Fakta Sungai Amazon Terbesar dan Terpanjang di Dunia

Sungai Amazon – merupakan sungai dengan debit air tawar terbesar di dunia. Selain terbesar, sungai amazon juga merupakan sungai terpanjang yang terdapat di dunia.

Debit rata-rata air di sungai amazon sekitar 209.000 meter kubik perdetik, atau sekitar 6.591 kilometer kubik pertahun. Amazon mewakili 20% debit sungai global untuk laut. Amazon basin adalah salah satu drainase terbesar di dunia, dengan luas sekitar 7.050.000 kilometer persegi.

Sungai Amazon menyumbang sekitar seperlima dari aliran sungai total yang ada di dunia. Dan porsi aliran sungai-sungai di Brazil saja lebih besar daripada lembah sungai lainnya.

Seperlima aliran air sungai amazon itu akhirnya nanti akan dibuang ke Samudera Atlantik. Yang teruniknya yaitu pertemuan antara air yang gelap yang berasal dari Rio Negro bertemu dengan air yang berpasir dari Rio Solimoes.

Kurang lebih sepanjang 6 kilometer (4 mil) perairan ini berjalan berdampingan tanpa percampuran sama sekali. Pada Obidos, tebing 17 m di atas sungai didukung oleh bukit-bukit redah yang tampaknya pernah menjadi jurang Samudera Atlantik.

Hanya sekitar sepuluh persen dari air sungai Amazon memasuki hiker Obidos. Dan sangat sedikit yang berasal dari lereng utara lembah. Daerah drainase cekungan Amazon atas kota Obidos adalah sekitar 5.000.000 kilometer persegi. Dan di bawah hanya sekitar 1.000.000 kilometer persegi.

Dibagian hilir sungai, tepi utara terdiri dari serangkaian bukit curam, yaitu bukit meja berlapis yang memiliki panjang sekitar 240 kilometer dari mulut Xingu sejauh Monte Alegre. Kemudian bukit-bukit tersebut ditebang untuk semacam teras yang terletak antara bukit curam tersebut dengan sungai.

Di tepi selatan di atas Xingu, garis tebing rendah yang berbatasan dataran banjir meluas hampir ke Santarem dalam serangkaian kurva lembut sebelum mereka menekuk ke barat daya, dan berbatasan pada Tapajos rendah, bergabung menjadi tebing yang membentuk teras margin lembah sungai Tapajos.

A. Sengketa Mengenai Panjang Sungai Amazon dan Sungai Nil

miner8.com

miner8.com

Sementara perdebatan mengenai apakah Amazon atau sungai Nil yang terpanjang di dunia telah berlangsung selama bertahun-tahun. Konsensus  bersejarah otoritas geografi telah menganggap sungai Amazon sebagai sungai terpanjang kedua di dunia, dan sungai Nil menjadi sungai yang terpanjang.

Namun, Amazon telah diukur oleh para ahli geografi yang berbeda sebagaimana terdapat hasil ukuran antara 6.259 dan 6.992 kilometer, hal ini sering dikatakan “setidaknya” panjangnya sekitar 6.400 kilometer. Dan dilaporkan untuk sungai Nil sekitar 5.299 dan 6.690. Ada banyak faktor yang mempengaruhi pengukuran ini.

Sebuah studi oleh para ilmuwan Brazil menyimpulkan bahwa sungai Amazon sebenarnya lebih panjang daripada sungai Nil. Menggunakan Nevado Mismi, yang pada tahun 2001 diberi label oleh National Geographic Society sebagai sumber Amazon.

B. DAS (Daerah Aliran Sungai)

carielmu.com

carielmu.com

Amazon basin merupakan yang terbesar di dunia mencakup sekitar 40% dari Amerika Selatan sekitar 7.050.000 kilometer persegi. Mengalir dari barat ke timur, dari Iquitos di Peru dan di Brazil ke Atlantik.

Sungai Amazon dan anak-anak sungainya ditandai dengan kawasan hutan yang luas yang menjadi kawasan banjir setiap musim hujan. Setiap tahun sungai Amazon naik lebih dari 9 meter dan membanjiri hutan sekitarnya, dikenal dengan Varzea (membanjiri hutan).

Amazon membanjiri hutan adalah contoh yang paling luas tipe habitat ini di dunia. Dalam rata-rata musim kemarau, 110.000 kilometer persegi dari tanah adalah air yang tertutup. Sedangkan pada waktu musim hujan, daerah banjir cekungan sungai Amazon meningkat menjadi 350.000 kilometer persegi.

Jumlah air yang dikeluarkan oleh sungai Amazon ke Samudera Atlantik sangatlah besar yang dapat mencapai 300.000 meter kubik perdetik pada musim hujan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa singai Amazon bertanggung jawab sekitar 20% air tawar di bumi yang masuk ke laut.

C. Fauna

Lebih dari sepertiga dari semua spesies yang dikenal di dunia hidup di hutan hujan Amazon. Hutan raksasa tropis dan DAS dengan luas yang membentang lebih dari 5.400.000 kilometer persegi ini merupakan hutan tropis terkaya di dunia dalam hal keanekaragaman hayati.

Di Amazon ada sekitar lebih dari 3.000 spesies ikan yang saat ini diakui di lembah Amazon. Belum termasuk spesies yang belum diketahui. Selain ikan, sungai Amazon juga mendukung berbagai jenis spesies lainnya seperti kepiting, kura-kura, ganggang, dan lain sebagainya.

1. Mamalia

Seiring dengan Orinoco, Amazon adalah salah satu habitat utama dari boto atau dikenal juga dengan lumba-lumba sungai Amazon.  Lumba-lumba sungai Amazon juga merupakan spesies terbesar disana. Dan mereka dapat tumbuh hingga panjang mencapai 2,6 meter.

www.wrcch2015.com

www.wrcch2015.com

Warna kulit lumba-lumba sungai Amazon akan berubah dengan seiring bertambahnya usia. Warna abu-abu untuk lumba-lumba yang masih muda, dan kemudian akan berubah warna menjadi merah muda dan menjadi putih jika sudah jatuh tempo atau usianya sudah tua.

Lumba-lumba sungai Amazon menggunakan echolocation untuk menavigasi dan berburu di kedalaman sungai yang rumit. Boto adalah subjek dari sebuah legenda di Brazil tentang lumba-lumba yang berubah menjadi seorang pria dan menggoda gadis di tepi sungai.

Tuxuci (Sotalia Fluviatilis) juga merupakan spesies lumba-lumba yang dapat ditemukan baik di sungai cekungan Amazon maupun di perairan pesisir Amerika Selatan. Selanjutnya Manatee Amazon (Trichechus Inunguis) juga dikenal sebagai “seacow”, yang ditemukan di utara sungai Amazon basin dan anak-anak sungainya.

Mereka mamalia yang juga merupakan herbivora. Populasi habitat mereka di air tawar terbatas, dan mereka rentan terhadap air garam. Oleh karena itu, hal tersebut oleh Persatuan International untuk dilindungi atau Konservasi Alam.

hipwew.blogspot.com

hipwew.blogspot.com

Selain lumba-lumba, sungai Amazon dan anak-anak sungainya merupakan habitat utama dari berang-berang raksasa (Pteronura Brasiliensis). Mereka adalah anggota yang sejenis dari keluarga musang dan merupakan yang terbesar dari jenisnya. Karena kerusakan habitat dan perburuan, populasi merka telah menurun drastis.

2. Reptil

www.rainforestcruises.com

www.rainforestcruises.com

Anaconda ditemukan di perairan dangkal di lembah sungai Amazon adalah salah satu spesies terbesar di dunia ular. Anaconda menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam air dengan lubang hidungnya saja yang di atas permukaan.

Selain anaconda juga terdapat caiman atau yang terkait dengan buaya dan buaya lainnya yang juga mendiami sebagian besar di sungai Amazon seperti halnya variates kura-kura.

3. Ikan

Terdapat sekitar 5.600 spesies ikan yang dikenal saat ini di sungai Amazon. Karena Amazon merupakan pusat keanekaragaman untuk ikan neotropikal. Dan sekitar lima puluh spesies baru ditemukan setiap tahunnya.

calphotos.berkeley.edu

Salah satu ikan arapaima terbesar

Arapaima yang sangat terkenal di Brazil dinal sebagai piracucu adalah salah satu ikan air tawar terbesar di dunia dengan panjang dapat mencapai hingga 4,6 meter. Selain itu, juga ada ikan air tawar Amazon lainnya yaitu ikan Arowana, seperti Arwana silver.

Ikan arwana ini merupakan predator yang sangat mirip dengan ikan arapaima, tetapi hanya mencapai panjang 120 cm saja.

Selain itu juga hadir dalam jumlah besar yaitu ikan piranha. Ikan omnivora ini merupakan ikan yang suka berkumpul dan berkelompok besar dan dapat menyerang ternak bahkan sampai manusia juga.

wesharepics.info

wesharepics.info

Ada sekitar 30 sampai 60 spesies piranha. Namun hanya beberapa spesies yang diketahui menyerang manusia, terutama piranha Pygocentrus Nattereri, dan piranha merah-bellid.

Dan selain itu juga masih banyak jenis atau spesies ikan predator yang mendiami sungai Amazon. Seperti ikan candiru yang merupakan salah satu dari 1200 spesies ikan lele di lembah Amazon, sedangkan kumakuma alias piraiba atau lele goliath merupakan lele yang dapat tumbuh panjang hingga mencapai 3,6 meter, beratnya pun dapat mencapai 200 kilogram.

Belut listrik (Electrophorus Electricus) dan lebih dari 100 spesies ikan listrik yang mendiami lembah Amazon. Termasuk ikan pari sungai Amazon yang juga terkenal disana.

4. Mikrobiota

Mikrobiota air tawar umumnya tidak terkenal, apalagi untuk ekosistem murni seperti Amazon. Baru-baru ini metagenomics telah memberikan jawaban atas mikroba yang menghuni di sungai. Mikroba yang paling penting di sungai Amazon yaitu Antinobacteria, Alphaproteobacteria, Betaproteobacteria, Gammaproteobacteria, dan Crenarchaeota.

2 Comments

  1. Sandi Iswahyudi September 19, 2016
    • aqieb September 19, 2016

Leave a Reply