15 Tanaman Hias Beracun dan Berbahaya yang Perlu Anda Ketahui

Tanaman Hias Beracun – Tanaman hias merupakan tanaman yang memang sengaja dibudidayakan atau ditanam karena memiliki daya tarik tersendiri dan bertujuan untuk menjadi hiasan pada suatu halaman atau taman agar terlihat indah.

Tanaman hias terdapat banyak sekali kategorinya, misalnya tanaman hias bunga, tanaman hias indoor, tanaman hias outdoor, tanaman hias daun, dan bahkan ada tanaman hias beracun.

Nah pada kesempatan kali ini akan membahas tentang tanaman hias beracun yang mungkin banyak sebagian orang belum mengetahuinya.

Tanaman hias beracun adalah tanaman hias yang terlihat indah dan mempesona, akan tetapi di dalam tanaman tersebut terdapat zat atau cairan yang bisa menyebabkan seseorang atau makhluk hidup lain keracunan bahkan bisa sampai mati.

Berikut ini penjelasan mengenai tanaman hias beracun yang bisa Anda ketahui:

1. Tanaman Hias Beracun Nerium Oleander

tanaman hias beracun

www.fitoland.hu

Nerium oleander merupakan nama latin dari tanaman hias oleander. Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan tanaman bunga jepun atau bunga mentega. Oleander ini juga sangat terkenal sebagai tanaman hias.

Kata oleander berasal dari bahasa latin yang sebelumnya dari kata “Olea” yang mempunyai arti minyak atau oil. Tanaman oleander juga dikenal sebagai tanaman yang mampu memproduksi minyak yang dapat memenuhi lahan sekitar tempatnya tumbuh.

Akan tetapi yang perlu Anda ketahui bahwa tanaman ini beracun. Walaupun sangat bagus untuk tanaman hias, tanaman ini berbahaya. Karena seluruh tanaman ini beracun mulai dari bunga, buahnya dan rantingnya.

Dalam tanaman ini terdapat sejenis zat beracun yang diantaranya yaitu rosagenin, nerioside, saponins, oleandroside dan cardiac glycoside. Zat tersebut mampu mengakibatkan denyut jantung menjadi lambat dan bisa sampai mengakibatkan gagal jantung.

Walaupun zat racun tersebut ada pada setiap bagian tanaman, akan tetapi biasanya racun tersebut lebih terkonsentrasi pada bagian getah tanaman ini yang berwarna putih seperti susu. Jika getah ini mengenai kulit Anda, bisa menyebabkan kulit merasakan mati rasa.

2. Tanaman Hias Beracun Daun Sri Rejeki (Dieffenbachia)

tanaman hias beracun

www.caratanam.com

Sri Rejeki adalah salah satu tanaman hias yang sudah sangat umum sekali tumbuh di Indonesia menjadi tanaman hias hampir setiap rumah. Tanaman yang mempunyai nama latin dieffenbachia ini memiliki racun pada bagian seluruh tubuhnya mulai dari daun sampai batangnya.

Meskipun terdapat racun, tanaman ini masih bisa dijadikan tanaman hias di rumah Anda. Hanya saja jauhkan dari anak-anak yang belum mengerti atau masih belajar menggigit atau yang lainnya. Racun tersebut terdapat pada bagian getahnya.

Getah tersebut ada disetiap daun dan batangnya, yang jika terkena getah tersebut bisa menyebakan gatalgatal, kejang-kejang, dan bahkan jika sampai terkena kerongkongan bisa menggangu saluran pernafasan yang berakibat fatal.

Hal itu dikarenakan getah tersebut terdapat kandungan Kristal kalsium oksalat di dalam sitoplasma sel yang disebut dengan rafida bentuknya seperti jarum.

