20 Pemandangan Wisata Bawah Laut di Indonesia yang wajib kamu ketahui

Indonesia merupakan Negara dengan kepulauan terbesar di Dunia. Selain itu, Indonesia memiliki  banyak sekali keanekaragaman hayati. Salah satunya keanekaragaman hayati laut. Indonesia memiliki luas laut yang mencapai 3.257.483 km².

Di dalam laut terdapat banyak sekali jenis spesies yang hidup di laut. Contohnya yang akan dibahas adalah pemandagan trumbu karang yang begitu indah hidup di tempat-tempat seluruh penjuru Indonesia.

Ini dia pemandangan-pemandangan yang terdapat di Indonesia yang tak kalah jauh dengan milik negara lain. Bahkan masuk dalam daftar taman laut terindah di dunia.

1. Taman Wisata Laut Bunaken

Nama Bunaken sudah tidak asing lagi bagi kita. Bunaken ini merupakan Taman Laut yang sangat terkenal di seluruh Indonesia. Bahkan terkenalnya sampai ke seluruh Dunia.

Taman Nasional Bunaken terletak di Manado, Provinsi Sulawesi Selatan. Untuk mencapai ke tempat tersebut dari pelabuhan Manado, berjaraj sekitar 7 mil.

Hanya membutuhkan waktu sekitar 30-50 menit untuk sampai kesana. Tergantung kapal yang di naiki.

Taman Nasional Bunaken terdapat banyak sekali jenis terumbu karang yang hidup disana. Terumbu karang tersebut merupakan rumah berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya.

Disana anda akan menemukan pesona alam bawah laut yang menajubkan lainnya. Anda akan diklilingi biota laut yang dapat memanjakan diri anda.

bunaken-island-1

Fishing_wallpapers_299

15_clown_anemonefish_2

Wisata-Bawah-Laut-Indonesia

 

2. Taman Wisata Laut Raja Ampat

Wisata Raja Ampat terletak di Provinsi Papua Barat, Kabupaten Raja Ampat. Wisata ini juga sudah terkenal ke berbagai negara di Dunia.

Tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke tempat ini. Karena pesona alam yang begitu indah dan juga wisata bawah laut yang sangat terkenal.

Wisata bawah laut di Raja Ampat merupakan salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Flora dan fauna di bawah laut Raja Ampat terdapat banyak sekali spesies yang hidup disana.

terumbu-karang

Chicken reef112014Raja Ampat

 

3. Taman Wisata Laut Karimun Jawa

Taman Nasional Karimun Jawa ditetapkan sebagai Taman Nasinonal pada tahun 2001. Taman ini terletak di Kecamatan Krimunjawa, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah.

Taman Nasional Karimun Jawa terkenal akan keindahan lautnya. Jarak pulau Karimun Jawa ke Kota Jepara Sekitar 83 Km.

Untuk menempuh perjalanan kesana, bisa menggunakan jalur laut ataupun jalur udara. Disini juga terdapat penangkaran ikan hiu yang tidak perlu anda takutkan. Karena anda bisa berenang dengan hiu-hiu tersebut.

Karimun-Jawa

KEJERNIHAN-AIR-LAUT-KARIMUNJAWA

Pemandangan-Bawah-Laut-Karimunjawa

 

4. Taman Wisata Laut Wakatobi

Wakatobi merupakan Taman Nasional terkenal di dunia menurut Ekspedisi Wallacea dari Inggris pada tahun 1995. Taman Nasional ini terletak di sebuah Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Didalam laut Wakatobi terdapat berbagai jenis terumbu karang dan berbagai jenis ikan yang dapat membuat anda terpesona.

Selain di dalam lautnya, anda juga bisa menjumpainya di sepanjang km garis pantai. Taman Nasional ini juga sudah terkenal sampai ke Mancanegara.

Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung kesini hanya untuk menikmati indahnya pemandangan yang mempesona.

bawah laut wakatobi

deskripsi-pulau-wakatobi

wakatobi-

 

5. Taman Wisata Laut Takabonerate

Takabonerate merupakan Taman Nasional yang memiliki atoll terbesra ketiga di Dunia setelah Kwajifein di Marshal dan Suvadiva di Moldiva.

