22 Hewan yang Ada di Indonesia, Termasuk Hewan yang Unik dan Langka

Hewan yang Ada di Indonesia – Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman hayati dan hewani. Terutama alamnya yang begitu luas membentang dari Sabang sampai Merauke.

Namun bukan alamnya saja yang mempesona. Selain alamnya, Indonesia ternyata juga ada hewan yang mungkin di negara lain tidak ada atau bisa disebut sebagai hewan endemik.

Hewan-hewan ini bahkan menjadi salah satu hewan yang sangat dilindungi. Selain itu sebagian besar hewan ini hanya terdapat di daerah atau provinsi terntentu di Indonesia.

Baca juga: 30 Gambar Hewan Lucu, Imut, dan Gemesin

Dan sebenarnya, hewan-hewan yang dibahas kali ini juga sebagian besar merupakan hewan-hewan yang dilindungi dan dilestarikan oleh pemerintah Indonesia.

Berikut ini merupakan hewan-hewan yang ada di Indonesia:

Komodo

www.komodotoursindonesia.com

www.komodotoursindonesia.com

Siapa yang tidak tahu dengan hewan satu ini? Hewan ini merupakan hewan asli yang hanya terdapat di Pulau Komodo, Nusa Tenggra. Komodo atau bisa disebut dengan biawak komodo karena memang sangat mirip dengan biawak sungai atau rawa-rawa.

Komodo juga termasuk kadal paling besar di muka bumi. Rata-rata panjang ukuran komodo ini mencapai 2-3 meter. Karena komodo merupakan hewan yang hanya ada di Nusa Tenggara, Indonesia, hewan ini rentan terhadap kepunahan.

Oleh karena itu hewan biawak komodo saat ini dilindungi oleh pemerintah Indonesia yang mendirikan sebuah Taman Nasional yaitu Taman Nasional Komodo.

Orang Utan

forina.or.id

forina.or.id

Hewan yang satu ini pasti kalian sudah kenal dan tahu. Ya, hewan ini bernama orang utan atau nama lainnya adalah mawas. Hewan yang memiliki bulu berwarna cokelat kemerahan ini hidup di hutan Kalimantan dan Sumatera.

Orang utan merupakan sejenis kera besar yang juga dilindungi karena banyak manusia yang tidak bertanggung jawab memburunya hanya untuk urusan perut mereka.

Nama orang utan diambil dari bahasa melayu yaitu “orang” yang mempunyai arti manusia, dan “utan”yang berarti hutan. Orang utan ini mencakup dalam dua sub-spesies, yaitu orang utan Kalimantan (Pongo pygmaeus) dan orang utan Sumetera (Pongo abelii).

Tinggi orang utan sekitar 1,25 sampai 1,5 meter. Mereka mempunyai ciri-ciri tubuh berupa lengan yang kuat dan panjang, mempunyai leher yang besar, tubuh gemuk dan besar, kaki yang pendek dan tertunduk serta tidak memiliki ekor.

Badak Jawa atau Badak Bercula Satu

www.saibumi.com

www.saibumi.com

Badak jawa atau badak bercula satu merupakan hewan yang memiliki kulit yang sangat keras daripada hewan lainnya. Populasi badak jawa saat ini yang terdapat di Taman Nasional Ujung Kulon hanya menyisahkan beberapa ekor saja, sekitar 40-50 ekor yang masih hidup.

Kenapa bisa populasinya tinggal beberapa ekor saja? Dikarenakan pemburu liar yang hanya memanfaatkan culanya saja yang sangat berharga untuk sebagai obat tradisional.

Walaupun disebut dengan badak jawa, binatang ini tidak hanya hidup di pulau jawa saja, melainkan di seluruh Nusantara. Di Indonesia sendiri hewan ini juga termasuk hewan yang dilindungi oleh pemerintah.

