20 Gunung Tertinggi di Indonesia dan Penjelasannya

Gunung Tertinggi di Indonesia – Gunung merupakan bentuk dari suatu permukaan tanah yang menonjol ke atas dan keberadaannya jauh lebih tinggi dari pada daerah sekitarnya.

Perbedaan paling mendasar antara gunung dan bukit adalah gunung lebih tinggi dan lebih curam dari pada bukit meskipun diantaranya ada beberapa kesamaannya.

Biasanya sebuah gunung terbentuk dari gerakan lempeng tektonik, orogenik, dan epeirogenik. Pegunungan juga merupakan sebuah barisan atau kumpulan dari beberapa gunung-gunung.

Dimuka bumi ini tentu terdapat sebuah gunung yang paling tinggi diantara gunung-gunung yang ada. Salah satunya adalah gunung Mauna Kea di Hawai, Amerika Serikat dan Mount Everest, Himalaya.

Namun kali ini akan membahas gunung tertinggi di Indonesia menurut Ensiklopedia Bebas (Wikipedia). Berikut ini daftar gunung tertinggi di Indonesia sesuai dengan urutan ketinggiannya:

1. Puncak Jaya

gunung tertinggi di indonesia

www.twisata.com

Tinggi : 4.884 m

Letak : Provinsi Papua, Indonesia

Nama lain : Gunung Carstensz, Piramida Carstensz, Puncak Cartensz

Pendakian pertama : Tahun 1936 oleh Anton Colijin, Jean Jacques Dozym dan Frits Wissel

Puncak Jaya ini merupakan gunung tertinggi di Indonesia saat ini, meskipun belum tahu apakah ada gunung lain yang lebih tinggi dari Puncak Jaya ini.

Disekitar Puncak Jaya terdapat gletser yang merupakan satu-satunya gletser tropika di Indonesia dan kemungkinan besar gletser tersebut akan mencair atau lenyap dikarenakan globalisasi.

Selain gunung tertinggi di Indonesia, Puncak Jaya juga merupakan gunung tertinggi di kawasan Oceania. Puncak Jaya adalah satu-satunya dari tujuh puncak yang ada di dunia.

2. Puncak Mandala

gunung tertinggi di indonesia

www.10tempat-wisata.com

Tinggi : 4.760 m

Letak : Provinsi Papua, Indonesia

Nama lain : Jualianatop atau Puncak Jualiana pada masa Penjajahan belanda

Pendakian pertama : Tahun 1959 oleh Arthur Escher, Herman Verstappen, Max Tissing, Jan de Wijn, dan Piet ter Laang

Puncak Mandala ini merupakan gunung tertinggi di indonesia kedua setelah gunung Jaya atau Puncak Jaya. Puncak Mandala ini membentuk sebuah bagian Pegunungan Bintang bagian timur dan berada dekat dengan perbatasan Papua Nugini.

3. Puncak Trikora

gunung tertinggi di indonesia

www.10tempat-wisata.com

Tinggi : 4.750 m

Letak : Papua Barat, Indonesia

Nama lain : Ettiakup

Puncak Trikora dengan ketinggian 4.750 m, menjadikan puncak ini gunung tertinggi di Indonesia yang ketiga setelah Puncak Mandala dan Puncak Jaya.

Puncak Trikora memiliki sebuah kawasan hutan yang cukup luas yang diantaranya adalah Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Montane, dan Hutan Ericaceous.

Pada masa penjajahan pemerintah Belanda di Indonesia, gunung ini dikenal dengan nama Wilhelminatop atau Puncak Wihelmina.

4. Puncak Pilimsit

gunung tertinggi di indonesia

www.nissanphotocontest.com

Tinggi : 4.717 m

Letak : Papua, Indonesia

Nama lain :  puncak Idenberg

Puncak Pilimsit atau Ngga Pilimsit adalah puncak gunung tertinggi di Indonesia yang ke empat. Puncak Pilimsit ini masih berada dalam satu gugusan dengan gunung-gunung tertinggi lainnya di Papua.

Puncak Pilimsit dengan gunung tertinggi di Indonesia yaitu Puncak Jaya hanya berjarak kurang lebih sekitar 21 km ke arah timur laut.

