15 Air Terjun di Jawa Tengah yang Memiliki Pesona Luar Biasa

Air Terjun di Jawa Tengah yang Memiliki Pesona Luar Biasa – Indonesia bisa dibilang mempunyai panorama-panorama yang cukup indah dan mempesona. Salah satunya adalah air terjun di berbagai daerah Indonesia.

Air terjun merupakan suatu formasi geologi dari sebuah arus air yang mengalir melalui sebuah formasi bebatuan yang mengalami erosi yang jatuh ke bawah dari ketinggian. Iklim di Indonesia juga salah satu yang membuat suasana di lokasi air terjun menjadi sejuk.

Disetiap daerah atau provinsi di Indonesia tentunya ada sebuah air terjun yang menjadi objek wisata yang luar biasa. Salah satunya air terjun yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Di Jawa Tengah sendiri bahkan mempunyai lebih dari 5 tempat air terjun yang saat ini menjadi tempat wisata.

Berikut air terjun beserta letak keberadaannya di Provinsi Jawa Tengah yang perlu Anda ketahui:

1. Air Terjun Kedung Kayang – Magelang

air terjun di jawa tengah yang memiliki pesona luar biasa

www.archive.kaskus.co.id

Air Terjun Kedung Kayang – Obyek wisata air terjun Kedung Kayang cukup terkenal di daerah Magelang dan sekitarnya. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Air terjun ini berada di dekat kaki Gunung Merapi.

Obyek Wisata Air Terjun Kedung Kayang terletak di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Pemandangan yang mempesona di daerah magelang ini banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar maupun masyarakat dari luar daerah magelang.

Air terjun Kedung Kayang ini merupakan salah satu air terjun di jawa tengah yang memiliki pesona luar biasa yang harus Anda ketahui.

 

2. Air Terjun Kali Pancur – Semarang

air terjun di jawa tengah yang memiliki pesona luar biasa

www.ardiyanta.com

Air Terjun Kali Pancur – Air terjun Kali Pancur ini terletak di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Wisata Air Terjun ini merupakan Wisata yang sering di kunjungin oleh para pecinta alam yang ingin menikmati indahnya Air Terjun Kali Pancur.

Selain adanya Air Terjun, di sekitar Air Terjun Kali Pancur Terdapat tebing batu andesit dengan ketinggian berbagai variasi, mulai dari 20 meter sampai yang ketinggian 100 meter.

Para Pecinta alam yang datang ke tempat ini bukan hanya menikmati indahnya Air terjun, tetapi banyak yang melakukan panjat tebing, yang tebing tersebut memiliki kemiringan hampir 90 derajat.

Ait Terjun Kali Pancur ini juga salah satu air terjun di Jawa Tengah yang memiliki pesona luar biasa yang berada di Kabupaten Semarang dan tentu orang Semarang sendiri harus mengetahui keberadaan wisata yang satu ini.

 

3. Air Terjun Curug Sewu – Kendal

air terjun curug sewu kendal

www.buletinesia.com

Curug Sewu – Orang Jawa Tengah siapa yang belum tau dengan Air Terjun yang satu ini? Air Terjun Curug Sewu hampir terkenal ke seluruh Jawa Tengah maupun sekitarnya. Air Terjun Curug Sewu mamiliki keunikan dan keindahan tersendiri dibandingkan dengan air terjun yang lainnya.

Air Terjun Curug Sewu ini terletak di sebuah desa bernama Curug Sewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter yang terdiri dari 3 terjunan.

Dan bagi orang di Kabupaten Kendal pasti sudah tahu kalau Curug Sewu ini merupakan air terjun di jawa tengah yang memiliki pesona luar biasa. Banyak sekali para wisatawan yang datang kesini.

 

4. Air Terjun Jumog – Karanganyar

curug jumog karanganyar

www.klikhotel.com

Air Terjun Jumog – Obyek wisata yang satu ini hanya memiliki ketinggian sekitar 30 meter  saja. Mungkin berbeda dengan Air Terjun yang lain yang memiliki ketinggian di atas itu.

