Mengenal Ikan Raksasa Arapaima, Ikan Air Tawar Terbesar

Ikan Arapaima – ikan arapaima merupakan ikan air tawar terbesar yang sangat dikenal di Brazil dengan sebutan atau julukan yang diberikan kepada ikan ini dengan nama ikan piracucu. Namun berbeda dengan sebutan atau julukan di negara Peru, mereka disebut dengan paiche.

Ikan ini dapat tumbuh hingga mencapai panjang lebih dari 2 meter.  Bahkan dalam beberapa sebuah kasus yang sangat luar biasa dan pernah terdaftar, ikan arapaima memiliki panjang maksimum 4,25 m dan memiliki berat hingga 200 kg.

Panjang Ukuran Arapaima

 

Mereka merupakan hewan asli berasal dari benua Amerika Selatan. Mereka banyak ditemukan di perairan sungai Amazon yang paling banyak bermuara di negara Brazil.

Ikan arapaima adalah salah satu hewan peninggalan atau pun sebuah warisan keturunan  hewan zaman purba yang tidak mengalami evolusi dan masih bertahan sampai saat ini.

Namun karena ikan ini merupakan salah satu jenis ikan yang paling dicari dan diminati, ikan ini menjadi buruan dan sering sekali ditangkap terutama oleh jaring genggam untuk diekspor. Akibatnya ikan arapaima yang memiliki panjang lebih dari 2 meter jarang ditemukan di alam liar.

Anatomi Ikan Arapaima dari Amazon

miniakuarium.blogspot.com

Terlihat sekilas seperti ikan Arwana   miniakuarium.blogspot.com

Jika dilihat dari samping, ikan arapaima atau piracucu yang biasa disebut oleh orang asli sana mempunyai bentuk tubuh mirip seperti ikan arwana. Kemiripan ini karena memang ikan arapaima dan ikan arwana satu keluarga (family) yaitu dalam Family Osteoglossidae.

Perbedaan dari ikan arapaima dan ikan arwana yaitu pada bagian diameter tubuhnya. Diameter tubuh ikan arapaima lebih bulat dan sedangkan diameter tubuh pada ikan arwana lebih kecil.

Selain perbedaan tubuhnya, perbedaan lain juga sangat mencolok seperti perbedaan pada kepala dua ikan tersebut. Kepala ikan arapaima lebih lancip dan ceper jika terlihat dari samping dibandingkan dengan ikan arwana.

Bentuk tubuh yang memiliki ukuran luar biasa besar dan terlihat sangat unik bahkan menyerupai ikan arwana, ikan ini juga menjadi salah satu ikan yang banyak diminati oleh para pecinta ikan hias. Bahkan ada salah satu pemilik di Indonesia yang memiliki ukuran ikan ini luar biasa besar.

Habitat Asli Ikan Arapaima Raksasa

Salah satu ikan arapaima asli dari sungai Amazon

Salah satu ikan arapaima asli dari sungai Amazon

Ikan Arapaima adalah ikan asli yang berasal dari sungai atau lembah Amazon seperti di rawa-rawa serta danau-danau dan sekitanya di Amerika Selatan. Mereka tidak dapat terdistribusikan dengan sendirinya.

Karena di daerah asalnya yang untuk sepanjang sungai terdapat banyak jeram besar yang tidak bisa mereka lalui. Hanya beberapa sungai atau lembah-lembah Amazon saja yang terdapat ikan arapaima ini.

Cara Bernapasnya Ikan Arapaima

Arpaima

www.kompasiana.com

Seperti halnya dengan belut listrik saat mereka bernafas. Ikan arapaima merupakan ikan yang bernapas dengan cara mengambil udara ke permukaan air dan langsung menghirup udara dari atmosfer.

Mereka harus muncul ke permukaan air setiap 5-20 menit untuk mengambil udara. Namun tergantung pada ukuran saat mereka mengambil udara. Pengambilan udara yang dilakukan oleh ikan arapaima dewasa dan muda berbeda.

Untuk ikan arapaima dewasa mereka biasanya muncul ke permukaan air untuk menghirup atau mengambil udara setiap 15 sampai 20 menit sekali. Sedangkan ikan arapaima yang masih muda, mereka muncul ke permukaan untuk menghirup atau mengambil setiap 5 menit sekali.

Walaupun mereka mampu untuk menyelam di dalam air selama beberapa menit, akan tetapi mereka lebih cenderung untuk tetap berada di permukaan air. Karena mereka sering berburu dan menghirup udara di permukaan.

Ketika mereka mengambil atau menghirup udara ke permukaan air, mereka mengeluarkan atau menimbulkan suara khas mereka seperti suara batuk saat menghirup udara.