Harimau Sumatera

www.panorama-magz.com

www.panorama-magz.com

Harimau memiliki perawakan yang gagah dan sangar. Haraimau ini merupakan sub-spesies yang habitat aslinya hanya di pulau Sumatera saja. Binatang ini termasuk dalam klasifikasi satwa yang terancam punah. Keberadaannya saat ini pun mulai berkurang di hutan Sumatera.

Seperti halnya hewan-hewan lain yang dilindungi, mereka menjadi incaran para pemburu yang tidak bertanggung jawab sama sekali. Harimau yang diburu hanya diambil kulitnya saja oleh para tangan-tangan yang tidak memiliki rasa tanggung jawab.

Populasi saat ini di hutan Sumatera diperkirakan tinggal 400-500 ekor saja, terutama yang hidup di Taman Nasional Sumatera.

Ciri-ciri mendasar dari harimau Sumatera ini mempunyai warna paling gelap di antara semua sub-spesies harimau lainnya. Pola garis hitam yang terdapat pada tubuh harimau berukuran lebar dan jaraknya rapat dan kadang kala dempet.

Burung Cendrawasih Papua

www.satujam.com

www.satujam.com

Burung Cendrawasih merupakan hewan endemi yang berasal dari timur seperti Indonesia timur, pulau-pulau selat Torres, Papua Nugini, dan Australia timur. Burung Cendrawasih yang terkenal yaitu jenis Paradisaea. Termasuk juga Burung Cendrawasih kuning-besar.

Burung Cendrawasih memiliki bulu yang sangat indah dan mempesona. Oleh karena itu, burung ini disebut dengan Bird of Paradise. Dan jika kalian tahu bahwa burung Cendrawasih juga merupakan sebuah maskot bagi Papua.

Macan Tutul Jawa

izzatulmillah.it.student.pens.ac.id

izzatulmillah.it.student.pens.ac.id

Macan Tutul Jawa atau mempunyai nama lain yaitu macan kumbang merupakan hewan endemik pulau Jawa. Hewan ini hanya bisa ditemukan di hutan tropis, pegunungan, dan wilayah konservasi di Pulau Jawa.

Binatang ini memiliki variasi dua warna pada kulitnya yaitu warna terang (oranye) dan warna hitam (macan kumbang). Di Jawa Barat macan tutul jawa merupakan sebuah identitas atau maskotnya.

Walaupun macan tutul jawa mempunyai tubuh lebih kecil daripada macan yang lain, tetapi mereka mempunyai indra penglihatan dan penciuman yang tajam. Mereka ketika berburu lebih suka aktif pada malam hari daripada siang harinya, seperti hewan nocturnal.

Elang Bondol

1000warnaindonesia.blogspot.com

1000warnaindonesia.blogspot.com

Elang Bondol merupakan salah satu jenis burung pemangsa dari keluarga Accipitridae. Ukuran rata-rata burung ini berkisar antara 43 sampai 51 cm saja. Namun ketika mereka membentangkan sayapnya, akan terlihat sangat lebar dengan ekor pendek berbentuk bulat.

Ciri-ciri burung elang bondol ini mempunyai warna putih pada bagian leher dan dadanya, dan selainnya berwarna merah bata pucat. Kemudian pada bagian ujung bulu primer mempunyai warna hitam dan tungkai berwarna kuning.

Jika dilihat dengan seksama, burung elang bondol ini terlihat sekilas seperti burung pemakan bangkai daripada burung pemangsa. Biasanya mereka berburu atau memangsa hewan-hewan kecil seperti reptile, ikan, katak, hewan pengerat, bahkan serangga juga.

Persebaran elang bondol ini ada di seluruh Nusantara terutama Jawa, Bali, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Untuk di Kalimantan sendiri bisa ditemukan di Hulu Kapuas, Kalimantan barat. Keberadaannya disana cukup banyak.

Gajah Sumatera

izzatulmillah.it.student.pens.ac.id

izzatulmillah.it.student.pens.ac.id

Gajah Sumatera merupakan mamalia terbesar yang terdapat di Indonesia. Ukuran tinggi gajah Sumatera pada umumnya sekitar 3,5 meter dan mempunyai berat badan mencapai 6 ton. Periode kehamilan gajah Sumatera sekitar 22 bulan dengan rata-rata umur mencapai 70 tahun.

