Pengertian Kerajinan dan Prakarya Lengkap dengan Penjelasannya

Pengertian KerajinanPengertian kerajinan dan pengertian prakarya masing-masing memiliki perbedaan yang mendasar. Kali ini akan membahas tentang definisi atau pengertian kerajinan dan prakarya.

Nah berikut ini daftar pembahasan mengenai pengertian kerajinan dan pengertian prakarya beserta penjelasan selengkapnya dari kerajinan-kerajinan.

  • Pengertian Kerajinan
  • Pengertian Prakarya
  • Pengertian Kerajinan dari Bahan Lunak
  • Pengertian Kerajinan Tekstil
  • Pengertian Kerajinan Industri

1. Pengertian Kerajinan

pengertian kerajinan

www.qolbunhadi.com

Kerajinan adalah sebuah hasil seni karya manusia berupa benda dengan berbagai bentuk dan warna yang mereka sukai. Kerajinan berasal dari kata “rajin”yang berarti benda atau barang yang dihasilkan oleh keterampilan tangan seseorang.

Kerajinan yang dihasilkan oleh tangan manusia terbuat dari berbagai macam jenis bahan, seperti dari bahan tanah liat, bahan dari lilin, kayu, dan lain sebagainya.

Dari kerajinan tersebut bisa menghasilkan sebuah karya seni berupa hiasan atau benda seni sampai menjadi sebuah barang yang layak pakai seperti kendi, dll.

Dalam membuat sebuah kerajinan apapun itu bentuknya, dibutuhkan nilai-nilai yang harus dimiliki oleh pengrajin seperti memiliki nilai keahlian, kecakapan, penguasaan dalam prosespembuatan produk kerajinan, dan imajinasi atau kekreatifitas.

Kerajinan terdiri dari 2 jenis yaitu :

a. Kerajinan Bahan Alam

Kerajinan bahan alam adalah kerajinan yang bahan dasarnya terbuat dari alam atau bahan dasarnya dari bahan-bahan alam seperti : bambu, serat alam, rotan, tanah liat, dan lain lain.

b. Kerajinan Bahan Buatan

Kerajinan bahan buatan adalah kerajinan yang bahan dasarnya terbuat dari bahan buatan manusia seperti : lilin, sabun, plastik, gips, dan lain lain.

Namun hasil kerajinan yang dibuat oleh manusia dengan mesin berbeda, kerajinan yang dibuat oleh manusia menggunakan tangan, kalau kerajinan yang dibuat oleh pabrik ada yang menggunakan tangan ada juga yang kebanyakan menggunakan mesin.

2. Pengertian Prakarya

pengertian prakarya

www.pinterest.com

Prakarya merupakan sebuah istilah yang berasal dari kata “pra” dan “karya”. Pra memiliki arti belum dan karya yang berarti hasil karya.

Jadi prakarya adalah sebuah karya yang belum jadi, masih dalam tahap proses pembuatan atau masih dalam berupa proof of concept/prototype.

Biasanya target pemasaran sebuah prakarya masih belum ada, oleh Karen itu belum ada peminatnya atau pengguna dan konsumennya.

Dalam sebuah prakarya yang terpenting adalah bentuk dasarnya dan untuk kualitasnya belum menjadi perhatian. Selain itu harga sebuah prakarya ditentukan subyektif sebab belum tahu potensi dasarnya.

Prakarya memiliki pengertian keterampilan, kerajinan tangan,keterampilan tangan, atau hatsakarya. Di pasaran umum bahan yang digunakan sudah tersedia, sehingga kita tinggal menyusunnya atau memanfaatkan limbah dan bahan bekas.

Prakarya memiliki sebuah peranan yang sangat penting dalam pengembangan kekreatifitasan dan mengembangkan menjadi sebuah inovasi yang baru.

