6 Persebaran Fauna di Dunia

Persebaran Fauna di Dunia – Fauna merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa latin atau disebut juga dengan Alam Hewan yang memiliki arti yaitu berbagai macam jenis hewan yang tumbuh dan hidup di wilayah tertentu atau periode tertentu.

Persebaran fauna yang terjadi di muka bumi didasari oleh beberapa faktor yang di antaranya seperti faktor fisiografik, faktor klimatik, dan faktor biotik yang faktor tersebut menyebabkan perbedaan antara wilayah satu dengan wilayah yang lainnya.

Selain itu faktor sejarah geologi juga salah satu yang mempengaruhi persebaran fauna di setiap wilayah tertentu. Karena sebelumnya wilayah tersebut dulunya pernah menjadi satu daratan atau wilayah yang disebut dengan Pangea.

Dan perbedaan fauna dengan flora dalam sifatnya sangat berbeda, fauna merupakan hewan yang jika habitat mereka dirasa kurang nyaman bagi mereka, mereka cenderung melakukan migrasi ke tempat atau wilayah lain yang menurut mereka cocok.

Sifat yang terdapat dalam flora yaitu bersifat pasif. Oleh sebab itu pola yang teradi dalam persebaran fauna tidak sebaik flora. Seperti fauna khas suatu wilayah tertentu ternyata juga ada pada wilayah lain.

Namun dalam sebuah ilmu geografi yang menjelaskan tentang fauna, bahwa fauna sebelumnya memiliki persebaran yang berbeda-beda setiap wilayahnya.

Pertama kali diperkenalkannya persebaran wilayah fauna, dikenalkan oleh Sclater pada tahun 1858 yang kemudian dikembangkan lagi oleh Huxley pada tahun 1868 dan Wallace pada tahun 1876.

Yang terkenal saat ini tentang persebaran fauna di jelaskan oleh Alfred Russel Wallace dengan mengelompokkan persebaran yang ada di dunia menjadi 6 wilayah.

Berikut ini 6 Persebaran Fauna di Dunia Menurut Alfred Russel Wallace:

sapakabar.blogspot.com

sapakabar.blogspot.com

1. Paleartik

Wilayah persebaran fauna ini meliputi semua benua Eropa, Rusia, Afrika Utara, Asia Timur, sebagian Asia Tengah, Asia Barat atau semenanjung Arab, termasuk daerah kutub utara.

Fauna-fauna yang terdapat di kawasan Paleartik ini berbagai jenis sebab lingkungan di kawasan Paleartik ini juga bervariasi.

Berikut ini hewan-hewan khas yang terdapat di kawasan Paleartik yaitu beruang kutub, rusa kutub, kucing kutub, unta padang pasir, panda asli dari negara Cina, sapi, kerbau, domba, burung robin, spesies anjing, bajing, kijang, kelelawar dan masih banyak yang lainnya.

Gambar-gambar hewan zona Paleartik sebagai berikut:

Beruang Kutub

www.republika.co.id

www.republika.co.id

 

Unta Padang Pasir

www.ardiyansyah.com

www.ardiyansyah.com

 

Panda Asli dari Cina

www.reference.com

www.reference.com

 

Rusa Kutub

www.1freewallpapers.com

www.1freewallpapers.com

2. Neartik

Wilayah persebaran fauna di kawasan Neartik ini meliputi Benua Amerika yaitu Amerika Utara, Amerika Serikat, Kepulauan Karibia, Greenland, dan Kanada.

Fauna-fauna yang terdapat di kawasan Neartik ini seperti domba gunung, kalkun liar, bison, tikus yang mempunyai kantung di perutnya, caribou, rakun, antelop, muskox, dan tikus air.

Di kawasan ini juga terdapat fauna yang juga terdapat di kawasan Paleartik seperti anjing, kucing, kelelawar, bajing, dan kelinci.

Berikut ini gambar-gambar hewan yang ada di zona Neotropik:

Domba Gunung

www.pixabay.com

www.pixabay.com

 

Bison

www.doi.gov

www.doi.gov

 

Antelop

www.modifikasi.com

www.modifikasi.com

 

Kalkun Liar

cindelarasfarm.wordpress.com

cindelarasfarm.wordpress.com

3. Neotropik

Zona wilayah persebaran ini juga meliputi benua Amerika yang di antaranya adalah Amerika Selatan. Amerika Tengah, dan wilayah sebagian besar Meksiko atau Meksiko selatan.

Di kawasan Neotropik ini banyak sekali berbagai jenis hewan yang hidup, bahkan salah satu jenis hewan ini menjadi salah satu judul pada sebuah film seperti ikan piranha dan ular anaconda.

Sebagian besar kawasan Neotropik ini beriklim tropis dan bagian yang selatan beriklim sedang. Hewan endemik yang terdapat di kawasan ini seperti belut listrik, ikan piranha, ikan arapaima, ilama (sejenis unta) yang terdapat di wilayah padang pasir Atacama Peru, kera hidung merah dan tapir.

Selain itu, kawasan Neotropikal sangat dikenal dengan wilayah fauna vertebrata yang mempunyai berbagai jenis fauna yang sangat beragam dan spesifik.

Fauna tersebut seperti berbagai macam jenis ternggiling dan monyet, beragam macam jenis reptil seperti ular, buaya, kadal, serta berbagai macam spesies burung dan sejenis kelelawar penghisap darah.

