17 Sungai Terpanjang di Indonesia

SUNGAI TERPANJANG – Sungai merupakan subuah aliran air yang besar dan panjang yang mengalir secara terus-menerus tanpa henti dari hulu sampai ke hilir. Kedua sungai biasanya dibatasi oleh tanggul-tanggul untuk membendung jika terjadinya luapan air sungai.

Dalam pembentukan sungai dipengaruhi oleh beberapa faktor yang antara lain adalah faktor kemiringan lereng, litologi batuan, tenaga tektonik dan faktor-faktor lainnya. Pola sungai yang ada saat ini merupakan proses yang terus menerus berlangsung dan akan terus berkembang.

Sungai juga memiliki sebuah manfaat yang berguna bagi kehidupan manusia. Seperti di Indonesia yang merupakan Negara kepulauan. Sehingga Indonesia memiliki banyak sekali sungai-sungai yang memiliki panjang berkilo-kilo meter dan memiliki lebar yang sangat besar.

Berikut ini merupakan urutan sungai terpanjang dan terbesar di Indonesia:

1. Sungai Kapuas

sungai-kapuas-indah

Sungai Kapuas adalah sungai yang erletak di Provinsi Kalimantan Barat. Sungai ini merupakan sungai terpanjang disbanding sungai yang lain yang ada di pulau Kalimantan. Dan sungai Kapuas sekaligus menjadi salah satu sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 km.

Nama sungai Kapuas diambil dari sebuah nama daerah yang berada di Kalimantan yaitu daerah Kapuas yang saat ini bernama Kapuas Hulu. Sehingga sungai yang mengalir dari hulu Kapuas di kenal dengan sungai Kapuas.

Sungai Kapuas yang berada di Kalimantan adalah rumah dari lebih 700 jenis ikan dengan sekitar 12 jenis ikan yang langka dan 40 jenis ikan yang terancam punah. Selain itu sungai Kapuas mempunyai potensi perikanan air tawar yang dapat mencapai hingga 2 juta ton.

2. Sungai Mahakam

undas.co

undas.co

Sungai Mahakam adalah sungai yang memiliki panjang sekitar 920 km yang melintasi wilayah Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu sampai Kabupaten Kartanegara dan Kota Samarinda.

Sungai ini merupakan sungai terbesar di provinsi Kalimantan Timur yang bermuara di Selat Makassar. Di sungai Mahakam hidup spesies mamalia ikan air tawar yang sangat terancam punah yaitu ikan pesut Mahakam.

Sungai Mahakam dalam kehidupan masyarakat di Kalimantan mempunyai peranan yang sangat penting, seperti mempunyai potensi perikanan yang melimpah dan sebagai prasarana transportasi.

3. Sungai Barito

alam.uniknya.com

alam.uniknya.com

Sungai Barito atau sungai Dusun merupakan sungai dengan sumber airnya berasal dari pegunungan Schwaner yang berada di provinsi Kalimantan Tengah. Panjang sungai ini mencapai 909 km yang juga memasuki wilayah provinsi Kalimantan Selatan.

Sejarah nama sungai ini diambil berdasarkan nama Tanah Barito yang pada zaman dahulu bernama Onder Afdeeling Baritoyang terletak di hulu termasuk wilayah provinsi Kalimantan Tengah.

Namun sedimentasi atau penangkalan terhadap sungai Barito semakin hari semakin parah yang diakibatkan oleh peluasan fungsi lahan yang dulunya hutan tropis atau hutan bambu sekarang menjadi lahan kelapa sawit dan karet.

4. Sungai Batanghari

oldlook.indonesia.travel

oldlook.indonesia.travel

Sungai Batanghari memiliki panjang sungainya mencapai 800 km yang juga merupakan salah satu sungai terpanjang di pulau sumatera. Sumber mata airnya berasal dari pegunungan Gunung Rasan.

Sungai Batanghari aliran airnya melalui beberapa daerah yang ada di provinsi Sumatera Barat dan Provisni Jambi yang antara lain adalah Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten, Batanghari, Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari adalah Daerah Aliran Sungai terbesar kedua di Indonesia yang mencakup luas areal tangkapan kurang lebih 4,9 juta hektar. Dan sekitar 76% DAS Batanghari terletak di provinsi Jambi dan sisanya terletak di provinsi Sumatera Barat.

5. Sungai Musi

indonesiaexplorer.net

indonesiaexplorer.net

Sungai Musi adalah sungai yang memiliki panjang sungai hingga mencapai 750 km. Sungai ini berada di provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Sungai Musi merupakan salah satu sungai terpanjang yang ada di Indonesia yang membelah Kota Palembang menjadi dua bagian.

