10 Tanaman Hias Buah Sangat Cocok untuk Halaman Rumah Anda

Tanaman Hias Buah – Bagi Anda yang mempunyai halaman rumah yang cukup luas tentu memiliki tanaman hias berbagai macam jenis. Akan tetapi belum terlalu banyak yang mengetahui bahwa tanaman buah bisa menjadi tanaman hias buah yang sangat unik, cantik, dan indah.

Tanaman hias buah memiliki nilai lebih yaitu bisa dipanen ketika tanaman tersebut berbuah pada waktunya. Tanaman hias buah ini selain terlihat unik, cantik dan indah, juga dapat membuat halaman lebih alami dan asri.

Berikut ini 10 tanaman hias buah yang bisa anda ketahui:

1. Yellow Pitomba

tanaman hias buah

Yellow Pitomba merupakan salah satu tanaman buah yang dikenal juga dengan yellow grumichama. Tanaman ini berasal dari Pantas, Brazil. Buah dari tanaman pitomba ini juga bisa dikonsumsi yang mempunyai rasa manis dan segar.

Tanaman buah ini mempunyai tangkai yang menjuntai hingga berukuran 3-4 cm, sehingga buah dari tanaman pitomba ini terlihat seperti buah ceri. Di Brazil tanaman ini mempunyai nama lain yaitu uvalha do campo.

Tanaman pitomba ini ternyata juga bisa menjadi tanaman hias buah yang jika tanaman ini ditanam di dalam pot akan terlihat sangat cantik dan menawan. Namun harus sering-sering memangkas tangkainya supaya bentuk tajuk, proporsional dengan pot.

Meskipun tanaman ini sangat cocok untuk ditanam di dalam pot, namun untuk perawatan tanaman ini perlu ekstra. Sebab tanaman pitomba ini termasuk tanaman yang langka dan cukup sulit untuk memperbanyak tanaman ini.

2. Tanaman Hias Buah Naga Mini

tanaman hias buah naga

Tanaman buah naga mini merupakan tanaman yang sangat cocok ditanam dalam tabulampot sebagai tanaman hias. Tanaman naga mini ini mempunyai buah yang sangat mirip sekali dengan buah naga pada umumnya.

Hanya saja tanaman buah naga ini mempunyai ukuran buah sebesar buah bola pingpong, dan selain itu tanaman ini juga bisa bertahan hidup berhari-hari. Bentuk buah yang mini ini membuat tanaman ini mempunyai daya tarik tersendiri dari pada tanaman buah naga yang sesungguhnya.

Buah naga mini ini juga bisa dimakan dan rasa dari buah naga ini agak manis mirip seperti buah naga, tapi juga mempunyai  rasa yang sedikit pahit dan agak langu.

Warna buah naga mini ini ketika masih muda mempunyai warna hijau, dan ketika buah naga mini ini sudah matang warnanya berubah menjadi merah. Selain itu buah naga mini tidak mempunyai sirip seperti buah naga pada umumnya dan ketika dibelah daging buah dan bijinya juga sangat mirip dengan buah naga biasanya.

3. Nanas Hias Lava Bust atau Nanas Merah

tanaman hias buah nanas merah

Siapa yang tidak tahu dengan buah nanas? Tentu semua orang tahu buah yang satu ini. Buah nanas pada umumnya merupakan salah satu buah tropis dengan kelembapan yang rendah.

Dan bagaimana dengan nanas merah atau dikenal juga dengan sebutan nanas hias lava bust? Mungkin ada sebagian orang yang belum mengetahui apa itu nanas merah ini.

Nanas merah ini berbeda dengan nanas pada umumnya yang mempunyai ukuran lebih besar. Nanas merah ini mempunyai ukuran rata-rata lebih kecil daripada nanas biasanya yang sering kita lihat di pasaran.

Dengan ukuran yang mini, nanas merah ini ternyata bisa menjadi tanaman hias buah yang cukup bagus dan cantik untuk di tanam di halaman rumah atau disebuah taman.

Pada bagian pangkal pada nanas merah terdapat beberapa tunas yang ukurannya lebih kecil dan terkadang bercabang lebih dari satu tunas.

Umumnya, nanas merah yang memiliki cabang serta dikelilingi oleh tunas kecil yang ketika tumbuhnya rata dan baik, menjadi incaran. Karena mempunyai  harga yang cukup mahal sebab tidak bisa direkayasa.