5. Gunung Tertinggi di Indonesia Puncak Yamin

gunung tertinggi di indonesia

www.fahmyramdani.com

Tinggi : 4.540 m

Letak : Provinsi Papua, Indonesia

Nama lain : Prins Hendrik

Puncak Yamin atau Prins Hendrik salah satu gunung yang berada di Provinsi Papua Indonesia yang juga berdekatan dengan perbatasan Papua Nugini.

Namun untuk keterangan jelas tentang gunung ini belum diketahui, mungkin karena belum ada survey dan ekplorasi terhadap gunung yang satu ini.

6. Gunung Kerinci

gunung tertinggi di indonesia

www.cliffbarackman.com

Letak : Jambi, Sumatra, Indonesia

Nama lain : Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, dan Puncak Indrapura

Pendakian pertama : 1877 oleh Von Hasselt dan Velth

Gunung Kerinci ini merupakan gunung tertinggi di Indonesia yang ada di Pulau Sumatra yang letaknya di Jambi. Gunung Kerinci ini juga dikelilingi oleh hutan yang sangat lebat.

Hutan lebat tersebut merupakan Taman Nasional Kerinci Seblat dan juga merupakan habitat harimau Sumatra dan badak Sumatra.

Jika kita berada di puncak gunung Kerinci, dari kejauhan kita bisa melihat pemandangan indah kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Bahkan Samudera Hindia pun terlihat dengan jelas.

Gunung Kerinci mempunyai sebuah kawah yang berukuran 400 x 120 meter dan kawah tersebut berisi sebuah air dengan warna hijau yang indah.

Selain itu ada danau Bento di sebelah timur yang merupakan sebuah rawa berair jernih tertinggi di Pulau Sumatera.

Di belakangnya juga ada sebuah gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah dan hampir tidak tersentuh sama sekali.

Gunung Kerinci adalah gunung berapi yang bertipe stratovolcano yang masih aktif samapi sekarang. Terkahir kali meletus gunung ini pada tahun 2009 yang lalu.

7. Gunung Rinjani

gunung tertinggi di indonesia

blog.vokamo.com

Tinggi : 3.726 m

Letak : Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat

Nama lain: –

Gunung Rinjani merupakan gunung yang menjadi favorit para pendaki gunung Indonesia karena keindahan pemandangan yang dimilikinya.

Gunung Rinjani juga merupakan salah satu bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang mempunyai luas sekitar 41.330 hektar.

Gunung ini adalah gunung berapi (vulkanik) tertinggi kedua di Indonesia. Selain itu gunung ini statusnya masih dalam keadaan aktif.

Pesona pemandangan unggulan yang ada di Taman Nasional Gunung Rinjani yang sangat prospektif adalah Danau Segara Anak.

Lokasi Danau Segara Anak ini bisa dilalui dengan menempuh jalur resmi pendakian, yaitu jalur pendakian Sembalun dan jalur pendakian Senaru.

8. Gunung Semeru

gunung tertinggi di indonesia

www.toyota.astra.co.id

Tinggi : 3.676 m

Letak : Kabupaten Malang dan Kabuapaten Lumajang, Jawa Timur, Indonesia

Nama lain : Gunung Meru

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung berapi yang ada di pulau Jawa yang masih aktif statusnya. Gunung ini adalah gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatra dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

Di puncak Gunung Semeru terdapat sebuah kawah yang dikenal dengan nama “Jonggring Saloka”. Gunung ini masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Kawasan sekitar Gunung Semeru memiliki hutan yang sangat luas yang diantaranya adalah Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Montane, dan Hutan Ericaceous.

9. Gunung Sanggar

gunung tertinggi di indonesia

www.griyagawe.com

Tinggi : 3.564 m

Letak : Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat

Nama lain : –

Gunung Sanggar belum banyak yang mengenalnya meskipun masih dalam satu kawasan dengan Gunung Rinjani, seolah-olah namanya tenggelam oleh populernya Gunung Rinjani.

Walaupun namanya tidak seterkenal Gunung Rinjani, akan tetapi Gunung Sanggar mempunyai keindahan tersendiri yang layak diperjuangkan terutama bagi para pendaki gunung yang suka dengan sensasi berada di atas awan.

10. Gunung Tertinggi di Indonesia Gunung Latimojong

gunung tertinggi di indonesia

www.kompasiana.com

Tinggi : 3.478 m

Letak : Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan

Nama lain : Puncak Rante Marino

Gunung Latimojong ini merupakan gunung tertinggi di Sulawesi Selatan. Pegunungannya membentang dari selatan sampai ke utara.