Berikut ini adalah gambar-gambar hewan yang terdapat di kawasan Neotropik:

Kera Hidung Merah

id.wikipedia.org

id.wikipedia.org

 

Tapir

www.pixabay.com

www.pixabay.com

 

Ilama

www.anekaflorafauna.com

www.anekaflorafauna.com

 

Ikan Piranha

www.gembiralokazoo.com

www.gembiralokazoo.com

4. Oriental atau Asiatis

Daerah kawasan oriental ini meliputi Asia Tenggara dan Asia bagian selatan. Dan fauna yang terdapat di Indonesia, yang masuk dalam kawasan oriental ini hanya fauna yang terdapat di Indonesia bagian barat saja.

Fauna khas tersebut di antaranya adalah harimau, badak bercula satu, orang utan, banteng, rusa, dan gibbon. Dan ada juga hewan lainnya yaitu gajah sumatera, antelop, beruang, berbagai macam jenis reptile, dan ikan.

Fauna di kawasan oriental atau asiatis ini juga ada fauna yang sama yang terdapat di kawasan Ethiopian seperti gajah, badak, harimau, monyet, babi hutan, kucing, dan anjing.

Berikut ini gambar-gambar fauna yang berada di kawasan Orinetal atau di kawasan Asiatis:

Harimau

www.horasnews.com

www.horasnews.com

 

Badak Becula Satu

eksotis-indonesia.blogspot.com

eksotis-indonesia.blogspot.com

 

Orang Utan

wall.alphacoders.com

wall.alphacoders.com

 

Gajah Sumatera

www.griyawisata.com

www.griyawisata.com

5. Australis

Kawasan ini mencakup wilayah yang antara lain adalah Australia, Selandia Baru, Papua, dan pulau-pulau disekitarnya atau Oceania.

Fauna khas yang terdapat di kawasan Australis ini antara lain yaitu hewan berkantung seperti kanguru, kiwi, dan selain itu ada juga yang tidak berkantung seperti koala, platypus, dan kuskus.

Di kawasan ini juga terdapat berbagai macam jenis burung seperti burung cendrawasih, burung kakatua, kasuari da nada juga kelompok reptile antara lain kura-kura, buaya, kadal, dan ular.

Berikut ini adalah fauna-fauna yang berada di kawasan Australis:

Kanguru

motivasikita7.blogspot.com

motivasikita7.blogspot.com

 

Burung Kiwi

burungue.blogspot.com

burungue.blogspot.com

 

Koala

www.newsread.in

www.newsread.in

 

Platypus

phineasandferb.wikia.com

phineasandferb.wikia.com

 

Burung Cendrawasih

www.satujam.com

www.satujam.com

6. Ethiopian

Wilayah kawasan zona Ethiopia ini meliputi Afrika Selatan, Gurun Sahara, dan Madagaskar. Di kawasan Ethiopian ini merupakan kawasan yang terdapat banyak sekali berbagai macam jenis mamalia.

Fauna khas yang terdapat di kawasan Ethiopian ini seperti badak afrika, gajah afrika, jerapah, gorilla, sipanse, babon, serta mamalia padang rumput seperti zebra, kijang, antelope, singa dan mamalia pemakan serangga yaitu trenggiling.

Di kawasan ini terdapat mamalia endemik yang terdapat di sungai Nil, Mesir yaitu kuda nil. Walaupun sebenarnya di Madagaskar juga ada, namun ukurannya tidak sebesar yang ada di sungai Nil, Mesir.

Kawasan Ethiopian ini juga mempunyai fauna yang hampir sama dengan fauna yang terdapat di kawasan Oriental atau Asiatis. Fauna tersebut seperti babi hutan, kelelawar, bajing, tikus, anjing, dan dari golongan kucing juga.

Berikut ini merupakan fauna-fauna yang berada di zona Ethiopian:

Singa

hendriktejo123.wordpress.com

hendriktejo123.wordpress.com

 

Jerapah

www.ibnlokmat.tv

www.ibnlokmat.tv

 

Zebra

www.awf.org

www.awf.org

 

Kuda Nil

www.satujam.com

www.satujam.com

 

Gorilla

web.stanford.edu

web.stanford.edu

Itulah sekilas tentang persebaran fauna di dunia yang bisa disampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua yang telah membacanya sampai akhir.

Kami mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungannya ke blog kami dan jika menurut Anda artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan bisa koment di bawah yang telah disediakan kolom untuk komentar.

19 Comments

  1. herva yulyanti Oktober 6, 2016
    • aqieb Oktober 6, 2016
    • Ratusya Oktober 12, 2016
      • aqieb Oktober 12, 2016
  2. Haeriah Oktober 6, 2016
    • aqieb Oktober 6, 2016
  3. Yasinta Astuti Oktober 6, 2016
  4. citra pandiangan Oktober 12, 2016
    • aqieb Oktober 12, 2016
  5. Helena Oktober 12, 2016
  6. evrinasp Oktober 13, 2016
  7. Ucig Oktober 14, 2016
  8. Zizy Damanik Oktober 16, 2016
  9. Ira duniabiza Oktober 16, 2016
  10. Adriana Dian Oktober 20, 2016
  11. Ratu SYA Oktober 25, 2016
  12. yuli aenuropiq November 16, 2016
    • aqieb November 23, 2016
  13. Ahmad Desember 30, 2016

Leave a Reply