Nanas merah ini mempunyai nama ilmiah yaitu Ananas Bracteatus. Tanaman ini merupakan tanaman yang termasuk ke dalam tanaman hias buah dan berbunga yang berasal dari Argentina, Paraguay, dan Brazil.

Meskipun nanas merah mempunyai duri-duri kecil dan lembut yang tidak seperti nanas pada umumnya, namun jika terkena tetap saja masih terasa sakit. Akan tetapi ketika buah nanas merah ini sudah matang, daginya buah nanas merah ini bisa dimakan walaupun kecil.

4. Tanaman Hias Buah Long Mulberry

tanaman hias buah murbei

Long Mulberry  atau di Indonesia diskenal dengan sebutan long murbei masih satu family dengan mulberry biasa yang bentuknya kecil dan pendek, sedangkan yang satu ini atau long mulberry bentuknya lebih panjang.

Tanaman ini termasuk tanaman yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias buah dalam pot atau singkatannya tabulampot. Selain itu juga enak ketika sudah berbuah tinggal memetik bagi yang mempunyai tanaman ini di halaman rumahnya.

Long mulberry ini ternyata satu-satunya varian buah mulberry yang buahnya memanjang. Jika di luar negeri, tanaman ini namanya Himalayan Mulberry atau Pakistan Mulberry yang mempunyai nama latin Morus macroura.

Himalayan Mulberry ini merupakan tanaman asli yang berasal dari pegunungan Himalaya. Ketika tumbuh tanaman ini bisa mencapai tinggi kurang lebih sekitar 12 meter. Dan pohon ini juga bisa tumbuh dan berbuah hingga ratusan tahun lamanya.

Rasa buah mulberry ini ketika masih muda berwarna hijau, rasanya sangat asam. Awalnya buah ini berwarna hijau, kemudian berubah menjadi kuning, lalu menjadi merah, dan ketika benar-benar matang berwarna merah kehitaman.

Buahnya ketika sudah menjadi merah rasanya menjadi manis dan rasanya akan manis sekali ketika sudah berubah warna menjadi merah kehitaman.

5. Jeruk Kalamansi (Calamondin)

tanaman hias buah jeruk

Jeruk Kalamansi (Calamondin) ini saat ini sudah banyak yang menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias buah. Karena buahnya mempunyai warna yang sangat mencolok tanaman ini sangat cocok sebagai tanaman hias di halaman rumah.

Perlu Anda ketahui bahwa jeruk kalamansi ini pertumbuhannya terus menerus tanpa mengenal musim, dan bunganya selalu bermekaran sepanjang tahun di bawah cuaca yang hangat. Buahnya ketika masih mentah berwarna hijau, dan ketika matang berwarna kuning mencolok.

Tanaman ini dapat berbuah ketika pohonnya masih dalam ukuran kecil, sehingga tanaman ini juga cocok untuk tanaman hias dalam ruangan atau di dalam rumah sebagai hiasan.

Jeruk kalamansi ini sudah berkembang sangat pesat di wilayah Bengkulu, dan tanaman ini terkenal dengan rasanya yang asam, namun mempunyai bau yang harum. Selain itu rasanya juga segar yang hasil panennya dimanfaatkan untuk diolah menjadi minuman berupa sirup kalamansi.

6. Tanaman Hias Buah Tomat Cherry

tanaman hias buah tomat

Tomat cherry ini jika dilihat secara fungsi maupun visualnya. Secara fungsi tomat cherry ini bisa langsung dimakan tanpa membelahnya terlebih dahulu. Selain itu rasa tomat cherry ini lebih manis daripada tomat biasanya yang ditanam sebagai sayur.

Secara visual tomat cherry mempunyai tandan buah atau tangkai untuk buahnya panjang dan warna yang dimiliki pada buahnya sangat cocok menjadi tanaman hias buah untuk di rumah atau halaman rumah Anda.

Buah dari tanaman ini besarnya tidak seperti tomat pada umumnya yang banyak dipasaran. Ukurannya sama seperti buah cherry, sebab itu tomat ini dinamakan tomat cherry karena ukuran dan bentuknya memang mirip sekali dengan buah cherry.

Tomat cherry ini mulai terkenal diperkirakan sekitar pada tahun 1800-an yang berasal dari Chili bagian utara dan Peru. Dan sebenarnya tomat cherry ini ada banyak jenisnya.

Tomat cherry ini untuk pembudidayaan pada ladang konvensional sangat jarang, tanaman ini justru lebih banyak yang membudidayakannya dalam green house atau bisa juga dengan sistem hidroponik.

