30 Jenis Tanaman Merambat Hias yang Sangat Cantik dan Indah

Tanaman MerambatTanaman merambat merupakan salah satu dari habitus tumbuhan yang hidupnya membutuhkan atau memerlukan obyek lain untuk pertumbuhannya seperti pada tumbuhan lain, dinding, tembok,  ataupun pagar.

Tenaman merambat terdapat banyak sekali jenis-jenisnya. Salah satunya adalah tanaman merambat hias yang menjadi salah satu tanaman alternative agar lungkungan rumah lebih sejuk, indah dan asri.

Selain terlihat lebih sejuk, indah dan asri tanaman seperti ini bisa membuat lingkungan rumah kita menjadi lebih cantik dan terlihat lebih nyaman di pandang. Dengan begitu rumah kita juga akan terlihat lebih menarik dan elegan.

Tanaman hias merambat ini ada dua  macam jenis yaitu tanaman hias merambat bunga dan daun. untuk tanaman merambat ke dinding secara vertikal lebih baik pilihlah jenis tanaman yang akarnya kuat.

Berikut ini tanaman-tanaman merambat yang bisa Anda ketahui:

1. Mawar Rambat

tanaman merambat

www.kebuncantik.com

Mawar rambat atau climbing roses merupakan tanaman semak dari genus Rosa. Tanaman ini sangat bagus dan cantik untuk membuat pagar yang terdapat tanaman berbunga ataupun di pagar.

Akan tetapi tanaman ini tidak bisa tumbuh merambat di pagar atau tembok tanpa ada media atau obyek untuk dijadikan tempat merambat tanaman mawar yang satu ini. Tanaman mawar rambat ini akan berbunga setelah ukuran tanaman mencapai 200-300 cm.

2. Petrea Volubilis

tanaman merambat

www.pleisbilongtomi.com

Tanaman petrea volubilis berwarna biru mempunyai nama lain yaitu blue queen’s wreath, blue bird vine, dan blue sandpaper vine. Tanaman ini merupakan tanaman asli yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko.

Petrea volubilis ini mempunyai ciri-ciri yaitu pada setiap batangnya banyak sekali tumbuh bunga berwarna biru. Bentuk bunganya mirip seperti bunga anggrek dendrobium. Selain itu mempunyai ciri khas yaitu daunnya bertekstur keras.

Tanaman ini untuk perawatannya tidak perlu berlebihan dan terbilang cukup mudah serta tidak perlu banyak memberikan air padanya. Perawatannya cukup memangkas bagian daun yang kurang rapi. Tanaman ini sangat mirip dengan bunga wisteria.

3. Mandevilla

tanaman merambat

www.picabay.com

Nama tanaman mandevilla berasal dari seorang pekebun dan diplomat dari Inggris yang bernama Henry Mendevilla pada tahun 1773-1861. Tanaman ini mempunyai karakteristik atau sifat merambat dan membelit.

Selain itu terdapat fakta yang cukup unik pada tanaman ini, ketika tanaman ini ditanam di daerah atau tempat yang hangat, bunga tanaman mandevilla ini mengeluarkan bau harum. Mandevilla dalam satu bulan hanya berbunga beberapa kali saja.

4. Morning Glory

tanaman merambat

www.pinterest.com

Tanaman morning glory merupakan nama bunga yang masuk ke dalam family Convolvulaceae yang mempunyai variasi warna dan pola lebih dari seribu jenis di seluruh belahan bumi. Morning glory mempunyai nama latin Ipomoea sp.

Pertama kali tanaman ini muncul ketika di China yang kemudian diperkenalkan luas oleh Jepang pada abad ke-9. Tanaman ini menjadi sangat terkenal karena mempunyai bentuk dan warna bunga yang cantik, menawan, dan sangat karismatik.

5. Jalaran Api

tanaman merambat

www.satujam.com

Jalaran api merupakan salah satu tanaman merambat atau tanaman untuk hiasan dinding rumah dan pagar yang cukup mudah dalam penanamannya. Pertumbuhan tanaman ini juga cukup cepat.

Warna daun yang menyerupai api berwarna jingga atau orange, membuat tanaman ini banyak orang yang menyukainya. Dengan adanya tanaman ini dinding atau pagar rumah menjadi lebih indah dan asri.

6. Jade Vine

tanaman merambat

www.edenproject.com

Jade vine (Strongylodon macrobotrys) atau dikenal juga dengan sebutan emerald vine dan turquoise jade vine adalah salah satu spesies tanaman merambat berkayu yang berasal dari negara Filipina.

Tanaman ini mempunyai panjang hingga mencapai 18 m. Namun di Indonesia tanaman ini hanya tumbuh sekitar ukuran 3-5 m saja. Di Filipina sendiri tanaman ini disebut dengan tanaman tayabak.

Bunga tanaman ini terlihat sangat cantik dengan warna biru kehijauan sampai warna hijau mint. Dalam satu tangkai, bunga jade vine ini jumlahnya bisa mencapai 6-12 kuntum dengan susunan bunga yang merapat.

7. Alamanda

tanaman merambat

www.alampedia.com

Alamanda merupakan salah satu tanaman hias merambat yang juga dikenal dengan sebutan bunga terompet emas, bunga lonceng kuning, dan bunga buttercup. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan yang banyak ditemukan di Brazil.

Alamanda mempunyai nama latin Allamanda cathartica yang pada umumnya dapat tumbuh hingga mencapai  2 m tingginya. Tanaman memiliki sifat evergreen atau hijau sepanjang tahun. Bentuk dan warna bunganya yang kuning cerah ini menjadikan salah satu tanaman hias rambat.

8. English Ivy

tanaman merambat

blog.urbanindo.com

English ivy (Hedera helix) adalah salah satu tanaman hias merambat yang tidak tumbuh bunga pada tanaman yang satu ini. Pertumbuhan tanaman ini cepat dan bisa tumbuh dimana saja serta agresif.

English ivy adalah spesies tumbuhan berbunga dari family Araliaciae. Tanaman ini berasal dari Asia bagian barat dan Eropa. Tanaman ini terlihat sangat cantik karena daunnya seperti daun tanaman maple.

Tanaman ini juga menjadi salah satu tanaman yang dimanfaatkan untuk menutupi dinding rumah atau pagar. Selain itu English ivy ini juga bisa menjadi tanaman hias gantung yang sangat menarik.

9. White Clematis

tanaman merambat

www.pinterest.com

White clemantis (Clemantis ligusticifolia) dikenal juga dengan sebutan virgin’s bower yang merupakan salah satu jenis tanaman perennial yang siklus hidupnya merambat. Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai 3-6 m.

Tanaman ini merupakan tanaman yang bertipe bunga berbulu, bulu tersebut panjang dan pendek. Ada juga yang bulunya kaku berantakan. Biasanya tanaman ini tumbuh atau merambat pada pepohonan atau pagar.

White clemantis berbunga pada saat bulan Mei-Agustus. Tanaman ini juga bisa dimanfaatkan dalam dunia medis untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Misalnya daunnya yang masih segar bisa dicium untuk meredakan rasa sakit pada kepala.

10. Air Mata Pengantin

tanaman merambat

www.majalahasri.com

Air mata pengantin dalam bahasa Inggris dikenal dengan Coral Vine, Carolina, Bellima grande. Salah satu tanaman merambat ini aslinya berasal dari Meksiko yang dibawa oleh orang Belanda ke Indonesia dulunya.

Setiap rusuknya memiliki panjang 3-6 cm berbuku halus, serta ruas-ruasnya mengebung. Dibagian batangnya terdapat alat pembelit yang dimanfaatkan untuk merambatkan diri ke tanaman lain.

11. Thunbergia Biru

tanaman merambat

www.pixabay.com

Tanaman thunbergia berwarna biru memiliki nama ilmiah Thunbergia laurifolia. Thunbergia ini dikenal cukup jelas dalam bahasa Inggris dengan sebutan skyflower, clock vine, atau skyvine.

Sedangkan nama umumnya adalah blue thunbergia, clock vine, blue trumpetvine, blue skyflowerm dan Bengal trumpet. Tanaman ini akan berbunga pada setiap pagi hari. Bunga dari tanaman ini mempunyai tekstur yang halus dan memiliki bau khas.