3. Pengertian Kerajinan dari Bahan Lunak

pengertian kerajinan dari bahan lunak

Kerajinan dari bahan lunak adalah kerajinan yang bahan dasarnya menggunakan bahan-bahan yang sifatnya lunak. Dalam menggunakan bahan ini terdapat dua macam jenis yaitu:

a. Bahan Lunak Alami

Bahan lunak alami merupakan bahan yang dasar pembuatannya berasal dari alam. Dalam pengolahannya pun juga secara alami dan tidak ada campuran bahan-bahan buatan lainnya. Contoh bahan lunak alami adalah tanah liat, kulit, dan serat alam.

b. Bahan Lunak Buatan

Bahan lunak buatan merupakan bahan lunak kerajinan yang bahan dasarnya dibuat sendiri untuk karya kerajinan dan tidak seperti bahan lunak alami yang sudah tersedia di alam.

Bahan lunak buatan bisa dibuat berdasarkan bahan yang digunakan dan hasil karya kerajinannya sangat beragam bahkan berwarna.

Bahan-bahan dasar yang digunakan dari bahan buatan seperti: sabun, lilin, bubur kertas, spons, gips, fiberglass, dan lain sebagainya.

Beragam Produk Kerajinan dari Bahan Lunak

Produk kerajinan yang dibuat baik dari bahan alami ataupun buatan sangatlah beraneka ragam dari bentuk, warna, dan fungsinya. Hasil karya kerajinan yang digunakan memiliki 2 fungsi yaitu fungsi pakai dan fungsi kerajinan untuk hiasan.

Berikut ini aneka kerajinan dan penjelasannya:

1. Kerajinan dari Tanah Liat

Kerajinan dari tanah liat yang sering dikenal banyak orang yaitu disebut dengan kerajinan keramik. Kerajinan keramik merupakan sebuah karya yang menggunakan bahan baku tanah liat sebagai bahan dasar utamanya.

Dalam pembuatan kerajinan keramik terdapat proses-prose yang sedemikian rupa yang diantaranya adalah dipijit, dipilin, butsir, pembakaran dan glasir. Sehingga dengan melalui proses tersebut menghasilkan sebuah barang/benda pakai dan benda hias.

Contoh kerajinan dari tanah liat atau kerajinan keramik:

  • Gerabah
  • Vas bunga
  • Guci
  • Piring
  • Gelas, dll

2. Kerajinan Serat Alam

Berbagai macam jenis kerajinan yang dihasilkan dari bahan-bahan serat alam juga melimpah dan beraneka ragam. Contohnya adalah dompet, tasm tempat lampu, alas meja, topi, dan lain-lain. Sebagian besar dalam pembuatan kerajinan dari serat alam ini menggunakan teknik anyaman.

3. Kerajinan Kulit

Kerajinan kulit merupakan salah satu kerajinan yang bahan dasarnya menggunakan kulit yang sudah matang/masak, kulit mentah atau kulit sintetis.

Hasil karya dari kerajinan dari kulit ini salah satunya adalah tas, dompet, jaket, sepatu, wayang, dan lain sebagainya.

Biasanya kerajinan kulit ini, bahan dasarnya berasal dari kulit hewan seperti kulit sapi, kulit kambing, kulit kerbau, kulit buaya, dan kulit-kulit hewan yang lainnya yang sangat bagus dijadikan untuk kerajinan.

4. Kerajinan Sabun

Kerajinan sabun merupakan salah satu kerajinan yang menggunakan bahan lunak buatan. Bahan dasar dari kerajinan sabun biasanya dari sabun batangan yang biasa untuk mandi pada masyarakat umum.

Dalam mengolah sabun terdapat dua macam cara:

Pertama, yaitu mengukir sabun menjadi berbagai macam bentuk sesuai keinginan anda sekalian seperti mengukir: buah-buahan, binatang, benda-benda mati yang unik, dan lain sebagainya.

Kedua, yaitu membentuk sabun dengan memparut sabun hingga menjadi bubuk kemudian dicampur dengan sagu dan sedikit air. Setelah itu buat adonan baru seperti membuat dari bentuk plastisin.

5. Kerajinan Lilin

Kerajinan lilin merupakan salah satu kerajinan yang cukup mudah  dan sederhana untuk dapat dilakukan oleh semua orang. Proses yang pertama sebelum pembentukan adalah melelahkan atau mencairkan lilin tersebut. Setelah itu bentuk sesuai keinginan masing-masing.

