Pendaftaran ke Jakarta

Tahun 2012/2013 adalah tahun dimana aku masuk Sekolah Menengah Atas Adzkia Islamic School Daarut Tauhiid Jakarta. Sebelum masuk Sekolah Menengah Atas tersebut, aku sempat berpikir “ aku nanti mau masuk Sekolah mana ya setelah keluar dari sini?”. Sedangkan teman-temanku yang lain sudah sibuk mendaftar ke Sekolah-sekolah yang mereka inginkan. Aku lulusan dari SMP IT Bina Amal Gunungpati, Semarang. Disana sekolahnya berbasis Islamic Boarding School.

Aku angkatan ke dua dari sekolah tersebut yang waktu itu masih dalam tahap pembangunan. Mungkin sekarang disana sudah berkembang pesat kali. Karena aku sudah tiga tahun tidak berkunjung kesana, Insya Allah nanti kalau ada rezeki aku berkunjung kesana. Setelah keluar dari sana aku mendapat kabar dari Orangtuaku  bahwa aku disuruh masuk Sekolah di Jakarta. Disana sekolahnya terdapat banyak sekali program-program yang mendukung. Seperti menghafal Al-quran, Ekstra kurikuler, belajar kitab kuning, dan sebagainya. Program tersebut aku rasakan ketika aku masih disana. Kalau sekarang aku kurang tau programnya berubah atau tidak, soalnya aku sudah lulus dari sana.

Nama sekolahnya Adzkia Islamic School, yang terdapat di Jl. Suka Mulya No. V Ciputat, Tangerang Selatan. Sekolah tersebut berada dibawah naungan Yayasan Daarut Tauhid Jakarta.  Orangtuaku mendapat info sekolah di Jakarta dari Kakakku yang sedang menghafal Al-Qur’an di Jakarta, tepatnya di Markaz Qur’an, Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Kemudian dari pihak sekolah disana telah mencantumkan syarat-syarat untuk mendaftar bagi calon peserta didik baru. Setelah itu orangtuaku mengurus semua syarat-syarat yang sudah di buat oleh pihak sekolah dan mengirimkan kesana lewat kantor pos.

Setelah lama menunggu satu minggu akhirnya orangtuaku dihubungi oleh pihak sekolah di Jakarta bahwa aku diterima disana dan lanjut dengan tes tulis dan wawancara. Beberapa hari kemudian aku dan Orangtaku berangkat ke Jakarta untuk menjalani tes masuk. Kami berdua berangkat dari rumah sekitar jam 19.30.

bus

Sebelumnya kami mencari bus yang murah jurusan Jakarta. Namun sudah lama menunggu, aku dan orangtuaku tidak mendapatkan bus yang kami cari. Kemudian aku dan orangtuaku pergi ke Terminal terdekat yang banyak dikunjungi bus-bus besar jurusan Jakarta. Setelah lama menunggu, orangtuaku mendapatkan bus yang fasilitasnya bagus, walaupun harganya lumayan mahal. Orangtuaku terpaksa menaiki bus tersebut. Karena besoknya adalah hari tes terakhir yang diadakan oleh pihak sekolah. Sesuai dengan fasilitas dan keadan bus yang masih bagus. Akhirnya buspun meninggalkan terminal untuk melanjutkan perjalanan ke kota terbesar di Indonesia.

Tanpa terasa akhirnya aku dan Orangtuaku sampai di Jakarta. Kami turun di Pasar Rebo karena kakakku akan menjemput disana. Setelah sekian lama menunggu kakakku tak kunjung datang juga. Akhirnya aku dan Orangtuaku langsung melanjutkan perjalanan menuju sekolah yang berada di di Ciputat, Tangerang Selatan. Alhamdulillah kami sampai juga ditempat sekolah yang akan aku jalani tes.

Ternyata aku adalah anak terakhir yang mengikuti tes. Setelah selesai mengikuti tes aku menunggu untuk giliran tes wawancara. Setelah menunggu beberapa lama akhirnya tes wawancara juga, dan Alhamdulillah semua sudah selesai dan menunggu hasil dari tes masuk sekolah tersebut. Tes tersebut bertepatan hari jumat. Setelah selesai tes tiba-tiba aku melihat kakakku  datang besama temannya ketempat aku tes. Akhirnya orangtuaku mengajak makan bakso setelah sholat jumat selesai.

pulang

Kami pulang dari sana setelah sholat ashar dan langsung pulang ke Jawa Tengah. Itu adalah perjalan yang sangat melelahkan. Aku lelah tak masalah, tapi orangtuaku, beliau sudah hampir lanjut usia. Aku tidak tau apa yang harus aku lakukan untuk membalas jasanya. Aku sangat berterima kasih kepada orangtuaku yang sangat mendukung aku. Walapun aku tidak bisa membalas jasa mereka, setidaknya aku selalu mendoakannya dan berusaha menjadi anak yang dibanggakan oleh ke dua orangtuaku.

Akhirnya aku dan orangtuaku tiba di rumah. Kami pun langsung istirahat untuk melepas lelah setelah perjalanan jauh. Seperti biasa ketika aku dirumah, aku selalu membantu ke dua orangtuaku. Hari demi hari pun telah terlewati. Seminggu setelah tes di Jakarta, rasanya hanya sebentar. Pada hari minggu orangtuaku mengajakku ke kota Semarang. Entah ada apa orangtuaku kesana aku hanya menuruti keinginannya. Dan ternyata pergi ke tempat saudara dan berbelanja.

Pada saat kami ke kota Semarang ternyata dari pihak sekolah yang dari Jakarta mendatangi ke rumahku untuk survey keadaan rumahku. Aku tidak tau kalau dari pihak sekolah akan ada survey ke rumahku. Tapi Alhamdulillah ada Abiku yang masih di rumah. Beliau menjaga rumah dan Alhamdulillah bertemu dengan mereka. Sebelumnya, ummi ditelepon abi kalau dari pihak sekolah datang untuk survey. Ummiku meminta abiku untuk mengurusnya. Dan Alhamdulillah semuanya sudah beres.

my school

Setelah beberapa hari kemudian, kedua orangtaku ditelepon dari pihak sekolah kalau aku diterima disana. Dan aku bisa berangkat sesudah tanggal yang ditentukan oleh pihak sekolah. Aku sangat bersyukur bisa sekolah disana, karena ketika pertama kesana lingkungan disana bersih, asri, hijau, dan bernuansa islami. Banyak pepohonan seperti pohon pinus yang rindang. Belajar dibawah pohon bisa membuat pikiran jernih dan tenang.

 

Seminggu setelah tempat tinggalku di survey oleh pihak sekolah, akhirnya aku di temani oleh Abiku berangkat ke Jakarta. Dan itu adalah perjalananku ke dua ke Jakarta yang sebelumya aku hanya melihat Jakarta dengan gedung-gedung yang besar-besar dan tinggi hanya lewat televisi. Dan sekarang aku akan melihatnya sendiri. Pada saat itu berangkat pada malam jumat, yang kemungkinan memakan waktu perjalan hampir setengah hari.

Leave a Reply