Akan tetapi, Air Terjun ini memiliki keindahan khas wisata alam. Ada yang pernah bilang pelangi muncul setiap hari sekitar jam sepuluh pagi di Air Terjun Jumog ini.

Air Terjun jumog ini terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Air Terjun ini terletak di lereng Gunung Lawu yang jaraknya sekitar 500 meter dari Candi Sukuh

Air terjun ini merupakan salah satu air terjun di jawa tengah yang memiliki pesona luar biasa meskipun belum seterkenal dengan yang ada di tempat lain.

 

5. Air Terjun Grojogan Sewu – Karanganyar

curug grojogan sewu

www.surabaya.panduanwisata.id

Air Terjun Grojogan Sewu – Grojogan Sewu ini adalah obyek wisata air terjun kedua di Karanganyar  yang dikelola setelah Air Terjun Jumog. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 81 meter yang airnya berasal dari Kalisaman.

Obyek Wisata ini terletak di sebuah Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Air Terjun Grojokan Sewu ini tidak kalah indahnya dengan Air Terjun Jumog di Desa Berjo. Masing-masing Air Terjun memiliki keindahan obyeknya masing-masing.

Grojogan Sewu ini adalah air terjun di Jawa Tengah yang memiliki pesona luar biasa dekat dengan Kota Solo. Di daerahnya, air terjun ini cukup terkenal bahkan sampai ke luar kota.

 

6. Air Terjun Tadah Hujan – Pati

curug tadah hujan

www.sapasurya.blogspot.com

Air Terjun Tadah Hujan – Air Tadah Hujan ini memiliki lokasi yang sangat indah dan terdapat tebing di kanan kirinya yang menimbulkan suasana nyaman dan tenang. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Di lokasi Air Terjun Tadah Hujan ini terdapat kolam renang yang sangat jernih.

Sayangna Air Terjun ini kurang mendapat perawatan dan pengelolaan oleh pemerintah setempat, jadi banyak orang yang belum tahu tempat ini.

 

7. Air Terjun Cibedil – Pemalang

air terjun cibedil

www.desasima.blogspot.com

Air terjun Cibedil – Curug Cibedil ini terletak di Daerah Banyumudal, Desa Karangbulu, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Air Terjun ini memiliki ketinggian terjunan air sekitar 20 meter.

Lokasi Jatuhnya air di Curug Cibedil ini memiliki kolam yang cukup luas yang bisa digunakan untuk berenang maupun berendam. Keberadaan Curug ini masih lumayan terjaga, karena masih sedikit orang yang datang kesini untuk berwisata.

 

8. Air Terjun Guci – Tegal

curug guci tegal

www.nukilanhatiamira.blogspot.com

Air Terjun Guci – Mendengar kata guci mungkin orang berpikir sebuah tempat untuk wadah air yang terbuat dari tanah liat. Namun, guci yang dimaksudkan disini bukanlah wadah air tersebut, melainkan sebuah Air Terjun yang bernama Guci di sebuah Kawasan Air Panas Guci.

Tempat kawasan tersebut di sebuah Desa Guci, Kecamatan Bumi Jawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Tempat yang indah ini sering dikunjungi para pecinta alam untuk menikmati indahnya Air Terjun Guci ini.

 

9. Air Terjun Tujuh Bidadari – Semarang

curug tujuh bidadari

www.visitcentraljava.com

Air Terjun Tujuh Bidadari – Air Terjun Tujuh Bidadari ini namanya bersal dari sebuah kolam air yang tersusun menjadi tiga, dan ketiga kolam tersebut membentuk tujuh buah air terjun. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter.

Obyek Wisata air terjun Tujuh Bidadari ini memiliki suasana alam yang sejuk dan segar, ditambah air yang jernih serta pohon-pohon yang rindang. Air Terjun Tujuh Bidadari ini terletak di Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

 

10. Air Terjun Bengkawah – Pemalang

curug bengkawah pemalang

www.ditegal.com

Air Terjun Bengkawah – Curug yang satu ini memiliki ketinggian sekitar 20 meterini terdapat sebuah terjunan air berjumlah dua buah. Karenanya, curug ini dinamakan Curug Bengkawang. Curug tersebut memiliki kolam yang dalamnya kurang lebih 3 meter. Kolam tersebut dapat digunakan untuk berenang dan hal lainnya.