3. Tanaman Hias Beracun Bunga Kecubung atau Terompet

tanaman hias beracun

tanaman-herbal.blogspot.my

Bunga kecubung atau nama lainnya bunga teropet merupakan tanaman yang dapat ditemukan di daerah dataran tinggi. Tanaman yang tingginya bisa mencapai 2-4 m ini memiliki bunga yang terlihat sangat indah dan cantik.

Tetapi, meskipun mempunyai bunga yang indah nan cantik, bunga ini ternyata terdapat racunnya. Racun tersebut berupa “memabukkan”. Di dalam bunga ini terkandung alkaloid, atropine, dan beberapa zat lainnya yang bisa menyebabkan halusinasi.

Efek yang ditimbulkan oleh bunga ini tidaklah berbeda dengan berbagai jenis obat terlarang. Jika seseorang yang memakannya, dia akan merasakan kegembraan yang berlebihan. Dan apabila dilanjutkan, kesadaran orang tersebut bisa hilang dan bisa berujung pada kematian.

4. Tanaman Hias Beracun Daphne

tanaman hias beracun

www.pixabay.com

Bunga Daphne dikenal juga dengan nama lain Lady Laurel atau tanaman surga. Meskipun bunga tanaman ini terlihat sangat cantik dan indah, ternyata seluruh bagian dari bunga ini beracun. Dan yang paling beracun berpusat pada getah dan buahnya.

Tanaman ini mengandung daphnin dan mezerine. Kedua zat tersebut sangatlah kuat yang bisa menyebabkan kepala terasa sakit, diarhea, sakit perut, dan kegilaan.Dan apabila ada seseorang yang memakannya secara berlebihan, bisa menyebakan koma bahkan sampai kematian.

5. Lily of the Valley

tanaman hias beracun

www.flowerbee.co

Lily of the valley ini merupakan salah satu jenis bunga yang paling indah diantara keluarga bunga lily yang lainnya. Bunga ini sangat banyak tumbuh di negara Inggris bagian utara dan bunga ini sering disebut dengan bunga musim semi.

Pada setiap bulan September, bunga ini akan mengeluarkan buahnya yang buah tersebut tumbuh dari bagian mahkotanya yang sangat indah. Buah tersebut memiliki nama buah berry. Ukuran buah berry ini biasanya sekitar 5-7 mm.

Namun dibalik keindahan bunga lily ini menyimpan bahaya bagi manusia ataupun hewan lainnya. Karena bunga ini memiliki racun yang sama bahayanya dengan bunga daphne.

Di dalam tanaman bunga Lily of the Valley ini mulai dari batang sampai ke buahnya mengandung racun yang bisa berdampak mematikan bagi yang menggunakannya atau memakannya. Racun tersebut bernama Convallatoxin.

Meskipun mempunyai racun yang berbahaya, bunga ini juga mempunyai sisi positif atau mempunyai manfaat yang bisa digunakan. Salah satu contohnya adalah untuk sebagai keperluan pengobatan, mencegah atau menolak racun lain, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Tanaman Hias Beracun Belladonna

tanaman hias beracun

www.wajibbaca.com

Di bagian barat Hamisphere, tanaman belladonna ini merupakan tanaman yang dikenal sebagai salah satu tanaman paling beracun. Belladonna ini mengandung sejenis at yang berupa tropane alkoids yang zat tersebut sanga berpotensi membahayakan bagi makhluk hidup terutama manusia.

Dan yang harus ada ketahui dan perhatikan bahwa seluruh bagian tanaman belladonna ini berbahaya atau beracun. Mulai dari akar sampai buahnya. Akan tetapi bagian yang paling berbahaya dari tanaman ini berpusat pada bagian buahnya yang mungkin terlihat enak dimakan.

Gejala bagi orang yang belum tahu atau mengerti dan tiba-tiba memakan buah tanaman belladonna ini adalah pupil mata membesar, penglihatan menjadi kabur, berhalusinasi dan kegilaan.