Luas atoll tersebut mencapai 220.000 hektar, dengan terumbu karang yang tersebar luas mencapai 500 Km2.

Taman Nasional Takabonerate terletak di daerah Kabupaten Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan. Ditetapkannya Taman Nasional ini pada tahun 2001 karena banyaknya akan kekayaan Spot Diving yang unik.

298384_2221403382824_1479871084_31953329_1902199317_n1

Taman_Nasional_Taka_Bonerate_03

Taka Bonerate, South Sulawesi - Indonesia. ©Ramadian Bachtiar

6. Taman Wisata Laut Selat Pantar

Keindahan akan pemandangan yang disajikan oleh Selat Pantar tidak kalah menarik dibandingkan dengan taman laut seperti Bunaken, Raja Ampat, dan lainnya.

Wisata bawah laut ini sering dikunjungin para diver professional karena salah satu dari mereka menyatakan terdapat tanaman atau terumbu karang yang menurut mereka langka.

Selat Alor terletak di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selat Alor memiliki kekayaan alam yang sangat mempesona dan indah, bahkan sampai dibandingkan dengan taman laut Karibia.

Menurut salah satu diver bahwa Taman Laut Selat Pantar masih alami dan jarang manusia yang menjamahnya.

mdh.1424426935

Terumbu-Karang-di-Taman-Laut-Selat-Pantar

Taman Laut Selat Pantar 2

tumblr_m3mussurwt1ruf8bno1_1280

 

7. Taman Wisata Laut Pulau Derawan

Pulau Derawan terletak di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Pulau ini memiliki panorama yang indah, hamparan pasir putih yang mempesona. Dihiasi dengan pohon-pohon yang kelapa yang rindang.

beach103

Pulau Derawan juga memiliki taman laut yang tak kalah mempesona dengan taman laut yang lain di berbagai titik di wilayah Indonesia.

Di Pulau Derawan terdapat ekosistem yang dapat menarik perhatian wisatawan mancanegara untuk melihat keindahan taman bawah lautnya.

Selain itu, juga terdapat spesies yang dilindungi, seperti penyu hijau, penyu sisik, lumba-lumba, paus, dan spesies lainnya.

4.Pulau-Maratua-yang-Seindah-Raja-Ampat.31

ikan-hiu-750x350

1711023sangalaki-kaltim780x390

underwater-771

 

8. Taman Wisata Laut Pulau Menjangan

Pulau Menjangan merupakan salah satu taman wisata yang terdapat di Kawasan Taman Nasional Bali Barat. Pulau Menjangan terdapat tempat untuk snorkeling dan diving terbaik di Bali.

Disana terdapat banyak jenis terumbu karang yang mengelilingi Pulau Menjangan. Termasuk jenis-jenis spesies yang hidup berdampingan dengan terumbu karang yang sangat mempesona.

IMG_9754

menjangan-softcoral

 

9. Taman Wisata Laut Pulau Togean

Obyek Wisata Kepulauan Togean merupakan Obyek keindahan yang terletak di pantai dan laut dengan berbagai jenis terumbu karang yang berbeda-beda yaitu karang atoll, karang barrier, dan karang pantai.

Karang tersebut menjadi habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna laut.

Obyek Wisata Togean terletak di wilayah Kabupaten Tojo Una-una,Provinsi Sulawesi Tengah. kepulauan ini memiliki 6 pulau besar dan sekitar 60 pulau kecil-kecil.

Kepulauan Togean menyimpan kekayaan alam yang sangat menajubkan dan mempesona bagi siapa saja yang berwisata kesana.

The-Coral-Triangle

Salah-Satu-Jenis-Karang-Tompoh

288620_ilustrasi-alam-bawah-laut_663_382

togean

10. Taman Wisata Laut Banda

Wisata Bahari Laut Banda terdapat kegiatan wisata yang beraneka ragam. Mulai dari melihat taman laut dari perahu atau menyelaminya, memancing ikan cakalang dan tuna, melihat ikan paus, dan berbagai jenis spesies ikan dan karang.