Dari segala arah Gunung Latimojong terdapat sebuah kabupaten yang diantaranya yaitu Kabupaten Enrekang di sebelah barat, Kabupaten Tana Toraja di sebelah utara, Kabupaten Sidenreng Rappang di sebelah selatan, dan Kabupaten Lawu di sebelah timur.

11. Gunung Slamet

Tinggi : 3.428 m

Letak : Kabupaten Banyumas, Brebes, Tegal, Purbalingga, dan Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia

Nama lain : –

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa stetelah Gunung semeru dan gunung pertama tertinggi di Jawa Tengah.

Gunung Slamet ini memiliki sebuah kawah, kawah tersebut merupakan kawah ke 4 terkahir yang sampai saat ini masih aktif.

Gunung Slamet termasuk salah satu gunung yang cukup terkenal dengan pendakiannya, walaupun medan yang ditempuh dikenal cukup sulit dilalui.

Selain itu di bawah kaki Gunung Slamet terdapat sebuahkawasan wisata Baturaden yang merupakan wisata andalan bagi Kabupaten Banyumas dan hanya berjarak sekitar 15 km dari Purwokerto.

12. Gunung Sumbing

Tinggi : 3.371 m

Letak : Kabupaten Magelang, Kabupaten, Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Nama lain : –

Gunung Sumbing merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung ini gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet.

Disamping Gunung Sumbing terdapat Gunung Sindara yang kedua gunung tersebut selalu disebut bersamaan dengan nama “Gunung Sindara Sumbing”.

Kedua gunung tersebut membentuk sebuah bentang alam berupa gunung besar meskipun ketinggiannya berbeda seperti Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Celah antara Sunung Sumbing dan Gunung Sindara terdapat sebuah jalur transportasi yang menghubungkan antara kota Temanggung dan kota Wonosobo.

Di atas Gunung Sumbing masih terdapat sebuah kawah yang masih aktif sampai saat ini dan tidak diketahui kapan pastinya gunung ini akan meletus.

13. Gunung Yaramamafaka

Tinggi : 3.370 m

Letak : Papua, Indonesia

Nama lain : –

Gunung Yaramamafaka merupakan salah satu gunung tinggi yang terdapat di Papua. Gunung ini berada di barisan yang sama dengan gunung-gunung tertinggi di Indonesia seperti Gunung Jaya, Gunung Mandala dan sebagainya.

14. Gunung Raung

Tinggi : 3.344 m

Letak : Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Jember, Jawa Timur

Nama lain : –

Gunung Raung merupakan sebuah gunung berapi kerucut yang secara geografis lokasi gunung Raung masuk ke dalam kawasan kompleks Pegunungan Ijen dan menjadi puncak tertinggi dari gugusan pegunungan tersebut.

Gunung raung juga merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur dan tertinggi ke empat di Pulau Jawa.

Gunung Raung memiliki empat titik puncak yang diantaranya adalah Puncak 17, Puncak Bendera, Puncak Tusuk Gigim dan yang tertinggi adalah Puncak Sejati.

15. Gunung Tertinggi di indonesiaGunung Lawu

Tinggi : 3.265 m

Letak : Kabupaten Karanganyar (Jawa Tengah), dan Kabupaten Ngawi, Kabupaten Magetan (Jawa Timur)

Nama lain : –

Gunung Lawu masih dalam status berupa gunung berapi meskipun sudah tidak aktif (istirahat) dan terakhir kali meletus pada tahun 1885 November tanggal 28.

Lamanya tidak aktif ini terlihat dari rapatnya vegetasi dan puncaknya yang mulai tererosi. Selain itu di lereng Gunung Lawu terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air dan belerang.

Gunung Lawu mempunyai tiga puncak  yang diantaranya Puncak Hargo Dumiling, Puncak Hargo Dalem,Puncak Hargo Dumilah yang merupakan puncak tertinggi.

Selain itu di bawah lereng Gunung Lawu terdapat sejumlah tempat wisata yang cukup populer sebagai tujuan tenpat wisata terutama di daerah Tawangmangu, Cemorosewu, dan Sarangan.

16. Gunung Dempo

Tinggi : 3.173 m

Letak : Perbatasan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu

Nama lain : –

Gunung Dempo terletak di kota Pagalaram terkenal dengan kopi robustanya yang sangat enak. Dari Kota Palembang menempuh sekitar 7 jam untuk sampai kesana.