12. Thunbergia Putih

tanaman merambat

www.tukangtanaman-tanaman.com

Thunbergia putih mempunyai nama ilmiah Thunbergia grandiflora ‘Alba’. Umumnya nama tanaman ini adalah white thunbergia, white skyflower. White trumpetvine, white Bengal clock vine, dan Bengal trumpet.

Mekarnya tanaman thunbergia putih ini sama seperti thunbergia warna biru yaitu pada saat pagi hari. Tekstur bunganya pun sama, halus dan berbau khas. Tanaman ini merambat dengan bunganya yang menjuntai. Ukuran bunganya sekita 8 cm.

13. Flame of Irian (Mucuna Bennetti)

tanaman merambat

www.majalahasri.com

Flame of Irian atau dikenal dengan bunga api merupakan salah satu tanaman merambat berbunga tropis yang terlihat sangat indah, eksotis, dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Warna umumnya berwarna jingga atau orange yang berkelompok menjuntai ke bawah.

Tanaman yang cantik berasal dari Irian Jaya sana. Tanaman ini sekarang sudah banyak yang memanfaatkan untuk tanaman hias merambat. Tanaman ini juga sangat mirip dengan jade vine menurut orang luar negeri.

14. Melati Belanda

Melati Belanda memiliki nama latin Combretum indicum, Quisqualis indica. Tanaman ini salah satu tanaman yang banyak sekali ditemukan di Benua Asia. Tinggi dari tanaman ini bisa mencapai 2,5 m hingga 8 m. Tanaman ini tumbuh dengan cara merambat.

Bentuk bunga dan warnanya yang cantik dan indah ini menjadikan tanaman ini dimanfaatkan untuk tanaman hias merambat. Ketika muda bunga tanaman ini berwarna hijau, putih, merah muda, dan merah.

15. Janggut Putih

Janggut putih (Tillandsia usneoides) merupakan salah satu tanaman yang berasal dari keluarga bromeliads (Bromeliaciae) yang pada habitatnya tanaman hidup ini menggantung dan merambat pada tanaman lain.

Daun tanaman ini berukuran sekitar 2-6 cm dan lebar kurang lebih sekitar 1 mm, sehingga terlihat sekilas seperti janggut. Tanaman ini sebenarnya terdapat bunganya, hanya saja kecil-kecil tidak terlihat dengan jelas dan banyak orang yang belum mengetahuinya.

16. Podranea

Padronea memiliki nama latin Padronea ricasoliana merupakan tanaman yang termasuk ke dalam ordo Scropulariales dan Bignoniaceae. Tanaman ini berasal dari Afrika Selatan dan dulunya tanaman ini mempunyai nama asli yaitu botani Tecoma ricasolina dan Tecoma mackenii.

Podranea ini tanaman yang menyukai iklim hangat serta pencahayaan penuh sepanjang hari untuk tumbuh dan berbunga dengan baik. Jika ditanam di tempat yang ternaung hanya akan menghambat proses pembungaan dan hanya tumbuh lebat daunnya saja.

17. Kembang Telang

Kembang telang adalah tanaman merambat yang dapat ditemui di hutan bahkan di halaman atau pekarangan rumah saat ini sudah banyak menanamnya sebagai tanaman hias merambat. Umumnya tanaman ini memiliki warna biru terang.

Selain bunganya berwarna biru terang, ada juga varian warna lain seperti warna pink, putih, dan juga warna ungu. Tanaman ini ternyata bukan hanya sebagai tanaman hias saja, tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, pewarna makanan, sampai bahan dasar pembuatan minuman.

18. Tanaman Glorybower

Glorybower adalah salah satu tanaman hias yang bisa dimanfaatkan untuk tanaman hias perambat karena tanaman ini mampu merambat hingga ketinggian 8 kaki. selain itu tanaman ini juga bisa digunakan untuk tanaman hias gantung juga.

Tanaman glorybower (Clerodendrum japonicum) mempunyai bunga merumpun berbentuk seperti pyramid atau pagoda. Bunga tanaman ini berwarna merah yang sangat disukai oleh kupu-kupu. Tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

19. Melati Bunga Putih

Melati bunga putih atau Jasminum sambac merupakan salah satu spesies tanaman melati yang berasal dari Asia Selatan. Di Indonesia tanaman ini menjadi satu dari tiga bunga nasional Indonesia (sebagai “Puspa Bangsa”).