Lokasi Obyek Wisata Bahari Laut Banda terletak di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Obyek Wisata Laut Banda terletak di antara Pulau Neira, Pulau Gunung Api, Pulau Ai, Pulau Sjahrir, dan Pulau Hatta.

Banyaknya sekali jenis-jenis ikan langka seperti ikan napoleon yang jarang ditemui di tempat lain, menandakan bahwa air di laut tersebut masih bagus dan alami. Oleh karena itu tidak heran jika banyak turis yang berdatangan.

Diving-di-Pulau-Weh-Sabang-2

533723_10151142987703562_1728086814_n-850x637

banda-neira-2

 

11. Taman Wisata Laut Teluk Cendrawasih

Di Papua Barat bukan hanya memiliki keindahan Taman Nasional Raja Ampat, melainkan juga terdapat Taman Nasional lainnya yaitu Taman Nasional Teluk Cendrawasih.

Keindahan Teluk Cendrawasih tidak kalah mempesonanya dengan Raja Ampat yang masih dalam satu Provinsi.

Teluk Cendrawasih merupakan perairan terluas di Indonesia. Disana juga terdapat pusat penelitian hiu paus (whale shark).

Hiu tersebut merupakan hiu terbesar di dunia. Apakah berbahaya? Tidak, justru hiu tersebut sering berinteraksi dengan wisatawan dan para penyelam. Bahkan dapat berenang bersama-sama.

0001354TerumbuKarangRajaAmpatPapuaBarat101367154652-preview780x390

Taman-Nasional-Teluk-Cendrawasih

552be5f16ea834195a8b4569

 

12. Taman Wisata Laut Tulamben

Ini dia wisata Tulamben yang terletak di Desa Tulamben, Kecamatn Kubu, Bali. Wisata Tulamben tidak kalah jauh dengan Wisata Laut Menjangan yang juga terdapat di Bali.

Wisata Tulamben terkenal akan keindahan Wisata bawah lautnya yang terdapat karamnya kapal Liberty Glo milik Amerika Serikat dulu waktu Perang Dunia II.

Karena sudah lama karam dan menyatu dengan kehidupan laut seperti terumbu karang, dan di huni oleh banyak jenis spesies flora dan fauna sebagai tempat tinggal dan bermain, akhirnya menjadi sebuah wisata yang sangat menarik dan mempesona untuk tidak dilewatkan.

tulamben

menyelam-di-tulamben

 

13. Taman Wisata Laut Pulau Bangka

Pulau Bangka juga merupakan wisata Bahari bawah laut yang eksotis. Mungkin masih sedikit yang mengetahui apalagi menyaksikan keindahan wisata bawah lautnya.

Wisata pulau Bangka terkenal akan Keindahan terumbu karangnya yang terdapat banyak ikan nemo hidup disana.

coral-reef-TNC

karang

 

14. Taman Wisata Laut Maumere Flores

Setelah sekian lama diterjang gempa bumi dan tsunami pada tahun 1992, akhirnya Taman Laut Maumere Flores menyaguhkan kepada kita sebuah pemandangan yang berbada, menampakkan kecantikan nan kemolekannya.

Akibat dari terjangan gempa bumi dan tsunami, mampu mendisign taman laut tersebut berbeda dengan taman laut dimana pun.

Taman Laut Maumere Flores terletak di Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur. Taman Laut maumere saat ini menyimpan kekayaan laut yang tak kalah indahnya seperti taman laut lain di Indonesia maupun di Dunia. Seperti berbagai jenis spesies ikan dan terumbu karang.

4-keindahan-surgawi-maumere-yang-pantang-dilewatkan

ende-3

 

15. Taman Wisata Laut Pulau Rubiah

Taman Laut Pulau Rubiah merupakan salah satu wisata bahari laut yang mempesona di Aceh. Taman Laut Pulau Rubiah menyediakan tempat untuk snorkeling dan diving.

Kerena disini anda akan menemui berbagai jenis spesies ikan tropis dan berbagai jenis terumbu karang yang indah-indah dan mempesona.

