Pengertian Kesehatan Tubuh

Menjaga tubuh agar tetap sehat sangatlah penting. Oleh karena itu, kesehatan tubuh perlu diperhatikan dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit. Kenapa kita harus menjaga tubuh? Karena kesehatan merupakan sumber daya yang sangatlah penting untuk kehidupan sehari-hari agar bisa melakukan kegiatan yang bisa bermanfaat untuk orang lain.

Pengertian Kesehatan menurut Wikipedia secara umum adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Sedangkan Pengertian Kesehatan menurut  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 1948 mengatakn bahwa pengertian kesehatan adalah sebagai “suatu keadaan fisik, mental, dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kelemahan”.

Pengertian Kesehatan Menurut Undang-Undang:

  • Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.
  • Upaya Kesehatan adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah dan atau masyarakat.
  • Tenaga Kesehatan adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan atau keterampilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.
  • Sarana Kesehatan adalah tempat yang dugunakan untuk menyelenggarakan upaya kesehatan. Kesehatan adalah sesuatau yang sangat berguna.
  • Pemeliharaan Kesehatan adalah proses membantu seseorang, dengan bertindak sendiri-sendiri ataupun secara kolektif, untuk membuat keputusan berdasarkan pengetahuan mengenai hal-hal yang mempengaruhi kesehatan pribadinya dan orang lain.

Kesehatan merupakan syarat untuk melakukan kegiatan secara optimal yang pada akhirnya kesehatan sesorang akan mempengaruhi produktifitas dan prestasi yang dilakukan. Kesehatan sesorang perlulah dijaga. Karena jika kita tidak menjaga tubuh kita, jarang melakukan aktivitas olahraga yang cukup akan berdampak mudahnya penyakit yang akan masuk kedalam tubuh kita dan akan sering mengalami penurunan daya tahan tubuh. Untuk menghindari terjadinya penyakit mudah masuk ke dalam tubuh kita, perlu Menjaga Pola Hidup Sehat.

Selain pola hidup yang sehat, kita juga perlu olahraga secukupnya. Seperti halnya olahraga yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW. Karena kesehatan adalah hal yang didambakan setiap orang agar bisa melakukan aktivitas dengan tenang. Selain itu, dalam keadaan sehat ita bisa bergaul dengan sanak saudara, kerabat, dan teman jadi lebih nyaman.

(sumber: www.tipsatasibadanlemas.wordpress.com)

(www.tipsatasibadanlemas.wordpress.com)

Dalam melakukan aktivitas sehari-hari pastilah tubuh kita akan mengalami penurunan daya tahan tubuh. Hal tersebut dikarenakan energy yang kita kumpulkan setelah istirahat terpakai untuk aktivitas yang kita lakukan setiap harinya. Untuk mengembalikan atau mengumpulkan energy dalam tubuh kita, tubuh kita perlu istirahat. Dalam istirahat pun tidak asal-asalan. Tubuh kita perlu istirahat yang cukup dan berkualitas. Kerena tidur yang cukup dan berkualitas juga mempengaruhi keadaan tubuh kita setelah istirahat. Selain itu juga, kita juga perlu menjaga tubuh kita agar tetap sehat pada zaman saat ini.

Selain bisa beraktivitas dengan baik, dalam keadaan sehat dapat mempengaruhi kebahagiaan hati seseorang. Kesehatan fisik, mental, ataupun ruhani dapat mempengaruhi mood seseorang untuk melakukan kegiatan sehari-hari secara maksimal. Jika kita melakukan aktivitas dalam keadaan sakit, tentu tidak akan optimal dalam aktivitas tersebut. Oleh karena itu mengapa menjaga kesehatan sangat penting bagi manusia.

Selain menjaga kesehatan diri sendiri, kita juga perlu menjaga kesehatan orang lain. Kenapa kita juga harus menjaga kesehatan orang lain juga? Karena terkadang kita hanya memikirkan diri-sendiri tanpa memperhatikan orang lain yang pada akhirnya akan berdampak pada diri kita sendiri. Contohnya membuang limbah atau sampah sembarangan, itu akan menjadi pencemaran lingkungan yang nantinya dapat menjadi wabah penyakit bagi masyarakat sekitar.

Upaya-upaya untuk menjaga kesehatan diri sendiri memanglah harus. Tetapi, menjaga lingkungan masyarakat jugalah perlu. Jika lingkungan sehat, masyarakat juga akan sehat. Jadi menjaga kesehatan bukan hanya pada diri sendiri, melainkan pada lingkungan juga. Karena semua itu akan saling mempengaruhi dan akan berbalik pada diri kita sendiri.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply