20 Sungai Terpanjang di Asia

Sungai Terpanjang Di Asia – Sungai adalah sebuah aliran air yang mengalir dari hulu sampai ke hilir. Mengalirnya air dari sumber menuju muara memiliki banyak manfaat bagi kehidupan dan sebagai kelangsungan hidup manusia. Bukan hanya manusia saja yang memanfaatkan sebuah sungai yang mengalir, melainkan binatang-binatang pun juga memanfaatkannya.

Sungai pun juga beragam macamnya, ada yang panjang dan ada juga yang pendek. Di daratan seluruh dunia pastinya ada sebuah aliran sungai yang terus mengalir dan ada juga yang tidak.

Di bawah ini terdapat sungai-sungai yang memiliki panjang yang luar biasa. Namun pembahasan sungai ini hanya berlokasikan di Benua Asia Saja. Jika seluruh dunia, masih ada lagi sungai yang lebih panjang dari pembahasan kali ini. Namun sungai-sungai yang dibahas kali ini juga salah satunya masuk kedalam sungai terpanjang di dunia.

Berikut sungai terpanjang yang ada di Benua Asia:

1. Sungai Yangtze, Sungai Terpanjang di Asia Yang Pertama

sungai terpanjang di asia

www.republika.co.id

Sungai Yangzte dalam bahasa Cina dikenal dengan sebagai Chang Jiang atau Yangzi Jiang yang merupakan sungai terpanjang di Asia dengan panjang sekitar 6.300 km dan merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia.

Sungai ini mengalir dari seperlima luas tanah Republik Rakyat China (RRC) dan Daerah Aliran Sungainya (DAS) merupakan rumah sepertiga dari populasi Negara tersebut. Sungai Yangzte juga merupakan sungai dengan volume debit terbesar keenam di dunia.

Sungai Yangzte memainkan peran penting dalam sejarah, budaya dan ekonomi China. Sungai Yangzte memiliki ekosistem, habtat, dan spesies endemik yang terancam punah seperti buaya Cina, lumba-lumba Finless, paddlefish Cina, dan yang mungkin sudah punah yaitu Baiji.

2. Sungai Kuning, Sungai Terpanjang di Asia yang ke Dua

sungai di asia

ikhtisarmateri.blogspot.com

Sungai Kuning adalah salah satu sungai terpanjang di asia dan juga sungai terpenting di Republik Rakyat Tiongkok bagian utara yang menjadi pusat kebudayaan Cina bersama-sama. Sungai ini merupakan sungai terpanjang kedua di Asia dengan panjang sekitar 5.464 km.

Sungai Kuning merupakan sungai yang memegang peranan terpenting dalam bidang ekonomi dan sejarah. Karena sungai ini adalah tempat lahirnya peradaban Tionghoa yang mana di lembah Sungai Kuning ini bermula sebuah aktivitas pertanian.

Sungai kuning ini sudah di diami sejak 7 tahun lalu bersama dengan perkembangan agricultural di wilayah tersebut. Akan tetapi, walau sudah memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar, sungai Kuning ini juga sudah sering menyebabkan banjir besar yang banyak menelan korban.

3. Sungai Mekong, Sungai Terpanjang di Asia yang ke Tiga

salah satu sungai di asia

mforum.cari.com.my

Sungai Mekong adalah sungai lintas batas di Asia Tenggara. Sungai ini juga merupakan sungai terpanjang ke 12 di dunia dan sungai terpanjang di Asia yang ke 3. Panjang sungai ini adalah 4.350 km atau 2.703 mil.

Dari dataran tinggi Tibet, sungai Mekong mengalir melewati China provinsi Yunan, Myanmar, Laos, Kamboja,

Tahiland, dan Vietnam. Negara-negara tersebut mendirikan sebuah lembaga yaitu Komisi Sungai Mekong.

Lembaga tersebut bertujuan untuk membantu mengelola dalam pengelolaan dan penggunaan terkoordinasi dari sumber daya sungai Mekong. Pada tahun 1996 China dan Myanmar menjadi “mitra dialog” dari MRC dan enam negara sekarang bekerja sama dalam kerangka koperasi.

4. Sungai Lena, Sungai Terpanjang di Asia ke Emapat

sungai lena di asia

intactnature.com

Sungai Lena adalah sungai terpanjang di asia ke empat dengan panjang  mencapai 4.400 km atau 2.734 mil. Sungai ini terletak di Siberia, Rusia. Sumber atau hulu sungai Lena ini berasal dari Pegunungan Baikal yang bermuara ke laut Artik.

Sungai Lena ini juga merupakan salah satu dari 3 sungai yang mengalir ke samudera Artktik selain sungai Ob dan sungai Yenisei. Sungai ini juga merupakan sungai terpanjang ke 11 dan sungai yang memiliki Daerah Aliran Sungai terbesar di dunia.

Luas Daerah Aliran Sungai ini diperkirakan mencapai 2.490.000 kilometer persegi. Sungai Lena juga mempunyai beberapa anak sungai yang di anataranya adalah anak sungai Kirenga yang mengalir ke utara antara Lena atas dan Danau Baikal.

5. Sungai Irtysh, Sungai Terpanjang di Asia ke Lima

irtysh sungai terpanjang ke empat

www.oddizzi.com

Sungai Irtysh adalah salah satu sungai terpanjang di asia yang memiliki panjang sekitar 4.248 km yang terletak di Rusia bagian selatan. Sungai ini mengalir di tiga negara yang di antaranya yaitu Rusia, Cina, dan Kazakhstan. Sungai ini adalah anak kepala sungai Ob.

Sungai Irtysh merupakan sumber air bersih bagi tiga Negara tersebut. Akan tetapi pada bulan November samapi pada bulan Maret sungai ini membeku. Hulu sungai Irtysh berasal dari Pegunungan Altai Mongolia di Dzungaria (bagian utara Xianjiang, China).

Kalangan sungai Irtysh ini adalah sungai Tobol dan sungai Ishim. Rata-rata sungai ini melepaskan 2.150 m³/ s. Sungai Irtysh dan Ob ini merupakan sistem utama dalam membentuk aliran sungai di Asia.

6. Sungai Yenisei

sungai terpanjang di asia ke enam

www.sejujurnya.com

Sungai Yenisei merupakan salah satu sungai terpanjang di asia dan tidak hanya salah satu yang terpanjang di Rusia melainkan juga masuk dalam daftar sungai terbesar di dunia. Panjang sungai ini mencapai 4.090 km atau 2.540 mil. Letak geografis sungai Yenisei ini berada di Siberia.

Sungai Yenisei adalah salah satu sistem sungai terbesar yang mengalir ke Samudera Arktik. Kedalaman maksimum sungai Yenisei adalah 24 meter. Sedangkan kedalaman rata-ratanya adalah 14 meter.

7. Sungai Ob

sungai ob di asia

commons.wikimedia.org

Sungai Ob memiliki panjang 3.650 km atau 2.268 mil yang terletak di Siberia bagian barat Rusia. Terdapat beberapa kota utama yang bermuara di sungai Ob diantaranya kota Barnaul, kota Nizhnevartosk, kota Biysk, kota Novosibirsk, dan kota Surgut.

Sungai Ob membentuk 25 km (16 mil) barat daya dari Biysk di Altai Krai pertemuan antara sungai Biya dan sungai Katun. Kedua sungai tersebut berasal dari pegunungan Altay yang mengeluarkan dari danau Teletskoye.

8. Sungai Nizhnyaya Tunguska

sungai di asia

en.wikipedia.org

Panjang sungai Nizhnyaya Tunguska ini mencapai 2.989 km (1.857 mil) yang terletak di Siberia, Rusia. Sungai ini mengalir melalui Irkutsk Oblast dan Krasnoyarsk Krai. Sungai Nizhnyaya Tunguska merupakan anak sungai kanan dari sungai Yenisei yang bergabung di Turukhansk.

Sesuai dengan karakter sungai, konstitusi lembah sungai dan pantai, itu dapat dibagi menjadi dua bagian: yang pertama dimulai pada sumber sungai yang mengalir ke desa Preobrazhenskoye dan bagian kedua dari sungai hilir desa ini dalam bantuan seperti canyon.

9. Sungai Indus

sungai indus di asia

uqi-alsana.blogspot.com

Sungai Indus mempuyai nama lain yaitu sungai Sindhu. Sungai yang mempunyai panjang sekitar 2.900 km ini merupakan salah satu sungai terpanjang di asia dan juga terbesar yang terletak di Negara India. Namun sekarang sungai ini telah terbagi menjadi dua, sebagian di India dan sebagiannya lagi di Pakistan.

Hulu sungai Indus berasal dari pegunungan Tibet yang berada di sekitar danau Mansarovar mengalir melalui wilayah Ladakh Jammu, Kashmir, dan memasuki wilayah utara. Kemudian mengalir kembali ke dari utara kearah selatan yang akhirnya bermuara di Laut Arab.

10. Sungai Brahmaputra, Sungai Terpanjang di Asia yang Ke Sepuluh

sungai brahmaputra di asia

ensiklopediduniakita.blogspot.com

Sungai Brahmaputra sebuah nama seperti nama dewa-dewa dalam dalam agama hindu. Sungai ini mempunyai panjang yang hampir sama seperti sungai Indus yaitu sekitar 2.900 km. Sungai ini juga merupakan sungai utama yang ada di Asia.

Wilayah yang dilalui oleh sungai Brahmaputra antara lain adalah negara India, Bangladesh, dan wilayah Tibet. Jika diartikan dalam bahasa sansekerta, Brahmaputra berarti “anak Brahma”. Namun sungai ini akhirnya nanti akan bertemu dengan sungai Gangga.

11. Sungai Amur

www.russiangeography.com

www.russiangeography.com

Sungai Amur adalah salah satu sungai terpanjang di asia yang memiliki panjang sekitar 2.824 km yang hampir sama panjangnya dengan dua sungai di atas. Sungai ini terletak di dua negara yaitu negara Rusia dan negara Cina yang membentuk perbatasan antara Timur Jauh Rusia dengan Tiongkok Timur Laut.

Di sungai Amur ini terdapat sebuah spesies ikan yang sangat besar. Panjang ukurannya pun mencapai 5,6 meter yaitu ikan Kaluga. Ukuran panjang seperti itu merupakan ikan yang sangat besar dan mungkin sulit untuk di tangkap.

12. Sungai Salween

www.mekongcommons.org

www.mekongcommons.org

Sungai Salween mempunyai panjang ukuran sungai sekitar 2.815 km yang menjadi salah satu sungai terpanjang di asia yang terdapat di Myanmar dan hulu sungai Salween ini dari Plato Tibet. Jalur sungai Salween ini terbagi menjadi dua yaitu antara Myanmar, Tiongkok, dan Thailand.

Selain itu sungai Salween ternyata terdapat spesies flora dan faunanya. Di sungai ini terdapat sekitar 7.000 spesies tanaman yang hidup di dalam sungai maupun yang ada di sekitar sungai.

Dan untuk faunanya sendiri sekitar 80 jenis, 143 spesies ikan yang 74 jenisnya merupakan spesies endemik.

13. Sungai Efrat (Euphrates)

en.wikipedia.org

en.wikipedia.org

Sungai Efrat atau dalam bahasa Inggris yaitu “Euphrates” merupakan sungai besar yang menjadi ciri khas Mesopotamia bersamaan dengan sungai Tigris. Panjang sungai ini mencapai 2.800 kilometer atau 1.740 mil.

Dalam agama Islam mengambil isi atau inti dari sebuah hadits yang disabdakan oleh Rasulullah Saw yang menerangkan bahwa sungai Efrat suatu saat akan surut dan terlihat sebuah gunung emas. Dan banyak orang-orang yang nantinya akan memperebutkan kemunculan emas tersebut.

14. Sungai Vilyuy

commons.wikimedia.org

commons.wikimedia.org

Sungai Vilyuy adalah salah satu sungai terpanjang di asia yang memiliki panjang sungai kurang lebih sekitar 2.650 kilometer atau setara dengan 1.647 mil. Sungai ini terletak di daratan Siberia Tengah. Selain itu ada beberapa kota yang bermuara di sekitar sungai Vilyuy ini.

Kota-kota tersebut ialah Kota Suntar, Kota Cherynshevskiy, dan Kota Verkhnevilyuysk. Dan sungai ini merupakan sungai yang ditemukannya sebuah tambang intan pada tahun 1950-an. Sungai Vilyuy merupakan sungai yang terletak di negara Rusia.

15. Sungai Amu Darya

www.btcic.org

www.btcic.org

Panjang sungai Amu Darya kurang lebih sekitar 2.540 kilometer yang merupakan sungai utama yang ada di Asia Tengah. Sungai ini juga disebut dengan sungai Oxus atau sungai Amu. Zaman dahulu sungai ini dianggap sebagai perbatasan antara Turan dan Iran.

