Keadaan Iklim di Indonesia Beserta Penjelasan Lengkapnya

Keadaan Iklim di Indonesia – Iklim di Indonesia terdapat 3 jenis iklim karena Indonesia merupakan negara yang terletak di garis katulistiwa.

Keadaan inilah yang menjadikan Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah.

Selain itu Indonesia dikenal dengan keindahan alamnya yang bahkan setiap tahun banyak wisatawan mancanegara dari seluruh dunia yang datang hanya untuk melihat dan menikmati keindahan alam negara kita Indonesia.

Kita sebagai warga negara Indonesia patut bersyukur karena tinggal di sebuah negara yang kaya akan sumber daya alam dan keindahan alamnya.

Belum tentu semua negara memiliki seperti yang ada di negara kita ini. Dan tugas kita sekarang bagaimana memanfaatkan dan mengelolanya dengan baik.

Pengertian Iklim

Iklim di Dunia

www.WordPress.com

Iklim adalah keadaan rata-rata cuaca suatu wilayah dalam jangka waktu yang cukup lama. Sedangkan cuaca merupakan suhu udara, curah hujan, angin, tekanan udara, dan sinar matahari pada tempat dan waktu tertentu.

Ciri-ciri iklim tropis:

  • Suhu udara yang cukup tinggi setiap tahun.
  • Rata-rata suhu udara tidak kurang dari 18 derajat celcius atau sekitar 27 derajat celcius.
  • Pada saat musim hujan atau kemarau tidak ada perbedaan yang sangat jauh atau hampir sama saja.
  • Lamanya siang dan malam terlihat hampir sama yaitu siang sekitar 12 jam dan malam 12 jam.

Iklim di Indonesia

iklim di indonesia

mboelane.blogspot.com

Indonesia dipengaruhi oleh tiga jenis iklim yang diantaranya adalah ilklim musim, iklim laut, dan iklim panas. Berikut ini penjelasan terkait tiga iklim yang terjadi di Indonesia:

1. Iklim Musim

Iklim musim ini disebabkan oleh angina musim yang setiap periode dan waktu tertentu selalu berubah-ubah. Umumnya perubahan dalam satu periode sekitar 6 bulan lamanya.

2. Iklim Laut

Iklim laut terjadi disebabkan negara Indonesia merupakan negara yang memiliki luas perairan laut yang sangat besar, sehingga sering terjadi penguapan dan terbentuk awan-awan yang menggumpal tebal dan terjadi hujan.

3. Iklim Panas

Iklim panas umumnya terjadi karena di Indonesia merupakan negara yang terdapat di daerah tropis. Suhu yang tinggi menyebabkan terjadinya penguapan air laut yang akhirnya berpotensi menjadi hujan.

Jadi ketika saat musim kemarau tiba, air laut yang berada di perairan Indonesia menguap dan uapan air laut tersebut lama-kelamaan menjadi gumpalan awan yang sering kita lihat. Dan jika waktunya tiba maka hujan pun akan terus turun.

Ketiga jenis iklim di atas merupakan salah satu dampak yang mengakibatkan terjadinya curah hujan yang cukup tinggi di Indonesia.

Dan setiap wilayah di Indonesia, curah hujan yang terjadi bervariasi atau berbeda-beda. Namun biasanya curah hujan yang turun sekitar 2.500 mm/tahunnya.

Walaupun hujan yang terjadi di setiap daerah di Indonesia, akan tetapi pada umumnya hujan yang sering turun merupakan curah hujan yang cukup besar.

Bulan yang sering terjadinya turun hujan diantaranya adalah bulan Oktober sampai bulan April. Kondisi seperti inilah yang menjadikan Indonesia sangat cocok untuk pertanian dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia.

Hujan yang terjadi di Indonesia bukan hanya berasal dari penguapan air laut yang berada di Indonesia saja, melainkan penguapan dari perairan laut atau samudra lain yang penguapan air tersebut dibawa oleh angin.