Air Terjun Bengkawah ini terletak di Desa Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, curug ini mendapatkan aliran air dari sungai Kluweh yang masih banyak ikan-ikan besarnya. Banyak pemancing yang datang ke tempat in untuk memancing dan yang lainnya.

 

11. Air Terjun Trocoh – Temanggung

curug trocoh temanggung

www.edged-berlin.blogspot.com

Air Terjun Trocoh – Surodipuro adalah nama lain dari sebuah Curug Trocoh di sebuah Desa Tawangsari, Kecamatan Tretep/Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. curug ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter dari puncak sampai kedasarnya.

Curug Trocoh ini memiliki air yang sangat jernih. Sesuai namanya, Trocoh yang berarti dalam bahasa jawa artinya selalu mengeluarkan air.

 

12. Air Terjun Silangit – Purworejo

curug silangit

www.telusurindonesia.com

Air Terjun Silangit – Curug Silangit memiliki tiga tingkatan terjunan air. Terjunan air yang pertama setinggi 30 meter, terjunan yang kedua sekitar 10 meter, dan terjunan ketiga sama dengan yang kedua sekitar 10 meter juga.

Di bawahnya terdapat kolam yang biasa untuk mandi para wisatawan yang datang kesini. Tempatnya yang bagus dan indah banyak yang berkunjung kesini untuk menikmati air terjunan yang jernih dan segar.

Air terjun ini merupakan air terjun di jawa tengah yang memiliki pesona luar biasa. Bagi Anda yang ingin menikmati wisata air terjun bisa ke wisata-wisata yang ada di Jawa Tengah.

 

13. Air Terjun Grenjengan Sewu – Pati

grenjengan sewu

www.yasiryafiat.wordpress.com

Air Terjun Grenjengan Sewu – Air Terjun Grenjengan ini terletak di Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. ketinggian Air Terjun ini sekitar 25 meter. Akan tetapi, Air Terjun Grenjengan Sewu ini hanya bisa dilihat keindahan dan kesejukan suasana alamnya. Jarang yang mandi disini karena kolam yang dibawah terjunan airnya dangkal.

 

14. Air Terjun Curug Nangga – Banyumas

curug sirawe

www.tangkaspamujiecotourism.blogspot.com

Air Terjun Nangga – Curug Nangga memiliki 7 buah undak-undakan yang setiap undakan memiliki ketinggian 20-30 meter. Katanya setiap undakan curug ini memiliki nama-nama sendiri. Jika diukur secara kesatuan, Curug ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter.

Cukup tinggi juga ternyata jika dihitung seperti itu. Curug ini terletak di sebuah Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

 

15. Air Terjun Sirawe – Banjarnegara, Air Terjun di Jawa Tengah yang Memiliki Pesona Luar Biasa

air terjun sirawe

www.buzzerbeezz.com

Air Terjun Sirawe – Curug yang satu ini berada di dataran tinggi Dieng yang pastinya memiliki air yang cukup dingin. Ketinggian curug ini sekitar 80 meter. Pemandangan yang luar biasa ini banyak mengundang para wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

Curug ini terletak di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Suasana yang sejuk dan segar menjadikan tempat ini sering di kunjungin banyak orang untuk berwisata.

Nah itulah air terjun-air terjun yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah yang bisa Anda ketahui. Air terjun ini hampir seluruhnya terkenal di tempat daerah masing-masing. Bahkan terkenal sampai ke luar kota.

Oke… Setelah mengunjungi jangan lupa komentar dan share ya…?

5 Comments

  1. Tiyawann September 23, 2016
    • aqieb September 30, 2016
      • Denver November 15, 2016
        • aqieb Januari 25, 2017
  2. cumilebay September 27, 2016

Leave a Reply