Pengertian dan Sejarah Memanah

Pengertian Memanah

Pengertian panahan adalah kegiatan olahraga yang menggunakan busur panah untuk menembakan anak panah ke sasaran yang sudah ditentukan. Pemain panahan disebut pemanah. Dalam pertandingan memanah, setiap pemain atau pemanah harus melepas anak panah ke sasaran yang sudah ditentukan. Setiap pemain hanya mendapatkan tiga buah anak panah. Permainan ini boleh dimainkan seorangan ataupun pertim. Kalau pertim biasanya terdiri dari tiga orang.

Sejarah Panahan

Panah merupakan alat yang digunakan untuk berbagai kepentingan dari zaman ke zaman. Awal mula ditemukan sebuah alat panah sampai saat ini belum jelas siapa yang menemukan alat tersebut. Yang pasti panah sudah dikenal sejak 500 tahun yang lalu sebagai alat berburu, berperang atau alat tempur dan sampai saat ini banyak digunakan sebagai olahraga ketepatan.

Awal Terbentuknya Organsasi Panahan di Indonesia

Organisasi panahan di Indonesia terbentuk sejak tanggal 12 Juli 1953 di Yogyakarta yang diprakarsai oleh Sri Paku Alam VIII denan nama PERPANI (Persatuan Panahan Indonesia). Pada tahun 1959 Indonesia diterima sebagai anggota FITA (Federation International de Tir A L’arc) dalam konggres di Osio, Norwegia. Kemudian pemanah-pemanah Indonesia terus mengembangkan pelatihan dalam memanah agar bisa mengikuti kejuaraan panahan dunia sampai saat ini.

 

Ukuran Lapangan Memanah:

Untuk lapangan panahan bisa di area tertutup maupun area terbuka yang khusus dengan alat target atau sasaran anak panah dan jarak-jarak yang sudah ditentukan. Di Indonesia ada beberapa kategori yang diperlombakan. Ada empat ronde dan kalsifikasinya berdasarkan alat:

  • Recurve: Panah yang digunakan dalam pertandingan Standar Internasional yang terbuat dari campuran Fiber dan karbon. Panahan yang digunakan dalam pertandingan Internasional biasanya buatan Amerika dan Korea. Jarak yang dilombakan: 90 Meter, 70 Meter, dan 30 Meter. Untuk beratnya sekitar hamper 5 Kg.
  • Compound: panahan ini sedikit berbeda dengan Recurve. Pada panahan Compound terdapat roda pada sisi-sisi busur. Ketika ditarik panahan tersebut mempunyai titik nol dan tidak terasa ada beban campuran fiber dan karbon. Jarak yang digunakan untuk sasaran yaitu 90 Meter, 70 Meter, 50 Meter, dan 30 Meter. Untuk beratnya sama seperti Recurve.
  • Nasional atau Standar Bow: kategori ini hanya untuk di Indonesia saja. Kategori ini lebih ringan disbanding yang di atas. Untuk para pemula biasanya menggunakan ini. Jarak yang diperlombakan di Indonesia yaitu 50 Meter, 40 Meter,dan 30 Meter.

Pelindung Tangan dan Quiver:

  • Untuk menghindari terjadinya luka di tangan, kita juga perlu Arm Guard atau pelindung tangan/lengan yang terbuat dari bahan seperti kulit yang kaku dan tebal. Agar supaya tidak terjadi luka karena gesekan antara anak panah dengan lengan tangan.
  • Kemudian selain pelindung lengan, kita juga harus menggunakan Tab atau Globe sebagai pelindung jari-jari tangan yang digunakan untuk menembak. Bahan yang bagus untuk digunakan sebagai pelindung adalah bahan yang terbuat dari kulit yang tebal.
  • Quiver atau kantung sebagai wadah untuk menyimpan anak panah. Terdapat dua jenis yang bisa dipakai, yang pertama adalah Belt Quiver yang bisa dicantelkan pada pinggang. Dan yang kedua adalah Ground Quiver, kantung ini bisa ditancapkan di tanah.

Peralatan Memanah:

  • Busur Panah
busur-tunggal-dan-berangkai

(sumber: www.arramy.com)

Panahan untuk sekarang biasanya menggunakan bahan yang terbuat dari fiberglass dan karbon. Karena alat ini lebih kuat dan tidak mudah patah. Selain dari fiberglass dan karbon, ada juga yang terbuat dari kayu.

 

  • Anak Panah
Archery-Arrows

(sumber: www.mldspot.com)

Pada saat ini anak panah pada umumnya terbuat dari bahan fiberglass atau pipa aluminium. Pada bagian ujung anak panah terbuat dari logam atau baja ringan yang tidak terlalu runcing. Selain terbuat dari fiberglass dan aluminium, ada juga yang terbuat dari bambu dan kayu.

Pada bagian ujung belakang anak panah terdapat nock yang berfungsi memegang tali busur(string). Selain itu juga terdapat sayap-sayap atau bulu-bulu pada bagian ujung belakang anak panah sebagai penyeimbang saat dilepaskannya anak panah.

 

  • Target atau Sasaran
(sumber: www.business2community.com)

(sumber: www.business2community.com)

Alat ini berupa target atau sasaran yang biasany terbuat dari bahan yang lunak dan tebal. Pada permukaan bisa dilapisi kain atau yang lainnya. Untuk ukuran target sasaran pada nomor outdoor yaitu berdiameter 80 cm. sedangkan untuk target sasaran pada nomor indoor berdiameter 40 cm atau 60 cm. untuk jarak dari titik pemanak ke titik sasaran pada nomor outdoor adalah 80 meter. Sedangkan jarak untuk nomor indoor adalah 25 meter.

Leave a Reply