar cairan dalam tubuh kita terpenuhi. Karena banyak manfaat minum air putih saat setelah bangun tidur.

  1. Jangan makan-makan yang berat ketika akan pergi tidur.

Makanan merupakan kebutuhan pokok setiap manusia untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari. Kenapa kita tidak dianjurkan untuk makan-makanan yang berat atau cemilan sebelum tidur? Karena jika terlalu sering makan atau ngemil sebelum tidur akan berdampak pada bertambahnya berat badan secara drastis.

Hal itu terjadi karena makanan yang kita konsumsi mengandung kalori yg dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas. Jika tidak ada aktivitas, maka kalori tersebut akan menumpuk dan menjadi lemak yang akan mempengaruhi bertambahnya berat badan. Bahaya makan malam sebelum tidur tidak akan terasa dalam jangka yang pendek, melainkan akan terasa dalam jangka panjang.

  1. Ketika minum obat, minumlah dengan air biasa atau lebih baik minum dengan air hangat.

Kenapa kita tidak boleh minum obat selain dengan air biasa atau air putih yang hangat? Karena jika kita minum obat bersamaan dengan makanan dan minuman yang lain, akan mengakibatkan adanya perubahan efek pada obat untuk tubuh. Alasan mengapa minum obat dengan air putih disarankan, karena selain air putih seperti teh, susu, kopi, soft drink, jus, dan alkohol akan memperlambat proses kecepatan Absorpsi  di usus.

  1. Biasakan menelepon dengan Handphone di telinga sebelah kiri.

Sebagian besar orang ketika mengangkat telepon atau menelepon biasanya menggunakan telinga kanan untuk mendengarkan. Kenapa kita tidak boleh menggunakan telinga kanan? Karena telinga kanan berhubungan langsung dengan otak kiri kita yang berkaitan dengan logika.

Intinya kita dipaksa untuk berpikir saat kita sedang bertelepon. Hal tersebut akan menyebabkan bosan ketika bertelepn dalam waktu yang lama. Cobalah untuk bertelepon menggunakan telinga kiri, mungkin dalam bertelepon kita akan lancar dalam komunikasi, labih santai dan mengalir.

  1. Jangan terlalu lama saat sedang telepon.

Handphone berbasis Android saat ini merupakan alat yang sangat canggih dan ngetren  untuk berkomunikasi. Apalagi untuk berkomunikasi dengan orang yang sangat jauh sangatlah mudah.

Tetapi, ada dampak yang sangat buruk jika kita terlalu lama berkomunikasi dengan telepon. Salah satunya dapat menyebabkan kanker otak.  Menurut penelitian, bahwa anak-anak dan remaja resiko kanker 400% lebih berbahaya dari pada orangtua. Resiko bahaya menelepon terlalu lama masih banyak macamnya. Anda tidak pelu khawatir, karena ada beberapa cara untuk meminimalisir resiko saat akan menelepon atau menerima telpon.

  1. Jam 22.00 adalah waktu yang efektif tidur untuk anda.

Tidur merupakan kebutuhan seseorang untuk mengumpulkan energy untuk beraktivitas. Tidur yang efektif dan berkualtitas sangat penting untuk memiliki energy dan tubuh yang sehat.

Menurut Shawn Stevenson, tidur yang ideal  adalah pukul 10 malam. Selain unrtuk mengumpulkan energy dan tenaga, tidur pukul 10 juga bisa meningkatkan mood di pagi hari, baik untuk kesehatan kulit, vitalitas tubuh, dan keindahan rambut.

Alasan Shawn Stevenson bahwa tidur pukul 10 waktu yang ideal dan berkualitas adalah bahwa keshatan dan kebahagian tubuh akan tercipta seimbang ketika kita bisa menyesuaikan waktu untuk beraktivitas dan istirahat selaras dengan perputaran matahari dan terbitnya bulan di malam hari.

Semoga bermanfaat.

One Response

  1. alya Oktober 10, 2016

Leave a Reply