Jika dibandingkan dengan gajah Afrika dan India sekitanya, gajah Sumatera memiliki postur tubuh atau badan lebih kecil. Hasil riset data mengenai populasi gajah pada tahun 2000 hanya terdapat sekitar 2000 sampai 2700 ekor yang tersisa di alam liar.

Untuk data saat ini masih belum diketahui berapa populasi gajah Sumatera yang masih ada. Karena seperti tadi, ulah manusia yang tidak bertanggung jawab dan hanya mementingkan urusannya diri sendiri. Oleh karena itu kita yang masih sadar perlu untuk melestarikannya.

Ikan Belida

www.situshewan.com

www.situshewan.com

Ikan Belida merupakan salah satu jenis ikan yang menjadi bahan baku pempek Palembang yang sangat enak.

Namun sekarang bahan bakunya berganti menjadi ikan tenggiri dikarenakan ikan belida sudah susah untuk dicari dan rusaknya habitat asli disungai.

Dan sekarang sudah dilakukan sebuah pembudidayaan atau penangkaran ikan belida supaya tidak terjadi kelangkaan.

Namun jenis ikan ini bisa ditemui di Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Semenanjung Malaya. Ikan ini juga menjadi salah satu ikan peliharaan karena memiliki tampilan yang unik.

Nama sebenarnya ikan belida ini adalah ikan Lopis. Tetapi lebih terkenal dengan sebutan ikan belida di masyarakat.

Beruang Madu Bengkulu

id.wikipedia.org

id.wikipedia.org

Beruang Madu Bengkulu merupakan beruang terkecil dari delapan jenis beruang yang ada di dunia saat ini. Beruang madu ini merupakan hewan khas yang berada di Provinsi Bengkulu dan sekaligus sebagai simbol dari provinsi tersebut.

Ternyata bukan hanya Bengkulu saja yang menjadikan beruang madu sebagai simbol, kota Balikpapan di Kalimantan ternyata juga memakai beruang madu sebagai maskotnya.

Berunag madu yang terdapat di Balikpapan dikonservasikan di hutan lindung yang bernama Hutan Lindung Sungai Wain.

Ciri-ciri yang terdapat pada berunang madu ialah memiliki panjang tubuh hingga mencapai 1,4 meter dan berat mencapai antara 50 – 65 kilogram.

Elang Jawa

www.satujam.com

www.satujam.com

Burung Jalak Bali

www.omkicau.com

www.omkicau.com

Ayam Bekisar Jawa Timur

ayambagusindo.blogspot.com

ayambagusindo.blogspot.com

Pesut Mahakam Kalimantan

www.undas.co

www.undas.co

Bekantan Kalimantan

www.zonalibur.com

www.zonalibur.com

Anoa Sulawesi Tenggara

blog.gogonesia.com

blog.gogonesia.com

Burung Nuri Raja Ambon

www.tandapagar.com

www.tandapagar.com

Cendrawasih 12 Kawat

dhanyinfo.blogspot.com

dhanyinfo.blogspot.com

Tangkasi Sulawesi

izzatulmillah.it.student.pens.ac.id

izzatulmillah.it.student.pens.ac.id

Ikan Bulalao Gorontalo

 

Maleo Senkawor Sulawesi

www.sandeshkadur.com

www.sandeshkadur.com

Burung Bidadari Halmahera

www.igoterra.com

www.igoterra.com

Itulah sekilas tentang hewan yang ada di Indonesia yang juga merupakan hewan yang cukup unik dan langka. Walaupun sebenarnya masih banyak hewan-hewan lain, namun hewan-hewan yang dibahas di atas merupakan hewan-hewan yang sangat populer di seluruh Indonesia.

2 Comments

  1. Lidha Maul September 30, 2016
    • aqieb September 30, 2016

Leave a Reply