Hari-hari biasa di Gunung Dempo bisa ditemui banyak orang yang memang sengaja untuk mendaki ke puncak, ada juga yang sedang mencari kayu bakar, atau hanya sekedar hiking.

Walaupun gunung ini cukup tinggi, setengah perjalanan untuk mendaki gunung ini masih bisa ditemukan air jernih. Jadi para pendaki tidak perlu khawatir lagi akan kekurangan air minum.

17. Gunung Merbabu

Tinggi : 3.145 m

Letak : Kabupaten Magelang (Lereng Barat), Kabupaten Boyolali (Lereng Timur), Kabupaten Semarang (Lereng Utara) Jawa Tengah, Indonesia

Nama lain :

Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung berapi yang bertipe strato. Gunung ini pernah meletus pada tahun 1560 dan tahun 1797.

Gunung Merbabu juga memiliki sebuah kawasan hutan yang diantaranya Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

18. Gunung Sindara

Tinggi : 3.136 m

Letak : Jawa Tengah, Indonesia

Nama lain : Sindoro atau Sundoro

Gunung Simdara adalah sebuah gunung volcano yang masih aktif terletak di Jawa Tengah. Kota terdekat dengan gunung ini adalah kota Temanggung. Seperti sebelumnya bahwa Gunung Sindara ini berdampingan dengan Gunung Sumbing.

Di Gunung Sindara juga terdapat sebuah kawah yang disertai dengan jurang berada di sisi barat laut dan selatan gunung tempatnya. Kawah terbesar disebut dengan kawah kembang.

Namun sejarah tentang letusan dari gunung apa ini yang pernah terjadi sebelumnya hanya berjenis letusan ringan dan letusan sedang.

19. Gunung Ceremai

Tinggi : 3.084 m

Jenis : Gunung Berapi Aktif

Letak : Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Indonesia

Gunung Ciremai merupakan sebuah gunung berapi kerucut yang masih aktif sampai saat ini. Gunung Ciremai ini adalah gunung tertinggi di Jawa Barat.

Gunung Ciremai juga memiliki sebuah kawah ganda yaitu kawah barat dan kawah timur. Kawah barat tersebut beradius 400 m terpotong oleh kawah sebelah timur yang memiliki radius 600 m.

Disebuah lereng yang ketinggiannya sekitar 2.900 m terdapat sebuah titik bekas letusan yang dinamakan dengan “Gowa Walet”.

Dan saat ini Gunung Ciremai masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang memiliki total luas sekitar 15.000 hektar.

Gunung Ciremai berasal dari kata “cereme” (Phylanthus acidus, yaitu sejenis tumbuhan perdu-perduan yang berbuah kecil dengan rasa sedikit atau rada asam).

Gunung Ciremai termasuk salah satu gunung api yang berkuarter aktif tipe A yaitu gunung api magmatic yang masih aktif sejak tahun 1600 dan berbentuk strato.

20. Gunung Tertinggi di Indonesia Gunung Agung

Tinggi : 3.031 m

Tipe : Stratovolkano

Letak : Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia

Gunung Agung merupakangunung tertinggi di Pulau Bali. Di gunung ini terdapat sebuah Pura, yaitu Pura Besakih yang merupakan sebuah Pura terpenting di Pulau Bali. Letak Pura ini berada di lereng gunung ini.

Gunung Agung juga memiliki sebuah kawah yang besar dan juga dalam, kadang kala mengeluarkan asap dan uap air.

Jika kita berada di puncak gunung ini, kita juga bisa melihat puncak Gunung Rinjani yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

21. Gunung Pangrango

Tinggi : 3.019 m

Letak : Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

Nama lain : Mandalawangi

Gunung Pangrango ini adalah gunung tertinggi kedua yang berada di Jawa Barat setelah Gunung Ceremai. Gunung ini persis bersebelahan dengan Gunung Gede yang berada dalam satu kawasan Taman Nasional Gede Pangrango.

Gunung Pangrango juga terdapat kawasan hutan yang meliputi Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan Hutan Ericaceous.

Demikianlah urutan dan penjelasan mengenai gunung tertinggi di Indonesia. Semoga bisa bermanfaat dan menambah ilmu kita semua. Mohon maaf jika ada kekurangan atau kesalahan dalam menyampaikan informasi.

Leave a Reply