Sejak zaman dahulu atau lebih tepatnya pada masa Kerajaan Sriwijaya sampai sekarang, sungai Musi sangat terkenal sebagai slah satu sarana transportasi utama bagi masyarakat sekitar.

Daerah Aliran Sungai Musi secara geografis terletak diantara 103° 34’ 12” – 105° 0’ 36” BT dan 02° 58’ 12” – 04° 59’ 24” LS yang mempunyai luas 7.760.222,86 hektar. Secara administrasi Daerah Aliran Sungai Musi termsuk pada 4 provinsi, yaitu Bengkulu, Lampung, Jambi dan Sumatera Selatan.

6. Sungai Membramo

xykids.kidnesia.com

xykids.kidnesia.com

Sungai Membramo merupakan sungai yang terletak di Pegunungan Foja yang memiliki panjang sungai mencapai 670 km. Sungai ini berada di Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua. Panggilan “Membaramo”berasal dari bahasa Dani – mambe berarti ‘besar’ dan ramo berarti ‘air’.

Sungai yang kaya akan keanegaraman hayati ini terdapat beberapa suku yang bermukim dilembah sungai ini. Oleh karenanya Membramo dijuluki sebagai ‘Amazonnya Papua’. Sungai Membramo juga merupakan sungai dengan kelebaran terbesar di Indonesia.

Sungai Membramo yang emiliki panjang 670 km ini mempunyai sebuah kawasan resapan seluas 138.877 km². sedangkan kedalaman sungai ini berkisar antara 8 samapi 33 m. Menurut sebuah penelitian pada tahun 1983, debit airnya bisa mencapai 5.500 m³/detik.

7. Sungai Bengawan Solo

www.jalansolo.com

www.jalansolo.com

Sungai Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang yang ada di Pulau Jawa dengan panjang sekitar 548,53 km. sungai ini mengaliri dua provinsi yaitu dari Jawa Tengah menuju ke Jawa Timur.

Sungai Bengawan Solo memiliki dua hulu atau dua sumber air yang berasal dari daerah Pegunungan Sewu dan Ponorogo yang selanjutnya bermuara di daerah Gresik.

Nama “Bengawan” sendiri arti dalam bahasa Jawanya adalah “sungai yang besar”. Pada zaman dahulu sungai ini pernah dinamakan Waluyu, Wulayu, dan Semanggai kalau dalam naskah bahasa Belanda dieja dengan nama Semangy.

8. Sungai Digul

www.alltutorials.info

www.alltutorials.info

Sungai Digul adalah sungai yang memiliki panjang 546 km yang terdapat di Provinsi Papua. Sungai ini melalui beberapa daerah yang ada di Papua yaitu Kabupaten Boven Digul, Asmat, Jayawijaya, Mappi, Nduga, Lanny Jaya, K Merauke, Pegunungan Bintang, dan Yahukimo.

Hulu atau sumber air yang mengalir di sungai Digul ini berasal dari Pegunungan Maoke dan bermuara di laut Arafuru. Luas sungai ini akan melebar cukup besar ketika musim hujan tiba. Dan ketika itu air sungainya menjadi keruh yang di akibatkan oleh beberapa tipe tanah yang berlumpur.

Akan tetapi ketika musim kemarau, air sungai ini kembali menjadi jernih dan bersih. Selain itu banyak tanaman-tanaman  dan tumbuhan pakis yang tumbuh dan berkembang didekat sungai ini. Di dalam sungai ini juga terdapat beberapa hewan yang hidup di sungai ini.

9. Sungai Indragiri

500px.com

500px.com

Sungai Indragiri adalah sungai terpanjang ke sembilan yang mempunyai panjang sekitar 500 km. Sungai ini terletak di daerah Provinsi Riau yang bermuara ke Selat Malaka. Sumber mata air atau hulu airnya berasal dari singai Sinamar dan sungai Ombilin.

Kedalaman yang dimiliki oleh sungai ini sekitar antara 6 sampai 8 meter. Sungai ini disebut juga sungai Batang Kuantan yang berasal dari sungai Singkarak, Sumatera Barat.

Topografi wilayah Indragiri Hulu terdiri dari dataran rendah, dataran tinggi dan rawa-rawa dengan ketinggian di antara 5 sampai 400 meter dari permukaan laut. Dan juga berada pada jalur lintas timur Sumatera dan berada di daerah tropis.

10. Sungai Seruyan

biroseruyanrn.blogspot.com

biroseruyanrn.blogspot.com

Sungai Seruyan adalah sungai yang terletak dan mengalir di wilayah Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Sebelumnya sungai Seruyan bernama sungai Seroejan. Sungai ini memiliki panjang sekitar 350 km dan hanya bisa dilayari sekitar 300 km saja.