6. Kerajinan Bubur Kertas

Beraneka ragam kerajinan dapat dibuat dengan memanfaatkan sisa-sisa kertas. Sisa-sisa kertas tersebut dilebur dengan menggunakan air hingga menjadi bubur.

Sisa-sisa kertas inilah salah satu alternatif yang bagus untuk membuat sebuah karya kerajinan. Berikut ini langkah-langkah dalam pembuatan bubur dari kertas:

  1. Siapkan kertas bekas, misalnya kertas tisu atau kertas koran. Robek atau gunting menjadi potongan-potongan kecil (lembut).
  2. Masukkan potongan kertas ke dalam baskom atau ember plastik. Kemudian, siram dengan air hangat.
  3. Masukkan 1 sendok teh garam. Garam bermanfaat untuk menghindarkan kertas menjadi busuk.
  4. Potongan kertas yang telah direndam dan diberi garam ini didiamkan selama 1 – 2 hari
    hingga menjadi lunak.
  5. Dua hari kemudian atau setelah kertas menjadi lunak dan hancur, saring menggunakan kain
    (dapat menggunakan kain lap yang pori-porinya besar). Keempat tepi kain disatukan dan
    hingga air akan terpisah dari ampasnya.
  6. Buang air perasan kertas. Kemudian, masukkan kembali potongan kertas-kertas yang sudah
    diperas airnya ke dalam wadah dan remas-remas hingga hancur. Tambahkan sedikit air
    ketika meremasnya.
  7. Buat larutan pasta dengan mencampur 2 sendok makan tepung kanji dengan air
    Apabila pasta terasa terlalu cair, penggunaan tepung kanji dapat ditambah.

4. Pengertian Kerajinan Tekstil

pengertian kerajinan tekstil

www.caturprasetyow.com

Kerajinan tekstil adalah kerajinan atau karya seni yang dibuat dengan bahan tekstil sebagai bahan dasar utamanya. Tekstil sendiri merupakan bahan yang berasal dari serat yang diolah menjadi benang atau kain.

Dari olahan tekstil menjadi benang atau kain, benang dan kain tersebut menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan busana dan berbagai macam prosuk kerajinan lainnya.

Dapat disimpulkan bahwa produk atau tekstil tersebut meliputi produk kain, benang, serat, pakaian, dan berbagai macam jenis benda yang terbuat dari serat.

Umumnya bahan tekstil dikelompokkan menurut jenisnya yaitu:

  1. Berdasarkan jenis bentuk/produknya yaitu: serat filament, serat staple, kain, benang, produk jadi seperti kerajinan-kerajinan dan pakaian-pakaian, dll.
  2. Berdasarkan jenis bahannya yaitu: serat sintetis, serat alam, dan serat campuran.
  3. Berdasarkan jenis motif atau warnanya yaitu: bergambar atau bermotif, berwarna dan putih.
  4. Berdasarkan jenis konstruksinya yaitu: rajut, kempa, tenun, renda, benang gintir, benang tunggal.

5. Pengertian Kerajinan Industri

pemgertian kerajinan industri

www.beritadaerah.co.id

Pengertian kerajian industri terdapat beberapa penjelasannya yang diantaranya:

Industri berasal dari bahasa latin yaitu industria yang berarti buruh atau tenaga kerja dan industios yang artinya kerja keras.

Industri artinya bagian dari proses produksi yang mana tidak mengambil langsung dari alam untuk dikonsumsi, akan tetapi bahan-bahan itu diolah terlebih dulu sehingga menjadi barang yang cukup berguna bagi seluruh masyarakat.

Menurut Encyclopedia Americana industri didefinisikan yaitu sekelompok kegiatan yang mengusahakan benda-benda ekonomi dan penggunanya.

Industri dalam pengertian sempit adalah kegiatan industri yang hanya terbatas pada tipe kegiatan ekonomi sekunder yang merupakan segala macam kegiatan atau usaha yang sifatnya mengolah atau mengubah bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi.

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian kerajinan, prakarya, dan lain sebagainya yang bisa Anda ketahui sampai saat ini. Semoga bisa bermanfaat bagi anda sekalian.

 

2 Comments

  1. Daniel Erick April 1, 2017
    • aqieb April 12, 2017

Leave a Reply