Angin yang membawa banyak uap air ini adalah angin muson. Terjadinya angin muson ini merupakan hal yang sangat menarik di Indonesia.

Angin muson merupakan angin yang terjadi karena terjadinya perbedaan tekanan udara antara samudra dan benua.

Saat terjadinya penguapan air laut oleh sinar matahari butuh proses yang cukup lama. Sedangkan benua lebih cepat menerima panas matahari dari pada laut.

Akibatnya samudra mempunyai tekanan yang cukup tinggi  jika dibandingkan dengan benua sehingga udara dari samudra bergerak menuju ke benua.

Sebaliknya, peristiwa musim kemarau di Indonesia umumnya terjadi pada bulan Mei sampai Bulan September.

Pada saat itulah angin yang berasal dari Benua Australia yang memiliki tekanan masimum bergerak menuju Benua Asia yang mempunyai tekanan minimum melalui wilayah Indonesia.

Angin yang menuju ke Benua Asia dari Benua Australia ini disebut atau dikenal dengan angin muson atau angin timur.

Kenapa ada angin yang berasal dari Benua Australia saat musim kemarau? Karena Benua Autralia 2/3 nya merupakan wilayah yang berupa gurun.

Angin yang bergerak dari Benua Australia menuju Benua Asia mengandung sedikit uap air. Dan angin yang dari Benua Australia ini melewati wilayah perairan yang sempit antara Australia dan Indonesia.

Sehingga uap air yang dibawa angin atau udara dari Benua Australia menuju ke benua Asia relaif lebih sedikit. Dan saat itulah terjadinya musim kemarau.

Unsur-unsur Iklim

unsur unsur yang membentuk iklim

www.satujam.com

Iklim pun mempunyai unsur-unsurnya. Walaupun antara ilkim dan cuaca berbeda, namun keduanya terbentuk dari unsur-unsur yang sama.

Berikut ini beberapa poin terbentuknya iklim dan cuaca:

1. Angin

2. Suhu Udara

3. Kelembapan Udara

4. Curah Hujan

5. Awan

6. Penyinaran Matahari

Ciri-ciri Iklim di Indonesia

iklim tropis di indonesia

2.bp.blogspot.com

Iklim yang terjadi di Indonesia merupakan iklim tropis atau iklim panas. Dan Indonesia letak astronomisnya terletak di antara 6° LU – 11° LS dan 95° BT – 141° BT.

Ciri-ciri iklim yang terjadi di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Tekanan udara yang terjadi di Indonesia cukup rendah dan perubahannya pun secara perlahan-lahan dan beraturan.
  • Rata-rata suhu udaranya tinggi karena matahri yang menyinari wilayah Indonesia selalu vertical. Biasanya suhu udaranya antara 20-23° C. Dan bahkan suhu tahunannya rata-rata dibeberapa daerah  dapat mencapai 30° C.
  • Hujan yang terjadi di Indonesia lebih banyak disbanding dengan daerah lainnya di dunia.
  • Amplitudo suhu rata-rata setiap tahunnya terbilang kecil. Sedangkan hariannya terbilang lebih besar.
  • Di beberapa pulau besar di Indonesia variasi unsur iklimnya berbeda-beda. Karena terdapat banyak gunung-gunung besar seperti pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan papua.
  • Dipengaruhi oleh pergerakan matahari yang mengakibatkan peredaran pola angin terdapat 2 musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan.
  • Keadaan pulau-pulau inilah yang juga penyebab terjadinya iklim tropis di Indonesia. Karena sebagain besar daratan di seluruh Indonesia dipenuhi dengan perairan laut atau samudra. Dan itu juga menjadi salah satu penyebab Indonesia terdapat iklim laut.

2 Comments

  1. ninda Oktober 13, 2016
    • aqieb Oktober 13, 2016

Leave a Reply