Tanaman ini biasa tumbuh di pekarangan atau halaman rumah sebagai tanaman pagar. Tanaman ini juga dapat tumbuh hingga ketinggian mencapai 2 meter. Melati juga bisa digolongkan sebagai tanaman semak dan juga bisa sebagai tanaman merambat, meskipun merambatnya dengan berantakan.

20. Melati Kumis

Melati kumis adalah salah satu tanaman hias merambat yang memiliki keunikan tersendiri. Keunikan dari tanaman ini adalah memiliki helaian yang cukup panjang pada ujung mahkota bunganya.

Karena memiliki helaian pada ujung mahkota bunganya, tanaman ini dikenal dengan sebutan melati kumis. Biasanya tanaman ini tumbuh merambat tanaman lain dan pepohonan juga.

21. Bugenvil

Bugenvil adalah salah satu tanaman hias rambatan yang cukup terkenal di Indonesia. Tanaman bugenvil ini memiliki bunga dengan warna yang warna-warni cerah. Selain itu daun tanaman ini begitu rimbun.

Tanaman ini aslinya berasal dari Amerika Selatan. Sebagian besar tanaman ini yang dibudidayakan merupakan hasil dari kawin silang. Selain itu ada 300 lebih variatesnya di seluruh belahan dunia.

22. Stefanot Putih

Stefanot merupakan tanama hias yang berasal dari genus Stephanotis. Stephanotis berasal dari kata stephonos yang artinya “mahkota” dan otos yang berarti “telinga”, jadi artinya adalah mahkota telinga.

Biasanya tanaman ini dimanfaatkan dalam rangkaian kegiatan pernikahan atau bridal. Warna dari bunga stefanot ini berwarna putih dan bau yang keluar dari bunga tanaman stefanot ini sangatlah harum. Tidak heran jika dimanfaatkan dalam serangkaian pernikahan.

23. Stefanot Ungu

Bunga stepanot ungu atau garlic vine adalah tanaman rambat yang berbunga sepanjang tahun dengan bunga ungu dan serempak. Daunnya wangi bawang putih(garlic). Cocok digunakan untuk pagar atau pergola. Pohon ukuran 70-80cm dari cangkok sudah pernah berbunga.

24. Soapwort

Soapwort atau Rock Soapwort merupakan tanaman yang kuat. Rock soapwort ini tumbuh merambat namun tidak tinggi. Tanaman ini berguna untuk menumpahkan menuruni lereng cerah atau lebih dinding batu.

25. Wisteria

Wisteria merupakan tanaman yang berkayu keras, merambat, dan menahun dalam genus Wisteria. Tanaman ini berasal dari negeri bamboo yaitu China.

Meskipun tanaman wisteria ini termasuk dalam tanaman merambat, tanaman ini jua bisa diperlakukan dan dibentuk menjadi pohon berbunga rimbun dengan puncaknya yang landau.

Tanaman wisteria ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 20-30 meter. Tanaman ini mempunyai daun yang berkilatm hijau terang dengan panjang tangkai bisa mencapai 10-30 cm.

26. Neoregelia

Neoregelia merupakan salah satu tanaman hias yang berasal dari family bromeliaciae. Genus tanaman ini sebagian besar mempunyai daun yang relatif datar dan luas. Tanaman ini mempunyai bunga-bunga yang bermekaran indah nan cantik.

Daun tanaman ini berwarna cerah. Sudah banyak spesies dari genus Neoregelia yang dibudidayakan untuk mendapatkan corak daun yang berwarna-warni. Dan saat ini sudah ada lebih dari 5000 kultivar yang sudah terdapaftar.

27. Congea

Congea atau Wooly Congea (Congea temontosa) merupakan salah satu tanaman hias yang disebut juga dengan shower orchid atau shower of orchid. Dengan adanya kata orchid bukan berarti tanaman ini spesies dari tanaman anggrek.

Tanaman ini adalah tanaman merambat yang sangat cocok di daerah yang beriklim tropis. Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai 3-5 meter. Ciri khas yang menonjol dari tanaman ini adalah seluruh tubuhnya terdapat rambut halus yang menutupinya.

Masih bersambung…

One Response

  1. Mas Ben Januari 11, 2017

Leave a Reply