7. Cabai Pelangi atau Cabai Bolivian Rainbow

tanaman hias buah cabai

Mungkin cabai pada umumnya saat ini mempunyai warna merah dan hijau dengan rasa pedasnya yang khas. Akan tetapi sekarang terdapat cabai yang memiliki warna bukan hanya merah dan hijau saja, melainkan ada jenis cabai yang dalam satu pohon terdapat berbagai macam warna.

Di luar negeri cabai ini disebut dengan Bolivian Rainbow yang tanaman ini berasal dari Amerika Selatan. Kalau di Indonesia sendiri disebut dengan cabai pelangi karena tadi dalam satu pohon terdapat banyak sekali varian warnanya seperti halnya pelangi di atas awan.

Cabai pelangi ini dalam satu pohon terdapat berbagai macam warna mulai dari warna kuning, ungu, orange, merah, dan hijau. Selain bisa dikonsumsi, cabai pelangi ini juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias buah yang sangat cocok untuk hiasan di halaman rumah Anda.

8. Tanaman Hias Buah Nanas Medusa

tanaman hias buah nanas

Nanas Medusa mungkin ada sebagain orang yang belum tahu mengenai tanaman yang satu ini. Nanas medusa ini sebenarnya masih satu family dengan nanas pada umumnya. Hanya saja terdapat beberapa perbedaan diantara keduanya.

Nanas medusa atau disebut juga nanas mahkota merupakan salah satu jenis buah yang mempunyai keunikan yang sulit untuk dipungkiri. Karena pada bagian nanas utamanya terdapat buah-buah nanas berukuran mini yang tumbuh.

Jika diperhatikan juga, pada salah satu bagian nanas mini ini tumbuh daun yang lebih besar dari yang lainnya. Sehingga terlihat seperti buah yang bermahkota.

Nanas medusa mempunyai nama latin Annas Comosus. Selain itu nanas medusa ini memiliki rasa yang tidak kalah dengan nanas biasanya. Tanaman ini bisa tumbuh di daratan rendah maupun daratan tinggi.

9. Tanaman Hias Buah Srikaya

tanaman hias buah srikaya

Buah srikaya ternyata bisa dijadikan sebagai tanaman hias buah dengan cara ditanam di dalam pot. Dengan perlakuan khusus tanaman buah srikaya ini bisa berbuah dalam waktu 1,5 tahun walaupun sebelumnya ditanam mulai dari biji.

Srikaya memiliki nama latin Annona Squamosa yang perawatannya dipelihara dengan sangat intensif di dalam pot dengan pupuk berat bisa berbuah hanya dalam waktu 1,5 tahun saja. Karena jika ditanam dengan cara tradisional bisa membutuhkan waktu 2x lipatnya yaitu 3 tahun.

Srikaya yang tumbuh di dalam pot ini memiliki ukuran pendek atau mini, sekitar 75 cm sehingga cukup menyenangkan jika sudah mulai berbuah.

10. Tanaman Hias Buah Lemon

tanaman hias buah lemon

Jeruk lemon ini merupakan jeruk yang berasal dari Australia. Bentuk buah lemon in sedikit lonjong dan mempunyai warna kuning yang sangat mencolok. Jeruk lemon ini berbeda dengan jeruk lemon lokal yang warnanya hijau tidak berubah warna menjadi kuning.

Selain itu jeruk lemon ini juga memiliki bau aroma yang lebih harum dibandingkan dengan jeruk lokal, dan kulit pada buah lemonnya juga lebih tebal. Akan tetapi dari segi rasa sama-sama sedikit asam.

Jeruk lemon ini ternyata juga bisa ditanam di dalam pot atau disebut juga dengan tabulampot. jika Anda lihat gambar di atas, tanaman jeruk ini sangat cocok sekali menjadi tanaman hias buah bagi yang di rumahnya tidak terdapat halaman untuk menanam tanaman ini.

Dengan ukuran tanaman tanaman tidak terlalu besar dan mempunyai warna buah yang sangat mencolok, sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias di dalam ruangan atau di luar ruangan seperti halaman rumah atau taman rumah.

Nah itu sekilas penjelasan mengenai tanaman hias buah yang bisa menjadi inspirasi Anda sekalian yang ingin mempunyai salah satu tanaman tersebut, atau ingin mempunyai semua silahkan.

2 Comments

  1. Didik Desember 29, 2016
    • aqieb Desember 30, 2016

Leave a Reply