4 Jenis Ikan Cupang Hias Mempesona

Ikan cupang merupakan ikan yang memiliki keindahan tersendiri  dalam seluruh bentuk tubuhnya. Ikan cupang memiliki habitat tersendiri di setiap Negara. Contohnya ikan cupang yang memiliki habitat asli pada bagian Negara di Asia Tenggara. Seperti Indonesia, Thailand, Malasyia, dan Vietnam. Ikan cupang merupakan ikan yang memiliki karakter yang sangat agresif. Terdapat berbagai jenis cupang. Ikan cupang ini memiliki 3 jenis golongan yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Dan ini merupakan 4 jenis cupang hias yang perlu diketahui:

  • Halfmoon (setengah bulan)

ikan-cupang-halfmoon-biru

(sumber: www.binatangpeliharaan.org)

Ikan cupang halfmoon merupakan ikan hias yang bentuk ekornya menyerupai setengah bulan. Ikan cupang ini pertama kali dikembangkan oleh Peter Goettner pada tahun 1982. Ikan cupang ini memiliki keindahan disetiap tubuhnya. Jika dilihat, ikan cupang halfmoon ini terlihat sangat mempesona. Ikan cupang halfmoon memiliki kesamaan dengan ikan cupang jenis plakat. Tetapi yang membedakan dari dua ikan cupang tersebut adalah ikan cupang plakat ekornya lebih pendek dari pada ikan cupang halfmoon.

Perkembangan ikan cupang luamayan pesat. Karena bentuk dan keindahan ekornya yang membuat ikan ini menjadi sangat populer dikalangan pecinta ikan cupang. Perkembangan ikan cupang ini dimulai dari Amerika, Perancis, dan Swis. Sebelumnya ikan ini pernah ikut serta dalam kontes IBC (International Betta Congress) di Alabama. Sayang, dalam kontes tersebut, ikan cupang ini belum bisa meraih kemenangan. Penilaian ikan ini oleh juri IBC dengan masyarakat berbeda. Padahal ikan cupang Halfmoon memiliki kemolekan yang sangat istimewa.

Kemudian tiga Negara pertama yang mengembangkan ikan cupang Halfmoon ini membentuk organisasi yang dinamakan IBSC (International Betta Splendens Club).

  • Cupang Serit

Ikan cupang ini memiliki dua jenis:

1. Combtail (serit ekor tunggal)

ikan cupang kontes - Red Serit Combtail

Ikan cupang ini memiliki sirip berbentuk sisir. Cupang ini biasa disebut serit oleh pecinta cupang karena memiliki serit yang sangat kecil pada bagian sungutnya yang bentuknya seperti bergigi. Walaupun memiliki ekor yang panjang, ikan cupang ini masuk dalam jenis ikan cupang combtail oleh IBC dan diberi tambahan nama extended dibelakangnya. Sebutan ikan cupang crowntail hanya bisa dikatan untuk cupang yang memiliki 2 tulang serit panjang atau lebih.

2. Crowntail (serit ekor dua atau lebih)
Crowntail-Betta-cupang-serit

(sumber: www.cupangmania1.blogspot.com)

Perkembangan ikan cupang ini semakin meluas. Berbagai macam jenis cupang ini banyak ditemukan diberbagai belahan dunia. Ikan cupang ini disebut crowntail bagi mereka yang memilki ekor tulang ganda atau lebih. Dalam jenis cupang crowntail terdapat dua jenis, yakni cupang jenis balon dan cupang jenis balok. Perbedaan dari dua jenis cupang tersebut, untuk cupang jenis balon terlihat dari adanya selaput lendir di antara tulang serit. Pada jenis cupang balok, terlihat dari tulang serit yang kasar dan tidak memiliki selaput. Untuk mengetahui dua jenis cupang crowntail tersebut ketika cupang tersebut sudah dewasa.

  • Doubletail (ekor ganda atau cagak)

 

(sumber: www.aboutbettafishtanks.com)

(sumber: www.aboutbettafishtanks.com)

Sebutan doubletail pada ikan cupang ini karena dia memiliki belahan pada sirip ekor yang terlihat istimewa. Selain itu juga ikan cupang ini memiliki pangkal sirip punggung dan sirip anal yang sama panjang. Ketika ikan cupang ini mengembangkan siripnya, akan membentuk sebuah kesempurnaan lingkaran yang simetris. Dikarenakan itu tadi, memiliki sirip punggung dan sirip anal yang sama panjang.

Jarang sekali jenis ikan ini di dikembangkan. Karena tingkat keberhasilan untuk mengembangkan ikan ini dengan bentuk yang sempurna, relatife rendah. Jadi, kontes untuk ikan cupang jenis ini jarang diselanggarakan oleh panitia.

  • Plakat Halfmoon (ekor pendek)

(sumber: www.betta138.blogspot.com)

(sumber: www.betta138.blogspot.com)

Ikan cupang plakat merupakan hasil perkawinan dari berbagai jenis cupang lainnya. Seperti pada ikan cupang halfmoon dan doubletail. Hasil dari perkawinan tersebut menghasilkan bentuk sirip yang bervariasi. Ikan cupang plakat halfmoon merupakan perkawinan silang antara cupang plakat dengan cupang halfmoon yang akhirnya menghasilkan ikan cupang plakat yang memiliki ekor lebih pendek dari pada ikan cupang halfmoon. Biasanya cupang ini dikhususkan hanya untuk kontes hias yang terfokus pada keindahan warna dan bentuk sisiknya.

  • Giant (cupang raksasa)

Articles-Giantstory8

(sumber: www.kaskus.co.id)

Ikan cupang giant merupakan jenis ikan cupang terbesr dari jenis spesies ikan cupang lainnya. Panjangnya dapat mencapai ukuran 11 cm. Namun dalam pergerakan ikan ini berbeda dengan jenis ikan cupang pada normalnya. Akan tetapi, bukan menjadi halangan bagi ikan cupang giant ini melihatkan keganasannya pada musuh yang dia lihat. Dia akan mengembangkan insang dan sirip-siripnya untuk menyerang musuh yang dia lihatnya.

3 Comments

  1. Dian Radiata Maret 12, 2016
    • aqieb Maret 12, 2016
  2. Nasirullah Sitam April 6, 2016

Leave a Reply