Waktu-waktu Reproduksi Bagi Ikan Arapaima

travel.detik.com

travel.detik.com

Ketika musim banjir di sungai Amazon, waktu tersebut merupakan waktu yang tepat untuk reproduksi. Karena sudah menjadi siklus reproduksi ikan arapaima. Akan tetapi mereka akan bertelur pada bulan-bulan dimana ketinggian air surut atau mulai naik.

Mereka biasanya membangun sarang mereka kira-kira 50 cm, dan lebar dalamnya sekitar 15 cm di bawah dasar sungai atau air. Tetapi biasanya kebanyakan mereka membuat di daerah yang berlumpur.

Ketika permukaan air naik, telur-telur yang mereka tetaskan tersebut menetas. Dan bayi-bayi ikan arapaima akan mulai tumbuh pertama saat musim banjir pada saat penetasan mereka.

Arapaima Hewan Karnivora

Dalam ilmu sains, karnivora adalah hewan pemakan daging atau hewan yang memakan hewan lain. Arapaima ini merupakan salah satu jenis ikan yang memakan hewan lain seperti ikan-ikan kecil lainnya, krustasea (seperti udang, lobster, dan kepiting).

Bahkan ketika mereka yang terbiasa di permukaan air mereka juga memangsa atau berburu burung dan hewan-hewan yang ada disekitar sungai yang bisa mereka mangsa.

Dan jangan salah, ikan arapaima adalah salah satu predator yang berada di puncak rantai makanan di habitatnya. Karena mereka memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada ikan lainnya di habtatnya.

Status Konservasi Ikan Arapaima

www.kaskus.co.id

www.kaskus.co.id

Semakin tahun jumlah ikan arapaima yang memiliki ukuran lebih dari 4 m telah berkurang di alam liar. Dikarenakan banyak penduduk setempat maupun orang asing yang mengambilnya atau memburunya untuk dijadikan makanan atau di ekspor.

Hal tersebut menyebabkan berkurangnya ikan arapaima dan jika terus menerus diburu, hewan ini atau ikan tersebut akan menjadi salah satu spesies yang dilindungi.

Pemerintah setempat sudah melarang atau memberikan aturan bagi yang ingin menangkapnya. Akan tetapi pemerintah setempat memberikan toleransi bagi penduduk asli setempat walaupun berburunya tidak setiap saat. Ada waktu yang ditetapkan bagi penduduk asli untuk berburu.

Ikan arapaima sangat mudah sekali diburu oleh manusia, karena mereka sangat cenderung berada di permukaan air yang memudahkan manusia untuk menangkapnya atau menombaknya ketika mereka melihat ikan ini.

Namun yang mengonsumsi ikan arapaima oleh penduduk asli di sepanjang sungai Amazon hanya beberapa saja. Mereka suka sekali memakan daging dan lidah ikan arapaima ini.

Selain itu mereka juga mengumpulkan sisik-sisik sisa dari ikan arapaima yang mereka konsumsi untuk dijadikan sebagai perhiasan unik dan barang-barang lainnya.

Klasifikasi Ilmiah Ikan Arapaima

Jika diklasifikasikan ikan arapaima mempunyai klasifikasi sebagai berikut:

  • Kerajaan: Animalia
  • Filum: Chordota
  • Kelas: Actinopterygii
  • Ordo: Oteoglossiformes
  • Famili: Osteoglossidae
  • Subfamili: Heterotidinae
  • Genus: Arapaima
  • Spesies: A. Gigas
  • Nama Binomal: Arapaima Gigas

 

Menangkap atau Memancing Ikan Arapaima

beritaskrg.blogspot.com

beritaskrg.blogspot.com

Menangkap dan memancing ikan arapaima hanya boleh dilakukan dibeberapa tempat di sungai Amazon. Salah satunya  berada di daerah terpencil tertentu dari cekungan sungai Amazon.

Pada tahun 1918 sampai 1924 tingginya pemancing komersial telah membawa beberapa ton pertahun. Karena disebabkan oleh permintaan orang-orang yang hidup di tepian sungai.

Ketika ikan arapaima membutuhkan udara dan menghirup udara di permukaan, para nelayan tradisional menangkap mereka hingga mati. Setiap individu ikan arapaima dapat menghasilkan sebanyak 70 kg daging.

Beda halnya dengan yang terjadi di Thailang dan Malaysia. Kedua Negara tersebut memperkenalkan pemancingan ikan arapaima asli dari sungai Amazon.

Memancing ikan arapaima di Negara Thailand bisa dilakukan di beberapa danau yang terdapat ikan arapaima ini. Dimana specimen ikan ini lebih dari 150 kilogram yang ketika tertangkap kemudian dilepaskan kembali ke danaunya.

One Response

  1. Annisa Lenia Oktober 16, 2016

Leave a Reply