Doa-doa dan Ayat-ayat yang Bisa Mengusir Setan dan Jin

Masalah yang sering terjadi pada setiap manusia yang beriman dan yang tidak beriman, biasanya semua berasal dari Syaiton, Jin, dan Iblis untuk menyesatkan manusia keturunan nabi Adam sesesat-sesatnya.

Dan di dalam kitab suci Al-Qur’an sudah diterangkan bahwa musuh yang paling nyata adalah Syaiton, Jin, dan Iblis laknatullah.

Di dalam Al-Qur’an telah dijelaskan dalam Q.S Faathir: 6

(6)إِنَّ الشَّيْطَانَ لَكُمْ عَدُوٌّ فَاتَّخِذُوهُ عَدُوًّا ۚ إِنَّمَا يَدْعُو حِزْبَهُ لِيَكُونُوا مِنْ أَصْحَابِ السَّعِيرِ

Artinya:

Sungguh, setan itu musuh bagimu, maka perlakukanlahia sebagai musuh karena sesungguhnya setan itu hanya mengajak golongannya agar mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala“.

Kita sebagai manusia tidak bisa melihat Syaiton, Jin, dan Iblis. Namun sebaliknya, mereka bisa melihat kita. Mereka melakukan segala cara untuk menyesatkan kita agar mengikuti kemauan mereka.

Sejatinya mereka itu tidak akan terus berhenti dan tidak ada henti-hentinya untuk menggoda manusia sampai hari kiamat tiba.

Jika ada manusia yang dia goda kemudian godaanya tidak berpengaruh, mereka akan terus menggodanya dengan segala cara, dengan berbagai strategi.

Baca Juga : Doa Mengusir Setan

Perasaan was-was, gelisah atau tidak tenang, kebiasaan yang jelek, terburu-buru, dan lain sebagainya semua itu termasuk dari perbuatan yang dilakukan oleh kalangan Syaiton dan Jin.

Setiap orang yang beriman, tingkat keimanannya pun berbeda-beda. Dan disitu Syaiton atau Jin yang menggoda pun tingkat level untuk menggoda kita juga berbeda-beda.

Namun jangan salah bahwasannya disetiap dalam diri manusia ada satu Jin yang selalu bersama kita, yaitu Jin Ifrit yang merupakan salah satu dari golongan Jin.

Dalam diri Rasulullah SAW pun juga sama ada jin Ifritnya. Namun Jin tersebut sudah di Islamkan oleh baginda Rasullah SAW.

Nah bagaimana dengan diri kita yang masih dan bahkan selalu di ikuti oleh Jin Ifrit ini? Apakah kita bisa mengislamkannya juga seperti yang ada pada diri Rasulullah SAW?

Oleh karena itu ada banyak doa-doa dan ayat-ayat yang bisa menghindarkan kita dari gangguan Syaiton atau Jin yang senantiasa selalu menggoda manusia untuk melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.

Sebagian kecil Ayat-ayat Al-Qur’an yang Insya Allah bisa menghindarkan kita dari gangguan Syaiton:

1. Membaca ayat kursi yang terdapat dalam Surah Al-Baqarah: 255

2. Membaca Surah Al-Ikhlas sampai An-Naas tiga kali tiga kali.

3. Membaca do’a pagi dan petang seperti Al-Ma’tsurot setiap hari dengan istiqomah.

4. Q.S As-Shaad: 41

(41)رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الشَّيْطَانُ بِنُصْبٍ وَعَذَابٍ

Artinya:

“Sesungguhnya aku diganggu setan dengan penderitaan dan bencana”.

5. Q.S Al-Mu’minun: 97-98

(98)رَّبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ (97) وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَن يَحْضُرُونِ 

Artinya:

Ya tuhanku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan bisikan setan (97) Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, agar mereka tidak mendekatiku“.

6. Q.S As-Shaffaat: 7

(7)وَحِفْظاً مِّن كُلِّ شَيْطَانٍ مَّارِدٍ

Artinya:

Dan (Kami) telah menjaganya dari setiap setan yang durhaka“.

Beberapa waktu Doa-doa yang Insya Allah bisa terhindar dari godaan Syaiton:

1. Doa ketika masuk kamar mandi

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا دَخَلَ الْخَلاَءَ قَالَ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Artinya:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika memasuki jamban, beliau ucapkan: Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal khobaits (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan).” (HR. Bukhari no. 142 dan Muslim no. 375)

2. Doa ketika sedang marah

إِني لأعلمُ كَلِمَةً لَوْ قالَهَا لذهبَ عنهُ ما يجدُ، لَوْ قالَ: أعوذُ بالله مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجيمِ، ذهب عَنْهُ ما يَجدُ

Artinya:

Sungguh saya mengetahui ada satu kalimat, jika dibaca oleh orang ini, marahnya akan hilang. Jika dia membaca ta’awudz: A’-uudzu billahi minas syaithanir rajiim (aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk), marahnya akan hilang.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Doa ketika singgah disuatu tempat

Diriwayatkan dari Khawlah binti Hakim As-Sulamiyyah, beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ نَزَلَ مَنْزِلاً ثُمَّ قَالَ أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ. لَمْ يَضُرُّهُ شَىْءٌ حَتَّى يَرْتَحِلَ مِنْ مَنْزِلِهِ ذَلِكَ

:Artinya

Barang siapa yang singgah di suatu tempat kemudian dia mengucapkan, ‘A’uudzu bi kalimaatillaahit taammaati min syarri maa kholaq (Artinya: Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan setiap makhluk),” maka tidak ada satu pun yang akan membahayakannya sampai dia pergi dari tempat tersebut.” (HR. Muslim, no. 2708)

4. Doa ketika hendak melindungi anak dan keluarga

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ

:Artinya

‘Audzu bi kalimaatillahit taammati min kulli syaithonin wa haammatin wa min kulli ‘ainin laammatin (aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang telah sempurna dari godaan setan, binatang beracung dan dari pengaruh ‘ain yang buruk).” (HR. Bukhari no. 3371).

Nabi mengatakan bahwa dulu bapak kalian berdua yaitu Nabi Isma’il dan Ishaq meminta perlindungan pada Allah dengan do’a tersebut.

Kemudian, terdapat pula do’a yang dibacakan oleh malaikat Jibril ‘alaihis salam ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendapat gangguan setan, yaitu:

بِاسْمِ اللَّهِ أَرْقِيكَ مِنْ كُلِّ شَىْءٍ يُؤْذِيكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ نَفْسٍ أَوْ عَيْنِ حَاسِدٍ اللَّهُ يَشْفِيكَ بِاسْمِ اللَّهِ أَرْقِيكَ

:Artinya

Bismillahi arqiika min kulli syai-in yu’dziika min syarri kulli nafsin aw ‘aini haasidin. Allahu yasyfiika, bismillah arqiika.” (Dengan menyebut nama Allah, aku membacakan ruqyah untukmu dari segala sesuatu yang menganggumu dari kejahatan setiap jiwa dan pengaruh ‘ain. Semoga Allah menyembuhkanmu).” (HR. Muslim no. 2186)

Dan itulah ilmu yang sedikit bisa di sampaikan karena kami juga masih dalam tahap belajar. Jika ada kesalahan atau kekurangan kami mohon maaf dan silahkan beri komentar atau masukan jika ada yang salah, kurang, atau yang tidak benar kami mohon masukannya dan jika dirasa bermanfaat Alhamdulillah kami mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya.

Leave a Reply