Pemandangan Indah di Grojogan Sewu

Air Terjun – Grojokan Sewu adalah salah satu wisata air terjun yang terletak di kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. air terjun ini masih dalam satu kawasan dengan Hutan Wisata Grojogan Sewu.

Letak air terjun yang lebih tepatnya berada di bawah kaki gunung lawu yang kurang lebih terletak sekitar 27 km di sebelah timur Kota Karanganyar. Walaupun memiliki nama grojogan sewu, akan tetapi air tejun yang berada di sini tidak berjumlah seribu.

Kata sewu berasal dari seribu pecak atau nama satuan jarak yang digunakan waktu tu untuk mengukur tinggi air terjun. Satu percak bisa disamakan dengan satu telapak kaki orang dewasa. Tinggi air terjun grojogan sewu kurang lebih sekitar 80 meter.

www.flickr.com

www.flickr.com

Luas wilayah Hutan Wisata Grojogan Sewu memiliki luas sekitar 20 ha. Banyak jenis-jenis pohon yang tumbuh di kawasan hutan ini. Selain ditumbuhi pohon-pohon, ada juga dihuni oleh sekelompok kera jinak. Selain itu di tempat wisata ini juga terdapat fasilitas-fasilitas yang bisa digunakan oleh para wisatawan.

Untuk bisa memasuki lokasi ke Air Terjun Grojogan Sewu, harus membeli tiket terlebih dahulu. Harga tiket untuk hari biasa sebesar Rp. 11.500 /orang dan untuk hari libur sebesar Rp. 13.500 /orang. Lumayan murah dari pada tidak sama sekali.

Selain itu ditempat ini bisa menikmati indahnya pemandangan dengan disertai udara yang sejuk menjadikan tujuan utama berlibur bersama keluarga menjadi lebih seru, indah, dan berkesan. Dan di taman wisata ini terdapat beberapa objek wisata yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Disana juga terdapat tradisi upacara Dukhutan, Mondosiyo, dan Suryo Jawi yang menambah daya tarik tersendiri untuk dikenang. Menurut sebuah cerita dahulu tentang wayang Prabu Baladewa pada saat menjelang perang Baratayudha, Prabu mendapat perintah dari Kresna untuk bertapa di Grojogan Sewu.

blog.reservasi.com

blog.reservasi.com

Karena kesaktian Prabu Baladewa tidak ada musuh yang dapat menandinginya, oleh karena itu Prabu disuruh bertapa agar tidak ikut dalam bertempur di medan perang. Memang benar-benar sakti Prabu Baladewa ini.

Di depan air terjun grojogan sewu terdapat sebuah jembatan, yang dimana jembatan itu dinamakan dengan jembatan “Kretek Pegat”, ada juga yang menamainya dengan “Pegat Sih”. Dinamakan dengan nama tersebut dikarenakan berdasarkan pengalaman empirik bahwa jembatan tersebut sering menyebabkan perceraian.

Adapun mitos yang sebagian masyarakat bahwa pada hari-hari tertentu terlihat seorang kakek melintas di jembatan yang diselimuti oleh kabut pada saat petang datang. Diyakini oleh masyarakat bahwa kakek tersebut adalah makhluk gaib bawahan penguasa lelembut di grojogan sewu, yaitu kyiai Baladewa.

Selain itu juga anda akan melewati anak tangga yang berjumlah 1250 anak tangga. Lumayan banyak juga itu anak tangga. Akan tetapi rasa capek setelah melewati anak tangga yang jumlahnya ketika naik dan turun sebanyak lebih dari seribu tersebut akan terbayar setelah sampai ditempat tujuan.

yasiryafiat.wordpress.com

yasiryafiat.wordpress.com

Dan tidak lupa ternyata disana oleh para petugas dilarang keras untuk mandi langsung di bawah aliran air terjun grojogan sewu. Kenapa? Dikarenakan dapat membahayakan keselamatan anda.

katanya aliran yang deras tersebut dapat membawa batu atau kerikil dari atas ke bawah dan ketika anda mandi di bawahnya dikhawatirkan mengenai kepala atau tubuh yang dapat mengakibatkan luka yang sangat fatal.

Percaya tidak percaya anda bisa mencobanya sendiri. Karena memang terlihat cukup deras aliran air terjun grojogan sewu tersebut. Untuk lebih amannya anda masih bisa mandi di pinggiran atau sekeliling aliran air terjun atau menikmati fasilitas wisata pendukung lainnya.

One Response

  1. ipanema indonesia November 15, 2016

Leave a Reply