Lokasi Pulau Rubiah berada di Pulau Weh, Sabang, Aceh, Sumatra. Karena keindahan taman lautnya, banyak wisatawan yang datang. Bukan hanya dari dalam negeri saja, dari mancanegara pun juga ada.

pulau-rubiah

13

 

16. Taman Wisata Laut Kepulauan Seribu

Taman Nasional bawah Laut Pulau Sepa, Kepulauan Seribu tidak kalah menarik untuk di kunjungi walau terdapat di kawasan Jakarta.

Lokasi wisata ini berada di Kecamatan Kepulauan Seribu, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Di Pulau Sepa ini juga terdapat Snorkeling untuk melihat terumbu karang yang indah-indah. Dan juga jenis-jenis ikan warna-warni yang dapat dijumpai disana.

IMG_3126

kepulauan seribu

17. Taman Wisata Laut Pulau Lembeh

Selat Lembeh terdapat di wilyah otonom kota Bitung, kota yang terdapat di Provinsi Sulawesi Utara. Perairan ini terkenal akan keanekaragaman invertebrata terutama dari jenis Echinodermata.

Banyak sekali jenis flora dan fauna yang terdapat di Selat Lembeh ini. Bahkan menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi tempat ini untuk diving.

Berbagai macam jenis ikan warna-warni, terumbu karang yang mempesona, dan banyak lainnya yang dapat memanjakan mata kita.

dbff69e7024785909b933718778c38fd.image.800x531

diving-raja-ampat

 

18. Taman Wisata Laut Pulau Weh

Pulau Weh masih dalam satu Provinsi dengan Aceh. Pulau Weh memberikan kecantikan dan keindahannya melalui pesona bawah laut yang begitu menakjubkan.

Keindahan wisata laut bawah Pulau weh tidak kalah menarik dengan yang lain. Karena wisatawan dari luar pun datang kesini untuk menikmati indahnya taman laut di Pulau Weh.

PULAU-WEH-SUMATRA_-ACEH-by-Ekhard-Krumpholz-067-1024x657

Pulau Weh lies at the most north westerly tip of Indonesia, where the Indian Ocean meets the Andaman Sea. The deep water and strong currents that sweep past the island provides perfect conditions for both large and small marine species. The island has active volcanic vents that emit sulphurous gases and lies close to an active subduction zone. Pulau Weh lies just off shore from Banda Aceh, the city that was devastated during the 2004 tsunami. Fortunately, damage on the island was minimal compared to the devestation on the mainland.

 

19. Taman Wisata Laut Teluk Jailolo

Telauk Jailolo dikenal juga dengan sebutan Gailolo. Teluk tersebut berada di Pulau Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara.

Di Halmahera Barat memiliki potensi alam bawah laut yang mempesona dan beragam. Tempat tersebut sangat bagus dan cocok untuk diving, karena terdapat terumbu karang dan berbagai jenis flora dan fauna yang bisa membuat anda betah disana.

(sumber: www.travellersindo.blogspot.com)

Festival Teluk Jailolo 6

(sumber: www.travellersindo.blogspot.com)

20. Taman Wisata Laut Gili Trawangan

Wisata Gili Trawangan merupakan tempat yang eksotis untuk dikunjungin. Wisata ini terdapat di Nusa Tenggara Barat.

Wisata Gili Trawangan memiliki banyak sekali tempat untuk rekreasi, contohnya pantai yang bersih dan berwarna biru gradasi yang jernih.

Selain itu yang paling di minati adalah alam bawah laut yang juga mempesona dan indah. Kegiatan snorkeling dan diving  disini merupakan kegiatan yang sangat popular.

Underwater Wallpaper HD (1)

Gili Kondo Lombok Indonesia

snorkeling-gili-trawangan (sumber: www.wallpaperstone.blogspot.com)

Nah itulah 20 wisata bawah laut yang perlu Anda ketahui yang hanya ada di Negara tercinta kita Indonesia. Jika ada masukan atau mempunya tempat wisata yang belum dijelaskan di artikel ini bisa berkomentar untuk memberikan pendapat atau masukan-masukan lainnya.

2 Comments

  1. Marlee Agustus 7, 2016
    • aqieb November 12, 2016

Leave a Reply