Persebaran Fauna di Indonesia Beserta Penjelasannya

PERSEBARAN FAUNA DI INDONESIA – Persebaran fauna di Indonesia terbagi menjadi tiga wilayah menurut seorang ilmuwan atau peneliti yang berasal dari Inggris yang bernama Alfred Russel Wallace.

Persebaran kawasan fauna tersebut di antaranya adalah kawasan Indonesia Bagian Timur, Indonesia Bagian Tengah atau nama lainnya Fauna Peralihan, dan Indonesia Bagian Barat.

Persebaran fauna di Indonesia dibagi menjadi 3 kawasan ini karena Indonesia merupakan negara dengan kepulauan terbesar di dunia. Selain itu fauna-fauna yang ada di Indonesia ini juga berbagai macam spesies.

Fauna-fauna yang terdapat di Indonesia sebagian faunanya ada yang sama dengan tempat lain dan sebagiannya lagi merupakan spesies endemik atau fauna yang tidak terdapat di tempat lain. Fauna tersebut hanya ada di Indonesia saja.

Secara garis besar bahwa Indonesia ini terletak di antara 3 lempek tektonik yang masih aktif dan secara otomatis tapat dipertengahan atau disebut dengan equator.

Kondisi geografi tersebut menyebabkan terjadinya berbagai macam bentuk wilayah mulai dari dataran rendah sampai pegunungan.

Dan hal itulah yang juga menyebabkan fauna di Indonesia ini berbagai macam jenis yang menjadikan Indonesia masuk ke dalam sebuah negara Megabiodiversity ke tiga di dunia setelah negara Zaire dan Brazil.

Pengertian dari negara Megabidiversity adalah sebuah negara yang mempunyai keanekargaman flora dan fauna yang sangat tinggi di dunia.

Oleh sebab itu persebaran fauna di Indonesia di bagi menjadi tiga kawasan atau wilayah.

Berikut ini penjelasan mengenai persebaran fauna di Indonesia menurut Wallace:

Persebaran Fauna Bagian Timur

Persebaran fauna yang terletak di bagian timur ini mempunyai kesamaan dengan fauna atau hewan yang berada di Australia.

Contoh fauna yang sama dengan fauna yang ada di Australia adalah kangguru. Di Papua juga terdapat kangguru namun kangguru di Papua adalah kangguru biasa dan kangguru pohon.

Kawasan persebaran fauna bagian timur ini meliputi daerah yang antara lain adalah daerah Papua dan kepulauan Maluku.

Fauna-fauna yang terdapat di kawasan persebaran Indonesia bagian timur ini seperti burung yang sangat indah-indah yaitu burung cendrawasih, burung nuri, burung kakatua raja, dll.

Selain burung-burung yang indah, ada juga mamalia yang diantaranya seperti kangguru, kangguru pohon, landak irian, walabi, tikus pohon, buaya, ular papua, kura-kura mocong babi, kuskus, dan masih banyak lainnya.

Persebaran Fauna Bagian Tengah atau Fauna Peralihan

Fauna bagian tengah atau disebut juga dengan fauna peralihan. Kenapa bisa disebut demikian? Kerana persebaran fauna bagian tengah ini berada di tengah-tengah antara fauna bagian timur dan fauna bagian barat.

Jika dilihat pada sebuah peta tentang persebaran fauna yang ada di Indonesia ni, persebaran fauna bagian tengah ini terletak di antara dua garis yaitu garis Wallace dan garis Webber.

Wilayah atau daerah yang masuk ke dalam kawasan persebaran fauna bagian tengah ini diantaranya adalah Timor, pulau Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara seperti Flores, Sumba, Jombik, dan Pulau Komodo.

Fauna yang terdapat di Kepulauan Nusa Tenggara dan Timor adalah komodo, kuda liar, sapi, dan juga biawak besar.

Fauna yang terdapat di pulau Sulawesi antara lain burung nuri, merpati, kaka tua raja, burung raja udang, anoa, monyet hitam, dan ikan duyung.

Persebaran Fauna Bagian Barat

Persebaran fauna bagian barat ini mempunyai kesamaan dengan fauna di kawasan zona Asiatis yang memang sebenarnya wilayah Indonesia masuk ke dalam kawasan Asiatis bahkan kawasan terbesar yang ada di zona Asiatis tersebut.

Wilayah persebaran bagian barat ini meliputi pulau Jawa, pulau Sumatera, pulau Kalimantan dan pulau Bali.

Di wilayah persebaran bagain barat ini banyak ditemukan mamalia yang mempunyai ukuran besar-besar dari pada wilayah persebaran lainnya di Indonesia.

Fauna wilayah bagian barat ini contohnya gajah Sumatera, harimau Sumatera, badak bercula satu, orang utan, banteng, babi rusa, macan tutul jawa, monyet, bekantan, dan lain-lain.

Fauna reptilnya juga banyak yang diantaranya seperti buaya, ular, kadal, tokek, biawak, bungolon, kura-kura dan trenggiling.

Fauna burungnya antara lain yaitu burung jalak bali, burung gagak, burung merak, burung kutilang, burung elang jawa, burung elang bondol, dan masih bnyak lagi ungags-unggas yang hidup di kawasan bagian barat ini.

Selain itu di kawasan bagian barat ini juga bisa ditemukan berbagai macam jenis ikan air tawar seperti pesut atau sejenis lumba-lumba yang terdapat di sungai Mahakam, Kalimantan.

Seperti itulah penjelasan mengenai persebaran fauna yang ada di indonesia yang bisa disampaikan. Dan sebelumnya juga sudah di bahas tentang persebaran fauna di dunia yang mungkin Anda juga mebutuhkannya.

6 Comments

  1. Anisa Ae Oktober 12, 2016
  2. pandora Oktober 13, 2016
    • Rita November 15, 2016
      • aqieb November 23, 2016
  3. Wadiyo Oktober 15, 2016
  4. Izzah Annisa Oktober 18, 2016

Leave a Reply