Selain itu zat racun yang berupa atropine di dalam bunga dapat mengganggu sistem saraf, gangguan pada pernafasan, berkeringat dan detak jantung tidak stabil.

7. Ranunculus

tanaman hias beracun

www.typesofflower.com

Tanaman hias beracun ranunculus, jika dilihat sekilas seperti bunga mawar yang indah dan cantik. Namun ternyata tanaman ini bukanlah keluarga dari bunga mawar. Tanaman ini sering dikenal sebagai buttercup, spearworts dan nama-nama lainnya.

Warna  yang dimiliki oleh bunga ranunculus banyak sekali yang diantaranya berwarna merah, putih, kuning, merah muda, dan orange. Karena bunga ranunculus ini terlihat sangat cantik dan indah, tanaman ini sering sekali dipakai untuk sebagai tanaman hias.

Walaupun sangat cantik dan indah untuk dipakai sebagai tanaman hias, namun harus perlu dilakukan pengawan yang cukup ketat. Karena tanaman bunga ranunculus ini mempunyai racun yang mematikan bagi manusia maupun makhluk hidup lainnya.

Jika ada seseorang atau makhluk hidup lainnya yang mencoba untuk memakan bunga ini akan mengalami gejala yang berupa kerusakan pencernaan akibat racunnya. Air liur yang berlebihan, diare yang disertai dengan darah, sakit perut yang terasa sangat parah serta rusaknya selaput lender pada sistem pencernaan.

8. Autumn Crocus

tanaman hias beracun

www.altums.com

Autumn Crocus ini merupakan tanaman hias beracun yang mungkin juga salah satu tanaman bunga yang paling beracun di dunia. Racun yang terkandung dalam tumbuhan ini berupa colchicine, yang racun tersebut bisa digunakan sebagai obat untuk perawatan encok.

Racun yang terkandung di dalam tanaman ini menurut beberapa sumber, hampir sama dengan arsenic yang racun tersebut belum ada obatnya.

Gejala yang ditimbulkan oleh racun tanaman ini adalah hilangnya tekanan darah serta penyakit jantung. Oleh karena itu sebisa mungkin untuk menghindari jenis tanaman seperti ini.

Meskipun bunga yang timbul dari tanaman ini terlihat sangat cantik dan indah, akan tetapi sangat berbahaya bagi orang yang belum mengetahuinya.

9. Philodendron

tanaman hias beracun

www.mnn.com

Philodendron merupakan tanaman hias yang sudah sangat populer sebab tanaman ini mudah sekali tumbuh dan tidak membutuhkan banyak perawatan. Dan yang perlu Anda ketahui ternyata tanaman ini mengandung kristal yang tidak larut kalsium oksalat yang disebut dengan raphites.

Raphites tersebut adalah unsur racun yang membuatnya sangat berbahaya. Sedangkan kristal kalsium oksalat buasanya mempunyai efek yang sangat ringan pada manusia.

Selain itu mungkin beberapa orang sangat sensitif terhadap tanaman ini. Apabila seseorang terkena atau kontak dengan getah tanaman ini bisa menyebabkan sensasi terbakar pada kulit, iritasi, serta pembengkakan pada bibir dan lidah.

10. Devil’s Ivy

tanaman hias beracun

www.bostonpsychiatriccenter.com

Devil’s Ivy ini merupakan tanaman yang biasanya dikenal dengan sebutan the golden pothos. Selain itu devil’s ivy ini berbahaya bagi hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Tanaman ini juga telah terdaftar sebagai tanaman houseplant yang mempunyai racun.

Racun tersebut terdapat pada bagian batang dan daun yang mengandung zat berupa kalsium oksalat yang tidak larut. Zat beracun di atas seperti tanaman philodendron bahayanya dan gejala yang ditimbulkan juga sama.