Sungai Seruyan mengalir dari arah utara kea rah selatan dan bermuara di Laut Jawa. Kedalaman rata-rata yang dimiliki oleh sungai Seruyan adalah 6 m dan memiliki lebar kira-kira 300 meter dengan beberapa anak sungai.

Beberapa anak sungai Seruyan diantaranya adalah sungai Manjul, sungai Danau Sembuluh, sungai Pukun, sungai Kalua, sungai S. Kale, sungai Bai, sungai Lanan, sungai Kulai, sungai Bahan, dan sungai Seruyan.

11. Sungai Brantas

sasadaramk.blogspot.com

sasadaramk.blogspot.com

Sungai Brantas merupakan sungai terpanjang kedua di Pulau Jawa setelah Bengawan Solo dengan panjang sekitar 320 km. Sumber air mata sungai ini berasal dari Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Sumber air mata tersebut merupakan simpanan air Gunung Arjuno, lalu mengalir ke Malang, Blitar, Tulungagung, Kediri, Jombang, dan Mojokerto. Sedangkan di Mojokerto, sungai Brantas bercabang menjadi dua arah yaitu Kali Mas kea rah Surabaya dan Kali Porong ke arah Sidoarjo.

Sungai Brantas mempunyai Daerah Aliran Sungai dengan luas 11.800 km² atau ¼ dari luas Provinsi Jawa Timur. Panjang sungai ini hingga dapat melingkari sebuah gunung berapi yang masih aktif, yaitu Gunung Kelud.

12. Sungai Citarum

alifaeglantine.wordpress.com

alifaeglantine.wordpress.com

Sungai Citarum adalah sungai terpanjang dan terbesar di Provinsi Jawa Barat dengan panjang sungai sekitar 300 km. sumber mata air atau hulu sungai Citarum berasal dari lereng Gunung Wayang, di Tenggara Kota Bandung.

Sebenarnya nama sungai Citarum berasal dari dua suku kata yaitu “Ci” yang artinya sungai atau air, dan “tarum” yang berarti nama tumbuhan penghasil warna nila. Disimpulkan bahwa pada zaman dahulu terdapat banyak tanaman tarum yang tumbuh di sepenjang sungai Citarum.

Sejak 2007 sungai dengan ekonomi, nilai sejarah, dan sosial yang penting ini telah menjadi salah satu sungai dengan tingkat kecemaran tertinggi di dunia.

Karena jutaan orang bergantung langsung hidupnya dari sungai ini. Terlebih lagi sudah terdapat sekitar 500 pabrik yang beridiri di sekitar aliran sungai Citarum ini.

13. Sungai Krueng Aceh

iloveaceh.tumblr.com

iloveaceh.tumblr.com

Sungai Krueng Aceh merupakan salah satu sungai terpanjang yang ada di Banda Aceh. Sungai ini sumber aliran airnya atau hulunya berasal dari pegunungan Aceh Besar yang mengaliri sebagian besar wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar dan bermuara di Selat Malaka.

Panjang sungai ini mencapai 145 km. Sungai Krueng Aceh mempunyai beberapa sub Daerah Aliran Sungai (DAS)yaitu Krueng Inong, Krueng Seulimeum, Krueng Jreu, Krueng Aceh bagian hilir dan Krueng Keumireu.

Fisiografi yang dimiliki oleh sungai Krueng Aceh adalah fisiografi datar, berbukit dan bergunung, serta bergelombang yang pada umumnya terletak di Kabupaten Aceh Besar. Luas wilayah topografi datar seluas 46.487,29 ha.

14. Sungai Batee Iliek

beritadaerah.co.id

beritadaerah.co.id

Sungai Batee Iliek adalah sungai yang terletak di sebelah kecamatan Sama Langa. Sungai ini merupakan sebuah tempat yang telah menjadi objek wisata terkenal dari tahun awal Sembilan puluhan.

Nama Batee Iliek merupakan nama yang berasal dari kata bate yang memiliki arti batu, dan iliek yang berarti mengalir. Jadi dapat disimpulakan bahwa sungai Batee Iliek bisa diartikan sekumpulan batu-batu yang mengalir.

Dari tahun ketahun sampai sekarang kawasan objek wisata sungai Batee Iliek terus dipercantik. Seperti membangun dan mendirikan warung-warung yang berjejer rapi serta membuat tempat-tempat untuk berteduh di sepenjang tepi sungai.

5 Comments

  1. triadicl September 19, 2016
    • aqieb September 20, 2016
  2. Helena September 21, 2016
    • aqieb September 22, 2016
  3. Beni Sumarlin September 22, 2016

Leave a Reply