Sungai Amu Darya dibentuk oleh persimpangan sungai Panj dan sungai Vakhsh. Nama yang diberikan ke sungai ini merupakan sebuah nama yang berasal fari kota yang bernama Amul, yang saat ini dikenal dengan Turkmenistan modern.

16. Sungai Gangga

en.wikipedia.org

en.wikipedia.org

Sungai Gangga dianggap suci oleh orang yang beragama hindu di India karena kata orang India sungai ini mengandung amrit, yaitu nectar keabadian. Di sungai gangga terdapat 18 jembatan yang menghiasinya dan biasanya digunakan untuk peserta festival.

Panjang sungai Gangga ini sekitar 2.510 km atau 1560 mil. Dalam agama Hindu, Gangga juga disembah sebagai dewi. Sungai Gangga ini menurut pejabat dan pemerintah India adalah sebagai singai Nasional Bharat. Dengan ukuran panjang tersebut membuat sungai ini masuk dalam sungai terpanjang di asia urutan ke 16.

17. Sungai Ishim

en.wikipedia.org

en.wikipedia.org

Sungai Ishim salah satu sungai terpanjang di asia yang mengalir melalui negara Kazakhstan dan negara Rusia. Sungai ini memiliki panjang sekitar 2.450 km. Debit rata-rata air sungai Ishim adalah 56,3 meter kubik per detik.

Sungai Ishim sebenarnya anak sungai Irtysh yang jika dilihat dari peta terdapat di sebelah kiri sungai Irtysh. Hulu sungai Ishim melewati Astana yaitu ibukota negara Kazakhstan. Dan di Negara Rusia sendiri sungai ini juga melewati sebuah rawa-rawa yang luas.

18. Sungai Ural

www.uralriver.com

www.uralriver.com

Sungai ini ternyata juga terletak di negara Rusia dan Kazakhstan juga. Sungai ini merupakan salah satu sungai terpanjang di asia yang mempunyai panjang sekitar 2.428 km. Sungai Ural bermuara di dua benua, yaitu benua Eropa dan Benua Asia.

Sumber air sungai Ural berasal dari Pegunungan Ural yang nantinya akan berjenti atau hilirnya berada di Laut Kaspia. Dan lahan basah yang ada di dekat delta sungai Ural sangat penting untuk migrasi burung sebagai perhentian penting sepanjang jalur terbang Asia.

19. Sungai Pearl

nyhistorywalks.wordpress.com

nyhistorywalks.wordpress.com

Sungai Mutiara (Pearl) juga dikenal dengan nama Zhujiang di Cina, karena memang sungai ini terletak di negara Cina. Ukuran sungai Mutiara (Pearl) sekitar 2.400 km atau 1.500 mil. Sungai ini sering dianggap sebagai megakota yang sedang berkembang pesat.

20. Sungai Olenyok Sungai Terpanjang di Asia Terakhir

www.panoramio.com

www.panoramio.com

Panjang sungai Olenyok ini sekitar 2.292 yang merupakan sungai besar terletak di Siberia Rusia. Debit air sungai Olenyok rata-rata sekitar 1.210 meter kubik per detik.

Sumber air sungai ini berasal dari dataran tinggi Siberia Tengah di sebelah utara Krasnoyarsk Krai yang mana mengalir ke utara. Sungai Olenyok terkenal dengan ikannya yang sangat melimpah.

Dan itulah panjang lebar tentang sungai terpanjang yang terdapat di Benua Asia. Sungai merupakan salah satu sumber kehidupan bagi makhluk yang ada di bumi kita ini. Oleh karena itu kita sebagai manusia yang diberikan emban amanah untuk menjaga bumi, harus melestarikan dan menjaganya dengan tidak mencemarinya.

17 Comments

  1. Alma Wahdie September 21, 2016
    • aqieb September 22, 2016
  2. Frutablend September 22, 2016
    • aqieb September 30, 2016
  3. Rach Alida Bahaweres September 24, 2016
    • aqieb September 30, 2016
  4. 21inchs September 24, 2016
  5. liadjabir September 24, 2016
    • aqieb September 30, 2016
  6. Tuxlin September 25, 2016
    • aqieb September 30, 2016
  7. Lidha Maul September 26, 2016
    • aqieb September 26, 2016
  8. alya Oktober 17, 2016
  9. Obat Jerawatan Maret 8, 2017
  10. Obat Apotik Maret 23, 2017
    • aqieb April 12, 2017

Leave a Reply