11. Tanaman Hias Beracun Bird of Paradise

tanaman hias beracun

www.birdofparadisespa.com

Bird of paradise ini salah satu tanaman hias beracun pada bagian bunganya mempunyai kemiripan dengan seekor burung surga. Tanaman ini merupakan tanaman asli yang berasal dari Afrika Selatan.

Di Afrika Selatan tanaman ini dikenal sebagai bunga crane dan ditampilkan dibalik koin 50 sen. Bunga tanaman ini merupakan bunga resmi kota Los Angeles serta dua spesies, strelitzia dan strelitzia reginae yang sering ditanam sebagai tanaman hias rumah.

12. Keladi Hias atau Caladium

tanaman hias beracun

www.pinterest.com

Keladi hias atau nama lainnya caladium merupakan salah satu tanaman hias yang sudah sangat umum sekali tumbuh di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Sering sekali tanaman ini disalah artikan dengan tumbuhan talas yang daunnya sangat mirip.

Namun ketika seseorang mengira bahwa tanaman ini sebagai umbi talas dan memakannya, akan merasakan rasa terbakar di tenggorokan, karena di dalam tanaman keladi hias ini terdapat zat yang berupa kalsium oksalat.

13. Arrowhead Plants

tanaman hias beracun

www.wieseacres.com

Arrowhead plants ini merupakan tanaman yang berbentuk panjang, daunnya berbentuk hati yang juga terlihat sangat indah serta memberikan sentuhan yang cukup bagus untuk menghiasi atau mendekorasi rumah.

Dikarenakan tanaman ini terlihat indah dan untuk merawatnya pun cukup mudah, banyak orang yang menanam tanaman ini dipekarangan rumahnya tanpa mengetahu bahwa tanaman ini ternyata memiliki racun.

Racun yang terkandung di dalam tanaman ini sangat rentan terhadap manusia dan hewan. Terutama pada bagian getahnya yang mengandung kristal oksalat yang cukup beracun.

14. Asparagus Pakis

tanaman hias beracun

Asparagus pakis ini merupakan tanaman yang sudah umum sekali tumbuh dihalaman rumah atau taman rumah sebagai tanaman hias. Akan tetapi, ternyata tanaman ini walaupun sangat cocok ditanaman sebagai tanaman hias, dia termasuk tanaman hias yang beracun.

Namun racun tersebut cukup berbahaya bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing di rumah Anda. Dan bagi manusia lebih baik menghindarinya walaupun tidak terlalu berbahay bagi manusia.

Daun dan buahnya menurut ASPAC, tanaman ini mengandung bahan kimia. Unsur dari racun yang ditimbulkan oleh tanaman asparagus pakis ini berupa sapagenin yang di dalamnya mengandung senyawa steroid.

15. Foxglove

tanaman hias beracun foxglove

www.gardeningknowhow.com

Foxglove, tanaman yang satu ini pernah menjadi tanaman hias yang menduduki peringkat atas sebagai tanaman hias paling berharga di daratan Eropa. Akan tetapi tidak ada yg menyangka bahwa ternyata tanaman ini mempunyai racun yang cukup kuat.

Racun tersebut terdapat pada bagian seluruh tumbuhan ini. Unsur kandungan racun tanaman ini berupa zat seperti digitoksin, deslanoside, dan digitalis glikosida. Biasanya racun ini meyerang otot jantung, dan akibat jika tertelan bisa menyebabkan masalah serius.

Masalah serius tersebut seperti detak jantung tidak berjalan dengan teratur, kepala terasa sangat sakit, muntah, dan bahkan bisa sampai berujung pada kematian.

Nah itulah 15 tanaman hias beracun yang perlu Anda ketahui. Meskipun terlihat indah dan cantik ternyata mempunyai racun yang cukup berbahaya.

Dan bagi Anda yang mungkin ingin menanam salah satujenis tanaman hias di atas, perlu pengawasan ketat terhadap anak Anda yang belum mengerti atau menjauhkan dari anak-anak.

Leave a Reply